Home » Tabungan » Buka Rekening BNI: Jenis / Syarat / Cara buat Tabungan BNI online

Tabel perbandingan tabungan BNI 2018 dengan bunga tertinggi dan tanpa biaya administrasi

Buka Rekening BNI: Jenis / Syarat / Cara buat Tabungan BNI online

KPR Take Over banner 800px by 173px

Cara buka rekening BNI (Bank Negara Indonesia) bisa dilakukan online maupun offline. Cara membuat rekening BNI online dilakukan dengan mengisi eform BNI melalui laptop / HP / komputer. Prosesnya jauh lebih cepat dibandingkan mengisi form di kantor cabang BNI (offline)

Setelah isi formulir untuk membuat rekening BNI online, Anda perlu membayar setoran awal BNI dan mengambil buku tabungan & kartu debit di kantor cabang BNI.

Keuntungan menabung di bank BNI :

Sebelum buka tabungan BNI, sebaiknya pahami dulu fitur tabungan BNI dan syarat buka rekening BNI. Artikel kami bagi menjadi beberapa bagian:

  1. Jenis Tabungan BNI
  2. Perbandingan Fitur Tabungan-Tabungan BNI
  3. Perbandingan Jenis Kartu Debit BNI & Limit Transfer BNI
  4. Rekomendasi: Tabungan BNI Terbaik
  5. Syarat Membuat Rekening BNI
  6. Cara Buka Tabungan BNI

Jenis Tabungan BNI

Ada 12 jenis tabungan BNI di tahun 2018. Pilih rekening BNI yang cocok dengan kebutuhan Anda.

1. BNI Simpel

BNI Simpel adalah tabungan pelajar BNI untuk pelajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK, SD, SMP, SMA, Madrasah atau setara itu. Tabungan BNI Simpel bisa dibuat secara kolektif melalui sekolah (sekolah yang sudah bekerjasama dengan BNI) supaya siswa lebih mudah membuat tabungan Simpel.

Tabungan Simpel BNI dilengkapi kartu debit, tapi hanya untuk nasabah tahap SMP dan SMA. Nasabah siswa SD ke bawah belum boleh memiliki kartu debit BNI tersebut. Tabungan BNI Simpel bebas dari biaya administrasi sama seperti Tabunganku BNI.

2. BNI Taplus Anak

BNI Taplus Anak adalah tabungan BNI untuk anak usia < 17 tahun yang ditujukan supaya anak bisa belajar menabung sejak kecil. BNI Taplus Anak adalah salah satu dari 2 jenis tabungan BNI anak. Jenis Tabungan anak BNI ini dapat diubah menjadi Taplus Muda BNI setelah anak berusia 17 tahun. Nasabah BNI Taplus Anak juga mendapat kartu debit BNI

3. BNI Taplus Muda

BNI Taplus Muda merupakan tabungan perorangan untuk nasabah dengan usia 15 – 25 tahun. Tabungan Taplus Muda BNI dilengkapi dengan kartu debit BNI dan memiliki tarif administrasi yang lebih murah dari BNI Taplus. Biaya administrasi tabungan BNI Taplus Muda adalah Rp 5.000.

Nasabah yang sudah berusia > 25 tahun bisa mengganti tabungan Taplus Muda menjadi Taplus di kantor cabang BNI dengan membawa KTP, kartu ATM, buku tabungan Taplus Muda. Ganti tabungan dari Taplus Muda ke BNI Taplus gratis dan tidak perlu setoran awal. Selama nasabah Taplus Muda yang berusia > 25 tahun tidak mengganti tabungannya, maka saldo tidak bisa dipindahkan / ditarik. Jika tidak ingin melanjutkan ke BNI Taplus, segera pindahkan saldo atau tutup tabungan BNI Taplus Muda.

4. BNI Taplus Mahasiswa / Taplus Muda Co-Brand

BNI Taplus Mahasiswa merupakan tabungan BNI untuk mahasiswa di perguruan tinggi yang bekerjasama dengan BNI. Tabungan ini juga dilengkapi dengan kartu debit BNI. Biaya admin BNI dan bunga tabungan BNI Taplus Mahasiswa disesuaikan dengan Perjanjian Kerjasama antara BNI dan Perguruan Tinggi.

5. BNI Taplus

BNI Taplus adalah tabungan perorangan untuk simpanan dan transaksi harian. Taplus BNI dilengkapi dengan kartu debit BNI Silver / Gold / Platinum. Biaya administrasi BNI Taplus adalah Rp 11.000 dan merupakan biaya admin termahal di antara semua tabungan BNI.

6. BNI Taplus Bisnis

BNI Taplus Bisnis adalah tabungan untuk simpanan dan transaksi bisnis perorangan maupun badan usaha. Nasabah perorangan yang dimaksud adalah wiraswasta, pegawai, atau perorangan lainnya yang memiliki aktivitas transaksi yang tinggi. Tabungan bisnis BNI dilengkapi dengan kartu debit BNI Gold / Platinum.

7. BNI Tappa

BNI Tappa / BNI Taplus Pegawai ditujukan kepada pegawai dari perusahaan yang bekerjasama dengan BNI. BNI Tappa dilengkapi dengan kartu debit BNI. Biaya admin BNI dan bunga tabungan BNI Taplus Pegawai disesuaikan dengan Perjanjian Kerjasama antara BNI dan perusahaan.

8. TabunganKu BNI

BNI TabunganKu adalah tabungan tanpa biaya administrasi BNI yang dibuat sesuai program Gerakan Indonesia Menabung. Kekurangan TabunganKu BNI adalah tidak ada kartu ATM, sehingga tidak bisa akses ATM. Pengambilan dana harus melalui teller dan hanya gratis 2x per bulan. Transaksi via teller ke-3 dan seterusnya (jika masih di bulan yang sama) dikenakan biaya Rp 1.000.

9. BNI Pandai

Tabungan BNI Pandai adalah tabungan untuk nasabah perorangan yang sulit mengakses layanan perbankan karena tinggal jauh dari kantor cabang bank maupun mesin ATM bank. Anda bisa membuat tabungan laku Pandai BNI dan melakukan transaksi di agen Laku Pandai BNI. Namun jika ingin memiliki kartu debit BNI, nasabah harus mengurusnya ke kantor cabang BNI. BNI Pandai merupakan tabungan BNI bebas biaya administrasi untuk mewujudkan program branchless banking (kegiatan perbankan tanpa harus ke bank).

10. BNI Dollar

BNI Dollar merupakan tabungan BNI dalam mata uang asing (SGD / USD). Tabungan Dollar BNI dilengkapi dengan kartu ATM BNI Valas untuk kemudahan bertransaksi namun tidak bisa debit di EDC & tidak bisa akses e-banking.

11. BNI Tapenas (Tabungan Perencanaan Masa Depan)

Tapenas BNI adalah jenis tabungan berjangka BNI dalam mata uang Rupiah / Dollar untuk perencanaan masa depan. Jangka waktu menabung 2 – 18 tahun. Dana tabungan BNI Tapenas disetor rutin bulanan melalui auto-debit dari BNI Taplus / BNI Taplus Bisnis / BNI Giro Rupiah perorangan. Dana Tapenas BNI juga bisa dari setoran tambahan (diluar setoran rutin) yang nominalnya tidak dibatasi.

Pengambilan dana sebelum jatuh tempo bisa dilakukan 1x per tahun dengan nominal pengambilan dana maksimal 30% dari total setoran tambahan. BNI Tapenas dilengkapi dengan manfaat pertanggungan asuransi jiwa & kesehatan hingga Rp. 1.5 miliar dan gratis premi asuransi.

Baca juga: Perbedaan Tabungan Berjangka, Tabungan Perorangan dan Deposito

12. BNI Haji

Tabungan Haji BNI / tabungan umroh BNI adalah tabungan untuk persiapan haji yang terhubung dengan SISKOHAT (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu) Kementerian Agama jika saldo ≥ Rp 25 juta. Dana BNI tabungan Haji disetor rutin bulanan melalui auto-debit dari BNI Taplus / BNI Taplus Bisnis / BNI Giro Rupiah perorangan. Pengambilan dana tabungan Haji BNI bisa dilakukan 1x per tahun dengan syarat sisa saldo di rekening minimal Rp 500.000.

Perbandingan Fitur Tabungan BNI

Fitur tabungan BNI bervariasi. Bandingkan kelebihan dan kekurangan setiap jenis tabungan sebelum Anda buka Tabungan BNI. Tabel kami urutkan dari biaya admin BNI termurah supaya Anda bisa berhemat:

Jenis Tabungan BNIBiaya Admin BNI (Biaya Pengelolaan rekening + biaya kartu)Bunga Tabungan BNI (max) /TahunMin. saldo mengendap / Saldo Minimum BNIDenda Jika Saldo < Saldo Minimum BNILainnya
Tabungan BNI Taplus AnakGratis1.5%Rp 100.000
BNI PandaiGratis1%Rp 0
  • Kartu debit hanya bisa dibuat di kantor cabang BNI. Jika hanya buka tabungan di agen BNI, maka tidak dapat kartu debt
TabunganKu BNIGratis1%Rp 20.000
  • Tidak mendapat kartu ATM
  • Hanya bisa akses SMS banking BNI
BNI Simpanan PelajarGratis0%Rp 5.000
  • Tidak ada reward pengganti bunga bank BNI, (reward tahunan ini ada pada tabungan BCA Simpel)
BNI HajiGratis0%Rp 500.000
  • Frekuensi penarikan dana dibatasi 1x per tahun dengan minimal saldo tersisa Rp 500 ribu
  • Tidak mendapat kartu ATM (sedangkan tabungan Haji BNI Syariah dilengkapi kartu ATM BNI)
BNI TapenasRp 1.500Rupiah = 4%
USD = 0.5%
Rp 0
  • Tidak bisa untuk transaksi harian
  • Pengambilan dana sebelum jatuh tempo dibatasi 1x pertahun dan jumlahnya maksimal 30% dari setoran tambahan
BNI Taplus MudaRp 5.0001.25%Rp 0
  • Ada saldo mengendap Rp 50.000 yang tidak bisa dilihat saat cek saldo. Saldo tersebut “bisa diambil” saat tutup rekening, tapi ada biaya tutup rekening Rp 50.000
BNI Taplus BisnisRp 10.000
+
Rp 7.500 (Gold) /
Rp 10.000 (Platinum)
2.25%Rp 1.000.000Rp 20.000
BNI TaplusRp 11.000
+
Rp 4.000 (Silver) /
Rp 7.500 (Gold) /
Rp 10.000 (Platinum)
2%Rp 150.000Rp 5.000
BNI TappaSesuai Perjanjian Kerjasama1%Sesuai Perjanjian KerjasamaSesuai Perjanjian Kerjasama
BNI Taplus Mahasiswa / Taplus Muda Co-BrandSesuai Perjanjian KerjasamaSesuai Perjanjian KerjasamaSesuai Perjanjian KerjasamaSesuai Perjanjian Kerjasama
Tabungan BNI Dollar SGD 1 /
USD 1
SGD = 0.5%
USD = 0.5%
SGD 100 / USD 100SGD 2 /
USD 2
  • Kartu tidak bisa debit di mesin EDC
  • Tidak bisa akses e-banking

 

Keterangan:

  • Saldo mengendap BNI: saldo yang tidak bisa digunakan untuk transaksi, namun (mungkin) bisa didaptkan kembalii saat menutup rekening tabungan BNI
  • Saldo minimal tabungan BNI: minimum rata-rata saldo bulanan tabungan, dimana akan dikenai denda jika nilai rata-rata bulanan tabungan Anda lebih kecil dari angka tersebut

Perbandingan Jenis Kartu Debit BNI

Kartu debit BNI merupakan kartu yang dapat digunakan untuk transaksi via ATM maupun transaksi via mesin EDC. Jenis kartu debit BNI untuk nasabah Taplus BNI & Taplus Bisnis BNI:

  • Kartu debit Silver
  • Kartu debit Gold
  • Kartu debit Platinum

Sebelum memilih jenis kartu debit BNI, bandingkan biaya admin kartu dan limit kartu debit BNI. Berikut perbedaan biaya kartu debit BNI

Jenis Biaya Kartu Debit BNIBiaya Kartu Debit BNI per Bulan (Rp)
SilverGoldPlatinum
Biaya admin kartu debit BNI4.5007.50010.000
Biaya tunggakan kartu debit BNI10.00010.00010.000

 

Biaya admin kartu BNI terpisah dari biaya admin rekening BNI. Jika nasabah Taplus BNI memiliki kartu debit Silver, maka total biaya bulanan BNI : Rp 11.000 + Rp 4.000 = Rp 15.000.

Limit Kartu Debit BNI & Limit Transfer BNI

Jenis Transaksi BNILimit Kartu Debit BNI per Hari (Rp)
SilverGoldPlatinum
Tarik tunai BNI di ATM5.000.00010.000.00010.000.000
Pembayaran di mesin EDC20.000.00050.000.000100.000.000
Transfer ke BNI via ATM50.000.000100.000.000100.000.000
Transfer ke BNI via i-Banking BNI100.000.000100.000.000100.000.000
Transfer ke BNI via m-Banking BNI50.000.00050.000.00050.000.000
Transfer BNI ke bank lain via ATM10.000.00015.000.00025.000.000
Transfer BNI ke bank lain via i-Banking BNI25.000.00025.000.00025.000.000
Transfer BNI ke bank lain via m-Banking BNI25.000.00025.000.00025.000.000

 

Rekening BNI Terbaik

Tabungan BNI terbaik berbeda tergantung trend menabung Anda. Contoh :

1. Simulasi BNI Taplus Bisnis

Walaupun suku bunga tabungan BNI Taplus Bisnis paling tinggi (2.25%), ada biaya-biaya yang dikenakan BNI sehingga jenis tabungan BNI lain bisa lebih menguntungkan. Biaya bulanan tabungan BNI Taplus adalah Rp 17.500 per bulan yang terdiri dari biaya pengelolaan rekening Rp 10.000 + biaya kartu Rp 7.500 (asumsi pakai kartu Gold). Selain itu, jika saldo di bawah Rp 1.000.000 akan kena denda Rp 20.000.

Suku bunga bank BNI sebenarnya bertahap / tiering. Artinya: suku bunga dimulai dari 0% dan naik bertahap seiring dengan jumlah saldo rata-rata harian tabungan. Untuk saldo Rp 5 juta – 100 juta, suku bunga BNI Taplus Bisnis = 1% per tahun. Maka, untuk balik modal (total bunga – total biaya = Rp 0), butuh saldo rata-rata harian Rp 26.614.600 supaya mendapat bunga Rp 21.875 (yang akan dipotong pajak bunga 20% = Rp 4.375), lalu dikurangi biaya administrasi.

Jadi, bunga tabungan bank BNI per bulan yang Anda terima = Rp 0 jika saldo hanya Rp 26.614.600, dan saldo akan berkurang setiap bulan (karena bunga tidak bisa menutupi biaya admin & pajak bunga) jika saldo di bawah angka tersebut.

2. Simulasi BNI Taplus

Suku bunga tabungan BNI Taplus = 2% dan biaya admin BNI = Rp 11.000 + biaya kartu Rp 4.000 per bulan (asumsi pakai kartu Silver). Suku bunganya juga bertahap / tiering. Untuk saldo Rp 1 – 50 juta, suku bunga Taplus BNI = 0.7% per tahun.

Maka, untuk balik modal, butuh saldo harian Rp 32.589.300 supaya mendapat bunga tabungan BNI per bulan Rp 18.750 (yang akan dipotong pajak bunga 20% = Rp 3.750).

Jadi, bunga tabungan bank BNI per bulan yang Anda terima = Rp 0 jika saldo hanya Rp 32.589.300. Jika saldo di bawah angka tersebut, maka saldo akan berkurang setiap bulan (karena bunga tidak bisa menutupi biaya admin & pajak bunga).

Tabungan BNI Terbaik Untuk Anak / Pelajar

  • Usia < 17 tahun = Tabungan Taplus Anak BNI
  • Usia 17 – 25 tahun = Tabungan Taplus Muda BNI

Tabungan BNI Terbaik Untuk Orang Dewasa (usia > 25 tahun)

  1. Jika tidak butuh akses ke ATM = TabunganKu BNI
  2. Jika butuh akses ke ATM dan saldo harian < Rp 5.000.000 = Taplus BNI
  3. Jika butuh akses ke ATM dan saldo rata-rata harian > Rp 5.000.000 = Taplus Bisnis BNI
  4. Jika tertarik pakai bank lain = tabungan Jenius BTPN (bunga 5% tanpa minimum saldo, gratis transfer ke bank lain)

Ingat bahwa dengan saldo Rp 5.000.000, tabungan Taplus BNI ataupun Taplus Bisnis Anda akan berkurang terus setiap bulan.

Tabungan BNI Bebas Biaya Administrasi

  • BNI Taplus Anak
  • BNI Pandai
  • TabunganKu BNI
  • BNI Simpanan Pelajar
  • BNI Haji

Baca Juga : Tabungan Tanpa Biaya Admin di Semua Bank

 

Syarat Buka Rekening BNI

Syarat membuka rekening BNI berbeda berdasarkan jenis tabungan, usia, dan jenis nasabah (perorangan / non-perorangan). Saat buka rekening BNI, calon nasabah harus membawa dokumen syarat & setoran awal BNI sesuai jenis tabungan.

Macam-macam Tabungan BNISyarat Membuat Rekening BNI
UsiaSetoran Awal BNI (minimum)Dokumen
TabunganKu BNISemua usiaRp 20.000
  • WNI :
    • KTP / Kartu pelajar (usia < 17 tahun)
BNI PandaiMinimal 17 tahunRp 0
  • WNI :
    • KTP
BNI TaplusMinimal 17 tahunRp 500.000 (Jabodetabek)
;
Rp 250.000 (Non-
Jabodetabek)
  • WNI :
    • KTP
  • WNA :
    • Paspor
    • KIMS / KITAS / KITAP
BNI HajiMinimal 17 tahunRp 500.000
  • WNI :
    • KTP
      (Pembukaan rekening BNI Haji hanya bisa dilakukan di Bank BNI yang sesuai provinsi / domisili KTP)
BNI Taplus BisnisMinimal 17 tahunRp 1.000.000
  • Perorangan:
    • KTP / SIM
    • Perorangan yang boleh mengajukan: wiraswasta / pengusaha, pegawai swasta / negeri, & perorangan lainnya yang mempunyai aktivitas transaksi relatif tinggi.
  • Non-Perorangan / Badan Usaha:
    • Surat Kuasa penunjukkan pengelolaan rekening
    • Tanda bukti dari pengurus berwenang
    • Tanda bukti dari pemberi / penerima kuasa
    • Akte pendirian / ijin usaha / NPWP / SITU
BNI DollarMinimal 17 tahunSGD 100 /
USD 100
  • WNI:
    • KTP
  • WNA:
    • Paspor
    • KIMS / KITAS / KITAP
BNI TapenasMinimal 17 tahun (max 65 tahun saat jatuh tempo)Rp 100.000
  • WNI:
    • KTP / SIM / Paspor
  • Memiliki rekening BNI Taplus / BNI Taplus Bisnis Perorangan / BNI Giro Perorangan / BNI Dollar / BNI Giro USD Perorangan
BNI Taplus Muda15 – 25 tahunRp 100.000
  • Usia > 17 tahun
    • KTP / SIM / Paspor
  • Usia < 17 tahun
    • Fotokopi Akte Kelahiran / Kartu Pelajar / paspor.
    • Fotokopi KTP salah satu orang tua / wali
    • Formulir pembukaan rekening yang turut ditandatangani orang tua / wali
BNI Simpanan Pelajar< 17 tahun (max = SMA)Rp 5.000
  • Fotokopi Akte Kelahiran / Kartu Pelajar / Paspor / Kartu Keluarga
  • Fotokopi KTP / SIM / Paspor orang tua
  • Formulir Persetujuan Pembukaan Rekening dan Pelaksanaan Transaksi yang ditandatangani oleh orangtua
BNI Taplus Anak< 17 tahunRp 100.000
  • Fotokopi Akte Kelahiran / Kartu Pelajar / Paspor / Kartu Keluarga
  • Fotokopi KTP / SIM / Paspor orang tua
  • Formulir Persetujuan Pembukaan Rekening dan Pelaksanaan Transaksi yang ditandatangani oleh orangtua
BNI Taplus Muda Co-BrandSesuai Perjanjian KerjasamaSesuai Perjanjian KerjasamaSesuai Perjanjian Kerjasama
BNI Tappa (Taplus Pegawai)Sesuai Perjanjian KerjasamaSesuai Perjanjian KerjasamaSesuai Perjanjian Kerjasama

 

Biaya Buka Rekening BNI

Saat membuka tabungan BNI, tidak ada biaya buka tabungan BNI. Setoran awal BNI digunakan sebagai saldo awal tabungan BNI.

Syarat Buka Rekening BNI KTP Luar Kota

Buka rekening BNI KTP luar kota bisa dilakukan dengan membawa syarat buat tabungan BNI tambahan (pilih salah satu):

  • Surat Domisili daerah tempat tinggal
  • Surat Keterangan Bekerja dari perusahaan tempat bekerja

Cara Buka Rekening BNI

Buka rekening BNI bisa dilakukan dengan cara online (isi BNI e-Form) maupun offline (datang ke kantor cabang BNI). Namun tidak semua jenis tabungan bank BNI bisa dibuka dengan cara online.

Tabungan yang bisa dibuka secara online dan offline :

  • Tabungan BNI Taplus
  • Tabungan BNI Bisnis

Tabungan yang hanya bisa dibuka di kantor cabang BNI :

  • Tabungan BNI Dollar
  • Tabungan BNI Haji
  • Tabungan BNI Pandai
  • Tabungan BNI Tapenas
  • Tabungan BNI Taplus Anak
  • TabunganKu BNI
  • Tabungan Simpel BNI

Cara buka rekening BNI online

  1. Kunjungi https://eform.bni.co.id/BNI_eForm/pembukaansimpanan
  2. Klik tabungan yang ingin Anda buka (Taplus / Taplus Bisnis)
  3. Isi data diri > Isi captcha > Klik Submit
  4. Catat nomor referensi
  5. Kunjungi customer service di kantor cabang BNI dengan membawa nomor referensi, syarat dokumen, dan setoran awal tabungan BNI
  6. Pendaftaran selesai. Anda akan mendapat buku tabungan BNI & kartu debit BNI

Tips: Pilihlah kantor cabang BNI yang sesuai dengan domisili KTP supaya tidak perlu membawa persyaratan membuka rekening BNI KTP luar kota.

KPR Take Over banner 800px by 173px

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *