Home » Pendidikan » Kursus Online Gratis : Keuntungan + Tips Pilih

Kursus Online Gratis : Keuntungan + Tips Pilih

Kursus online gratis dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan keterampilan di berbagai bidang. Ada banyak situs web / apps yang menawarkan kursus online gratis bersertifikat atau tanpa sertifikat. Beberapa kursus online free juga menawarkan materi yang bervariasi dan dapat diakses setiap saat. Berikut adalah daftar kursus online gratis, keuntungan serta tips untuk pilih kursus online, yaitu:

 

  1. Pintaria
  2. IndonesiaX
  3. Arkademi
  4. Coursera
  5. Saylor Academy
  6. Google Digital Garage
  7. Microsoft Traning Azure : 900
  8. Khan Academy

 

Kursus Online Gratis 2020

Mengikuti kursus online gratis merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan dengan biaya minim. Selain itu, beberapa kursus juga menawarkan pemateri yang ahli dibidangnya. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan kualitas materi yang diajarkan. Bahkan ada beberapa website yang menawarkan kursus online gratis bersertifikat. Berikut adalah list kursus online gratis yang dapat anda akses, yaitu:

Pintaria

 

Ilustrasi Kursus Online Pintaria
Logo Kursus Online Pintaria

Pintaria adalah platform pendidikan yang menyediakan program kuliah online, kursus online, program Pintaria CPNS, Pintaria S2, profesi dan Pintaria Pra-kerja. Untuk program kursus online, Pintaria id memberikan kursus online secara free dengan materi yang beragam, seperti: 

  • Kursus online digital marketing, dengan materi:

  1. Pemasaran Digital dan Analisis Media Sosial 
  2. Strategi Pemasaran Digital
  3. Campaign Planning untuk Digital Media
  4. Marketing Communication using Digital Media Channel
  • Kursus gratis di bidang keuangan, dengan materi:

  1. Matematika untuk Bisnis
  2. Analisa Resiko Keuangan
  3. Kursus Menghitung PPh 21
  • Kursus gratis di bidang data science, materinya:

  1. Statistika Deskriptif dengan Excel
  2. Statistik Inferensial dengan Excel
  3. Uji ANOVA dengan Excel
  • Kursus dalam bidang Kewirausahaan, meliputi:

  1. Pelatihan Budidaya Kopi Robusta
  2. Pelatihan Mencari Kerja

Pintaria juga menawarkan waktu belajar yang fleksibel dan mengutamakan proses belajar secara mandiri. Sehingga anda dapat mengatur waktu dan tempat belajar yang sesuai dengan kenyamanan anda.

 

IndonesiaX

Kursus Online di IndonesiaX
Logo Kursus Indonesi X

 

IndonesiaX adalah kursus online gratis (Massive Online Open Course) yang memberikan kemudahan bagi anda untuk meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang. IndonesiaX course telah bekerja sama dengan banyak institusi seperti institusi pendidikan, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, ITB. Institusi media seperti Net TV dan perusahaan edukasi lainnya seperti EdX serta beberapa institusi lain. IndonesiaX memberikan kursus secara gratis dengan materi yang bervariasi, yaitu:

  1. Bidang Ekonomi dan Finansial
  2. Sastra
  3. Kesehatan
  4. Ilmu Sosial
  5. Bisnis dan Manajemen 
  6. Lingkungan 
  7. Ilmu Komputer
  8. Teknik
  9. Hukum
  10. Komunikasi 
  11. Ilmu Bumi dan Energi

Pemateri di IndonesiaX sangat beragam dan berasal dari berbagai profesi, mulai dari pegawai pemerintah, aktivis, dosen hingga karyawan swasta. Hal tersebut tentu membuat materi yang diajarkan menjadi lebih variatif dan komprehensif. Sayangnya, kursus di IndonesiaX memiliki durasi waktu dan masa kadaluarsa, sehingga anda tidak dapat mengakses kelas setelah periode kelas berakhir. Anda juga akan dibebankan biaya administrasi jika ingin mencetak sertifikat kursus. 

Baca juga:

Pengajuan KTA BRI: Simulasi / Biaya / Syarat / Proses BRIGuna Online

Pinjaman Online 2020: Cek status persetujuan OJK & Biaya murah

 

Arkademi

Kursus Online Arkademi
Logo Kursus Arkademi

Arkademi merupakan salah satu website kursus online berbayar yang menawarkan beberapa materi kursus secara gratis. Ada beberapa materi kursus yang dapat anda akses secara gratis, seperti:

  1. Menguji Ide, Produk dan Pasar
  2. Panduan Teknis Memulai dan Mengembangkan Usaha
  3. Inbound Marketing
  4. Cara Cepat dan Sistematis Menginterpretasi Elektrokardiografi
  5. Adobe Premiere Basic untuk Vlogger Pemula
  6. Membuat Video Ajar dan Membuka Kelas Online
  7. Meningkatkan Penjualan dan Profit Lewat Digital Marketing

Selain melalui website, Arkademi juga dapat diakses melalui mobile app. Sayangnya untuk program kursus gratis, Arkademi tidak menyediakan sertifikat bagi peserta.

 

Coursera

 

Lambang Coursera
Logo Coursera

Coursera adalah kursus online yang menyediakan pemateri dari berbagai universitas bergengsi di dunia dan dapat diakses secara gratis. Ada lebih dari 140 universitas yang telah menjadi penyedia layanan kursus. Selain kursus, Coursera juga menyediakan program kuliah online, namun untuk mencetak akreditasi dan sertifikat anda akan dikenakan biaya administrasi.

Materi Coursera free juga cukup beragam, yaitu mengenai:

  1. Seni dan Sastra 
  2. Bisnis
  3. Ilmu Komputer
  4. Data Science
  5. IT 
  6. Kesehatan
  7. Matematika 
  8. Pengembangan Diri
  9. Ilmu Fisika dan Teknik
  10. Ilmu Sosial
  11. Kursus Bahasa

Tidak semua kursus di Coursera gratis namun anda dapat memilih join for free untuk ikut materi kursus gratis.

 

Saylor Academy

Logo Kursus Saylor Academy
Logo Saylor Academy

Saylor Academy free courses adalah salah satu kursus online yang menyediakan sertifikat gratis bagi anda yang telah menyelesaikan kursus. Semua materi yang ada di Saylor free. Salah satu kelas terbaik mereka adalah kelas bahasa Inggris. Selain menyediakan kelas bahasa Inggris secara umum, Saylor Academy juga menawarkan kelas English as a Second Language. Kelas tersebut disediakan bagi anda yang bahasa sehari-harinya bukan bahasa Inggris, sehingga anda bisa belajar bahasa Inggris dari level awal (beginner). Selain itu ada beberapa kelas lain yang ditawarkan di Saylor, yaitu:

  1. Sejarah 
  2. Biologi 
  3. Administrasi bisnis
  4. Kimia 
  5. Komunikasi 
  6. Ilmu Komputer
  7. Ekonomi 
  8. Bahasa Inggris
  9. Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua
  10. Kemampuan Belajar
  11. Matematika
  12. Filsafat
  13. Ilmu Fisika
  14. Ilmu Politik 
  15. Ilmu Sosial 
  16. Psikologi
  17. Kemampuan Professional

 

Google Digital Garage

Logo Kursus Online Gratis di Google
Logo Google Digital Garage

[/caption]Google Digital Garage adalah kursus yang disediakan oleh Google secara gratis. Google Digital Garage menyediakan 126 kursus gratis dengan durasi yang beragam. Ada 2 kelas yang menawarkan sertifikat gratis yaitu Fundamentals of Digital Marketing dan Prepare for The G Suite Certification. Anda juga dapat memilih level kelas dan lembaga penyedia kursus sesuai preferensi.

Pendaftaran Google Digital Garage dapat dilakukan via email atau menggunakan akun Google. Sayangnya, Google Digital Garage hanya menawarkan pelatihan untuk dua bidang saja, yaitu terkait kemampuan marketing dan cara membuka usaha baru secara digital.

 

Microsoft Training Azure : 900

Kursus Online Microsoft
Logo Microsoft: Training Azure

Selain Google, Microsoft juga menawarkan kursus online gratis dengan program bernama Training: Azure 900. Program ini hanya menawarkan materi komputasi cloud (cloud computing) yang diajarkan langsung oleh para senior di Microsoft. Program ini memiliki 4 modul utama yaitu:

  • Cloud Concepts
  • Core Azure Service
  • Security, Privacy, Compliance and Trust 
  • Azure Pricing and Support

 

Khan Academy

Kursus Online Gratis di Khan Academy
Logo Khan Academy

Khan Academy adalah kursus online gratis yang dibuat oleh lulusan MIT University. Khan didirikan sejak tahun 2006 dan menawarkan banyak kursus online gratis. Kursus ini juga tersedia dalam bahasa Indonesia. Materi ajar di Khan Academy juga cukup beragam, mulai dari jenjang pendidikan TK hingga profesional. Sayangnya kebanyakan kelas yang ditawarkan di Khan Academy adalah kelas sains.

 

Keuntungan Ikut Kursus Online

Di era ini, mengikuti kursus online merupakan salah satu opsi bagi anda yang sulit untuk mengikuti kelas secara tatap muka. Ada beberapa keuntungan mengikuti kursus online, diantaranya:

1. Meningkatkan Keterampilan

Mengikuti kursus berguna untuk meningkatkan keterampilan. Anda akan banyak memperoleh ilmu baru yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Selain itu anda juga bisa belajar banyak hal baru yang tidak diajarkan di sekolah atau universitas. Bagi pencari kerja, meningkatkan kemampuan melalui kursus juga dapat menjadi nilai plus yang bisa anda masukkan di CV. Selain itu kursus online juga berguna untuk mengasah manajemen waktu dan disiplin.

2. Waktu dan Tempat Fleksibel

Keuntungan lain mengikuti kursus online adalah dapat mengatur waktu dan tempat belajar sesuai dengan kenyamanan anda. Anda juga dapat mengakses kelas kapanpun dengan modal pada jaringan internet. Beberapa kelas juga menawarkan materi yang dapat diakses seumur hidup sehingga jika anda lupa dengan materi ajar, anda bisa mengulanginya kembali di lain waktu. 

3. Hemat Ongkos

Kelas online tentu tidak membutuhkan ongkos transportasi karena anda bisa mengakses kelas dimanapun. Sehingga biaya untuk ongkos transportasi dapat dialihkan untuk membeli kuota internet agar dapat mengikuti kursus online

 

Tips Pilih Kursus Online Gratis

Berdasarkan daftar kursus online di atas, ternyata tidak semua website / platform menawarkan materi yang sama. Untuk itu, anda perlu memperhatikan tips berikut sebelum memilih kursus online gratis yang akan diikuti, yaitu:

1. Riset Website yang Sesuai Kebutuhan

Sebelum menentukan platform / website anda perlu melakukan riset terkait materi yang diajarkan. Tidak semua website menawarkan materi yang variatif sehingga anda perlu mencari tahu materi yang ditawarkan website tersebut. Selain itu anda juga perlu mencari tahu durasi kursus dan sertifikat. Ada beberapa kursus yang mencetak sertifikat secara gratis, namun beberapa mengharuskan anda membayar biaya administrasi untuk mencetak sertifikat.

2. Pilih Durasi Kursus yang Fleksibel

Memilih durasi kursus yang fleksibel dan dapat diakses seumur hidup juga cukup penting. Beberapa kursus hanya dapat diakses selama periode waktu tertentu sehingga anda tidak bisa mengakses materi setelah periode kursus berakhir. Biasanya sebelum kursus dimulai anda akan mendapatkan informasi terkait lama kursus / durasi per materi (misal: 2 jam) sehingga anda bisa memperkirakan dan menyediakan waktu untuk belajar secara fokus.

3. Tentukan Kursus Sesuai Minat

Memilih kursus sesuai minat tentu sangat penting. Pastinya anda akan lebih bersemangat untuk mengikuti kursus yang sesuai dengan minat. Untuk menentukan minat, anda bisa mencari tahu ketertarikan dengan banyak mencoba hal baru. Selain itu anda juga bisa pilih kursus yang sesuai dengan pekerjaan impian anda, untuk menambah pengalaman di CV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *