Home » Pendidikan » Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Selama #dirumahaja

Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Selama #dirumahaja

Anjuran pemerintah untuk tetap #dirumahaja selama pandemi Covid19 tentu menjadi halangan bagi siapapun untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, tidak terkecuali bagi mahasiswa. Sebagai mahasiswa, Anda tetap bisa produktif dan menghasilkan uang selama di rumah dengan melakukan kerja sampingan. Jika Anda mengalami keterbatasan modal, Anda bisa mulai mencoba kerja sampingan dengan modal minim. Berikut rekomendasi kerja sampingan dengan modal minim yang cocok untuk mahasiswa.

 

 

Jadi Reseller / Dropship Online Shop

Gambar Reseller Online Shop
Ilustrasi Jualan Online Shop

Anda bisa mencoba untuk menjual barang yang dibutuhkan selama pandemi Corona (misal: masker, hand sanitizer, hand wash, termometer, dll) atau menjual kebutuhan pokok seperti bahan makanan. Untuk memulai jualan online, Anda bisa menggunakan platform ecommerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Carousell, OLX, dll. Anda juga bisa meminimalkan modal usaha dengan menjadi reseller atau dropship barang.

  • Reseller merupakan proses menjual kembali produk yang telah dibeli dengan harga yang sesuai. Dalam skema reseller Anda perlu mengeluarkan modal untuk membeli produk sebelum menjualnya kembali. Keuntungan menjadi reseller adalah:
  1. Anda bisa memastikan ketersediaan barang.
  2. Mengetahui detail dan kualitas barang yang diperjualbelikan. 
  3. Untung yang lebih besar. Umumnya reseller akan mendapatkan potongan harga dari distributor atau supplier saat membeli barang dalam jumlah besar. Potongan harga yang didapat inilah yang menjadi tambahan keuntungan bagi Anda. 
  4. Fast respond. Jika ada konsumen yang bertanya tentang ketersediaan produk, Anda bisa langsung membalas dengan cepat karena sudah bisa memastikan jumlah produk yang tersedia.
  • Berjualan barang secara dropship tidak memerlukan stok barang di awal karena penjualan barang didasarkan pada permintaan konsumen. Dalam skema dropship, Anda tidak memiliki stok barang, sehingga modal awal untuk memulai jualan bisa dikatakan 0. Namun sebelum menjadi dropshipper, Anda perlu melakukan riset terhadap distributor atau supplier terkait respon dalam membalas chat dan kualitas produk yang dijual. Beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh sebagai dropshipper, yaitu:
  1. Modal yang minim
  2. Tidak perlu stok barang
  3. Bisa menjual barang dari berbagai distributor dan supplier.

Baca juga:

Pinjaman Modal Usaha tanpa Jaminan 2020 Terbaik

 

Daftar Jadi Penulis Lepas / Freelance Writer

Gambar Freelance Writer
Ilustrasi Jasa Penulis Lepas

 

Salah satu rekomendasi kerja sampingan lain yang bisa dicoba mahasiswa adalah menjadi penulis lepas. Pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki ketertarikan di bidang menulis. Ada banyak jenis artikel yang bisa ditulis seperti, reportase, analisis, soft news / feature bahkan beberapa website menerima meme dan video. 

Berikut beberapa daftar website yang menerima penulis lepas:

  • Remotivi 

Website ini sangat cocok untuk Anda yang tertarik menulis artikel berbentuk analisis dan kajian media. Ada dua topik yang bisa ditulis oleh kontributor lepas di Remotivi, yaitu:

  1. Bangku belakang, yaitu cerita yang berfokus pada sudut pandang audiens media serta ritual yang dilakukan selama menggunakan media. Panjang artikel yaitu 400-600 kata.
  2. Amatan merupakan opini dan analisis terkait isu media, termasuk jurnalisme khalayak, komunikasi politik, regulasi, komunikasi-informasi, dll. 

Artikel yang dikirim harus memiliki tulisan yang runut dan sistematis juga melibatkan kajian media di dalamnya. Fee untuk setiap tulisan adalah Rp. 350 ribu – Rp. 1 juta.

  • Basabasi.co 

Basabasi.co merupakan salah satu website yang banyak membahas tentang sastra dan esai. Anda bisa mengirim artikel berupa esai, resensi buku dan hibernasi (artikel ringan). Sedangkan untuk rubrik sastra, Anda bisa mengirim cerpen dan puisi. Fee untuk setiap artikel berbeda-beda. Untuk artikel cerpen akan dibayar Rp. 300 ribu, puisi Rp. 250 ribu, esai Rp. 300 ribu, resensi Rp. 200 ribu dan artikel hibernasi Rp. 200 ribu. Pembayaran fee dilakukan maksimal 1 minggu setelah artikel Anda lolos proses kurasi.   

  • VoxPop 

VoxPop atau Vox Populi merupakan salah satu website yang fokus pada artikel reportase, wawancara, esai dan analisis. Bayaran untuk setiap tulisan yang lolos kurasi adalah Rp. 250 ribu. 

  • GeoTimes 

GeoTimes menerima artikel feature yang berbentuk argumentatif dan tidak mengandung SARA. Anda juga wajib menyertakan infografis, ilustrasi gambar untuk lengkapi tulisan yang dikirim. Bayaran per artikel yang lolos kurasi minimum Rp. 350 ribu. Panjang setiap artikel adalah 750 -1.000 kata.

  • Babe

Babe merupakan salah satu platform berita online yang berisi seputar hiburan, isu sosial politik hingga agama. Anda bisa mengirim tulisan ke Babe dengan kriteria artikel harus mendalam dan minimal 500-800 kata. Setiap artikel yang lolos kurasi Babe akan diberikan bayaran sebesar Rp. 50 ribu per artikel.

  • Vebma 

Vebma merupakan portal website yang memberikan kesempatan bagi freelance writer untuk berkontribusi. Tulisan yang lolos proses kurasi akan dibayar Rp. 10 rb per artikel. Selain itu jika views melebihi 10.000, Anda akan mendapat bonus Rp. 1.200. Selain artikel, Anda bisa mengirimkan video dan meme ke website ini.

  • Jalan Tikus 

Jalan Tikus merupakan salah satu website yang fokus pada teknologi, seperti games, tech hack, gadget, dll. Jalan Tikus menerima kontributor lepas dengan fee sebesar Rp. 50 rb untuk setiap artikel yang lolos proses kurasi. 

  • Mojok.co

Mojok.co merupakan salah satu website yang memberikan kontributor lepas kesempatan untuk menulis. Ada beberapa rubrik yang dapat ditulis seperti esai terkait isu sosial politik, agama, ekonomi, keuangan, dll. Website ini banyak menggunakan istilah-istilah dalam bahasa Jawa. Untuk panjang artikel yang dikirim adalah 600-1.000 kata. Bayaran per artikel yang terbit tidak disebutkan, namun mereka menjamin bahwa fee cukup untuk biaya malam minggu bersama pasangan. 

  • IDN Times 

IDN Times merupakan salah satu platform yang menawarkan penulis lepas untuk berkontribusi. Artikel yang dapat dikirim di IDN Times cukup bervariasi, yaitu seputar bacaan, makanan, life hacks, beauty hacks, teknologi, bisnis, dll. Umumnya artikel di IDN berbentuk listicle atau poin. IDN tidak menerapkan bayaran per artikel, namun per views. Jika mencapai 2.500 poin maka bayarannya senilai dengan Rp. 250 ribu.

  • GetCraft 

Berbeda dengan website lain, GetCraft merupakan platform yang mempertemukan penulis dan kliennya. Untuk harga Anda bisa merundingkannya dengan klien.

  • Sribulancer

Sama halnya dengan GetCraft, Sribulancer merupakan platform yang mempertemukan klien dengan penulis. Anda bisa mengajukan penawaran yang di post oleh klien melalui Sribulancer.

 

Daftar Jadi Tutor Kursus Online

 

Proses Belajar Tutor Onine
Ilustrasi Proses Belajar Online

Kerja sampingan lain yang bisa Anda lakukan selama #dirumahaja adalah dengan menjadi tutor online. Beberapa platform kursus online menjanjikan bayaran hingga jutaan. Ada beberapa platform kursus online yang bisa Anda coba, yaitu:

  • Ruangguru melalui Aplikasi Ruang Pengajar

Untuk mendaftar jadi tutor di Ruangguru Anda bisa mengunduh aplikasi Ruang Pengajar di PlayStore. Sebelum diterima sebagai pengajar Anda akan diminta untuk menyelesaikan beberapa tes terlebih dahulu, yaitu tes online, simulasi mengajar dan kelengkapan administrasi. Ruangguru menawarkan bayaran hingga jutaan kepada tutornya. 

  • Kelas Kita 

Kelas Kita merupakan platform pendidikan yang menawarkan kemudahan bagi Anda untuk menjadi tutor. Sistem penghasilan didapat dari platform ini berupa bagi hasil yaitu 40% untuk platform Kelas Kita dan 60% untuk tutor. Penghasilan diperoleh dari total peserta yang mengakses kelas tersebut. 

  • Go Training 

Berbeda dengan Ruangguru dan Kelas Kita, Go Training menawarkan pelatihan soft skill dan juga akademik. Anda bisa mengajar untuk jenjang pendidikan SD hingga SMA di platform ini. Menariknya Anda tidak hanya mendapatkan penghasilan dari mengajar saja, namun juga bisa mendapatkan tambahan dengan cara menjual materi pelajaran pada menu Library Store Go Training.

 

Buka Jasa Review Artikel Jurnal Ilmiah

 

Gambar Proses Review Artikel
Ilustrasi Jasa Review Artikel Jurnal Ilmiah

Selain menjadi penulis lepas, Anda juga bisa membantu senior yang tengah mempersiapkan skripsi dengan menawarkan jasa review artikel jurnal ilmiah. Cara ini dapat Anda coba untuk menambah pendapatan selama #dirumahaja, Selain itu, Anda juga bisa memperdalam pengetahuan melalui review artikel jurnal ilmiah. Umumnya tarif review per jurnal berbeda-beda, tergantung halaman jurnal, kesulitan bahasa serta waktu pengerjaan.

 

Buka Jasa Tulis Verbatim

Gambar Proses Menulis Verbatim
Ilustrasi Jasa Tulis Verbatim

Selain membuka jasa review artikel jurnal Ilmiah Internasional, Anda juga bisa membuka jasa untuk menulis verbatim. Umumnya penelitian skripsi yang menggunakan metode kualitatif akan melakukan wawancara dengan subjek penelitian. Semua hasil wawancara ini perlu dilampirkan di skripsi melalui catatan verbatim. Anda bisa menawarkan jasa tulis verbatim kepada senior. Untuk menulis verbatim Anda perlu meluangkan waktu lebih, karena selain memakan waktu, menulis verbatim juga membutuhkan ketelitian yang tinggi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *