Home » Tabungan » Cara Daftar Jenius BTPN: Promo / Bunga / Syarat / Cara Buka Tabungan

Cara Daftar Jenius BTPN: Promo / Bunga / Syarat / Cara Buka Tabungan

Cara mengajukan pinjaman tanpa jaminan Bank DBS Indonesia bunga 0.88% per tahun

Tabungan Jenius BTPN adalah tabungan bebas biaya administrasi berbasis Jenius App dari Bank BTPN. Rekening Jenius memiliki suku bunga tinggi yaitu 5% /tahun, gratis tarik tunai 25x per bulan di jaringan ATM Bersama & Prima, dan gratis transfer ke bank lain 25x per bulan. Tabungan Jenius idealnya diakses melalui Aplikasi Jenius di gadget Android atau iOS, dan bukan di komputer Windows / Mac.

Suku bunga tabungan Jenius fixed rate mulai dari saldo ≥ Rp 1, yang artinya Anda akan mendapat bunga 5% berapapun saldo rekening Jenius Anda. Suku bunga tabungan lain biasanya bertahap / tiering, yang artinya suku bunga mulai dari 0% dan akan meningkat seiring dengan bertambah saldo sehingga Anda baru mendapat bunga pada nominal saldo tertentu. Itu pun masih akan dikurangi biaya administrasi yang gratis di tabungan BTPN Jenius. Contoh : Tabungan Tahapan Xpresi BCA baru mendapat bunga 0.6% jika saldo ≥ Rp 500 ribu.

Tabungan Jenius adalah tabungan yang bisa dibuka melalui aplikasi Jenius. Kartu debit Jenius bisa diantarkan ke lokasi Anda maupun diambil di booth bank Jenius BTPN yang ada di mall / kantor cabang BTPN. Selain untuk buka tabungan BTPN Jenius, Jenius app juga bisa dipakai untuk buka tabungan berjangka Jenius (Dream Saver Jenius) & Deposito Jenius (Maxi Saver Jenius).

Daftar isi :

  1. Kelebihan Jenius
  2. Jenius Promo
  3. Jenis Tabungan Jenius Bank
  4. Jenius Card & Limit Transaksi Jenus
  5. Syarat Buka Rekening Jenius
  6. Cara Daftar Jenius
  7. Cara Menggunakan Aplikasi Jenius
  8. Jenius vs Digibank DBS

 

Keuntungan Tabungan Jenius

  • Top up GoPay via Jenius = Gratis hingga 25x /bulan
  • Jenius bebas biaya admin tabungan & gratis biaya admin kartu debit
  • Tarik tunai Jenius gratis hingga 25x /bulan di jaringan ATM Prima & Bersama
  • Jenius bebas biaya transfer ke bank lain hingga 25x /bulan via aplikasi Jenius
  • Bisa punya kartu debit Jenius BTPN lebih dari 1 kartu
  • Bisa punya kartu virtual untuk belanja online
  • Punya cashtag Jenius $ sebagai alternatif nomor rekening Jenius (hanya untuk transfer dari Jenius ke Jenius)
  • Banyak Jenius promo 2019

Jenius BTPN Promo

Jenius banyak memberikan promo setiap harinya jika melakukan transaksi menggunakan Jenius Card. Jenius Everyday promo :

  • Promo Jenius Sunyay / Jenius Tokopedia / Jenius BukaLapak / Jenius Shopee: Cashback max Rp 50.000 jika transaksi di Tokopedia, Traveloka, Shopee, Bobobobo, JD.ID, Sociolla, Bukalapak min Rp 1 juta dalam 1 bulan dan transaksi dilakukan setiap hari Minggu
  • Promo Jenius Monyay : Cashback Rp 6.500 jika pada hari Senin melakukan transfer dana dari rekening bank lain ke rekening Jenius jika transfer min Rp 500 ribu
  • Promo Jenius Tuesyay : Cashback Rp 50 ribu jika dalam 1 bulan total transaksi di SPBU pada hari Selasa min Rp 500 ribu
  • Promo Jenius Wednesyay : Bonus saldo m-Tix Rp 50 ribu jika top up m-Tix min Rp 250 ribu via e-wallet Jenius pada hari Rabu
  • Promo Jenius Thursyay : Cashback Rp 50 ribu jika isi pulsa / bayar tagihan HP min Rp 400 ribu dalam 1 bulan. Transaksi yang dihitung hanya transaksi isi pulsa / bayar tagihan HP pada hari Kamis
  • Promo Jenius Friyay : Cashback Rp 50 ribu jika akumulasi transaksi dalam 1 bulan minimum Rp 500 ribu di Dinomarket, Oktagon, Lemonilo, Orami, Mau Belajar Apa, Qlapa, MyXL, Tamasia, Gawe Indonesia, Sayurbox. Transaksi harus dilakukan pada hari Jumat dan menggunakan Jenius Pay. Jenius Promo Friyay di Lemonilo ada juga yang cashback Rp 50.000 tanpa minimum transaksi (dibatasi 1x /bulan s.d. 28 Februari 2019). Syaratnya adalah dilakukan pada hari Jumat dan hanya berlaku pada produk-produk dengan logo “Dikirim Lemonilo”. Kami sarankan untuk belanja minimum Rp 150.000 supaya bisa menikmati promo gratis ongkir Lemonilo.
  • Promo Jenius Saturyay : Diskon Rp 200 ribu jika belanja di gerai Heel n Tote pada hari Sabtu tanpa ada minimal pembelian.
  • Jenius promo Shopback 50% setiap hari di Tokopedia dan Shopee. Promo ini dibatasi 2x per bulan per platform e-commerce, dengan maksimum diskon Rp 60.000 per transaksi (untuk pengguna baru) atau Rp 20.000 per transaksi (untuk pengguna lama)
  • Jenius Grab promo : Cashback Rp 100 ribu jika transaksi Grab bike / Grab car Rp 400 ribu /bulan
  • Saat ini belum ada lagi Jenius promo XXI, ataupun promo Jenius Hokben

 

Jenis Tabungan Jenius Bank

BTPN Jenius memiliki 4 kantong uang, yang terdiri dari 3 macam tabungan dan 1 jenis deposito yang bisa dibuka melalui aplikasi Jenius. Semua produk Jenius gratis biaya admin Jenius :

1. Saldo aktif Jenius

Saldo aktif mendapat bunga 1% (paling rendah dibandingkan jenis kantong uang Jenius lainnya). Dana yang Anda setor / transfer ke rekening Jenius otomatis masuk ke Saldo Aktif / active balance. Pengembalian dana / refund karena pembayaran gagal, maupun transfer dana dari keluaga / teman / rekan kerja akan masuk ke saldo aktif.

Saldo aktif adalah satu-satunya pundi-pundi dana yang bisa dipakai untuk bertransaksi.

Saldo mengendap atau syarat saldo minimal Jenius = Rp 0, sehingga seluruh dana bisa digunakan untuk bertransaksi ataupun diambil. Tabungan Jenius tidak memiliki konsep rekening pasif / dorman, yang kalau di beberapa bank lain akan mengenakan denda jika tidak ada transaksi selama beberapa bulan.

2. Flexi Saver Jenius

Jenius Flexi Saver adalah tabungan Jenius berbunga 5% per tahun untuk simpanan dan backup Saldo aktif untuk transaksi harian.

Baca juga: Cara memindahkan saldo Jenius dari Saldo aktif ke Flexi Saver, ataupun ke Dream Saver & Maxi Saver

Jenius tabungan dilengkapi 3 Jenius Card, yaitu kartu debit utama m-Card, kartu virtual e-Card, dan kartu tambahan x-Card. Jika ingin melakukan transaksi dengan kartu Jenius, Anda harus mengisi saldo kartu dengan cara top up saldo dari Saldo Aktif.

3. Dream Saver Jenius

Jenius Dream Saver adalah tabungan berjangka Jenius yang bisa dibuka di aplikasi Jenius setelah buka rekening Jenius. Jangka waktu menabung Dream Saver Jenius sangat fleksibel, yaitu 7 hari – 10 tahun. Anda bisa membuat max 10 tabungan Jenius Dream Saver yang aktif bersamaan untuk 10 program menabung di Jenius (misal: 1 untuk rencana liburan, 1 untuk rencana beli HP baru, dll.). Suku bunga Dream Saver jenius = 5% /tahun.

Dana tabungan Dream Saver Jenius di-auto-debit dari Saldo Aktif. Dana bisa di-auto-debit setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan. Jumlah dana yang di-auto-debit tergantung dari target dana dan waktu menabung. Dana Dream Saver Jenius bisa diambil / dipindahkan ke Saldo Aktif kapan saja tanpa denda walaupun belum jatuh tempo.

4. Maxi Saver Jenius

Maxi Saver Jenius adalah deposito Jenius dengan tenor 1 – 12 bulan yang bisa dibuat via aplikasi Jenius BTPN setelah buka rekening Jenius. Suku bunga deposito Jenius BTPN sangat tinggi yaitu max 6.75% (6.5% untuk deposito di bawah Rp 100 juta). Minimum setoran awal deposito Jenius adalah Rp 10 juta. Setoran awal deposito disetor dari Saldo Aktif Jenius. Dana Jenius deposito bisa diambil tanpa denda walaupun belum jatuh tempo, tapi bunganya menjadi 0.

 

Perbandingan 4 Rekening Jenius

Jenis Tabungan Jenius Bank BTPNSuku Bunga Bank Jenius per Tahun (Max)Min Setoran Awal (Rp)Keterangan
Saldo aktif1% (fixed rate)0Bisa dipakai transaksi
Flexi Saver Jenius5% (fixed rate)0Tidak ada tenor menabung
Dream Saver Jenius5% (fixed rate)1Tenor menabung minimal 7 hari
Maxi Saver Jenius6.75%10.000.000Tenor deposito minimal 1 bulan

 

Jenius Card & Limit Transaksi Jenius

Tabungan Jenius BTPN dilengkapi dengan 3 jenis Jenius Card, yaitu :

  • Kartu debit Jenius m-Card adalah kartu debit / ATM utama. m-Card Jenius didapat setelah buka rekening Jenius.
  • Kartu debit Jenius x-Card adalah kartu ATM Jenius / Jenius debit tambahan. x-Card bisa dipesan melalui aplikasi Jenius, lalu kartu akan diantarkan ke lokasi Anda. Ada 2 opsi x-Card Jenius yaitu kartu Jenius Visa & kartu GPN. Max jumlah Jenius x-Card = 3 kartu debit.
  • Kartu virtual e-Card Jenius adalah kartu virtual untuk transaksi online / debit online. Jenius e-Card otomatis didapat setelah berhasil buka rekening Jenius BTPN. e-Card tidak ada bentuk fisiknya dan hanya bisa diakses via aplikasi Jenius. Untuk belanja online lebih baik gunakan debit online Jenius ini daripada m-Card / x-Card karena lebih aman. e-Card Jenius sering disebut sebagai kartu kredit Jenius karena bisa dipakai untuk transaksi Jenius PayPal. Tapi sebenarnya BTPN belum mengeluarkan produk Jenius kartu kredit.

Biaya kartu debit Jenius :

  • Biaya admin Jenius card per bulan = Gratis
  • Biaya ganti / buat kartu m-Card / x-Card = Gratis 1x /tahun, pembuatan kartu yang ke-2 dst. di tahun yang sama = Rp 25.000 per kartu.

Biaya Transfer Jenius & Tarik Tunai ATM Jenius

Syarat TransaksiBiaya Transaksi Jenius (Rp)
Tarik Tunai via ATM Prima / Bersama (Rp)Transfer via Jenius App ke Bank Lain & Top Up OVO, T-Cash, Go-Pay (Rp)Transfer via ATM Prima / Bersama (Rp)
Nasabah baru Jenius
(2 bulan pertama)
Gratis 25x /bulanGratis 25x /bulan6.500
Jika saldo ≥ Rp 10.000.000Gratis 25x /bulanGratis 25x /bulan6.500
Jika saldo Rp 1.000.000 – Rp 9.999.999Gratis 5x /bulanGratis 15x /bulan6.500
Jika saldo < Rp 1.000.000 atau jika kuota transaksi gratis sudah habis7.5003.0006.500

 

Limit Transfer Jenius & Limit Tarik Tunai Jenius

Cara tarik tunai Jenius sangat mudah dan luas karena kartu m-Card Jenius & x-Card Jenius bisa digunakan di jaringan ATM Bersama, Prima, dan Visa.

Jenis Transaksi JeniusLimit Transaksi
Jenius Card per Hari (Rp)
Tarik Tunai Jenius di ATM15.000.000
Belanja via EDC100.000.000
Belanja di e-Commerce (m-Card / e-Card)100.000.000
Transfer ke Jenius / BTPN via Jenius App1.000.000.000
Transfer ke Bank Lain via Jenius App100.000.000
Transfer ke Jenius / BTPN & Bank Lain via ATM50.000.000
Top Up OVO, T-Cash, Go-Pay via Jenius App100.000.000

 

Syarat Buka Rekening Jenius

NPWP tidak diwajibkan karena buka tabungan Jenius tanpa NPWP.

 

Cara Daftar Jenius BTPN

Cara buka rekening Jenius sangat mudah dan tidak repot karena aktivasi bisa dilakukan di lokasi Anda. Tetapi cara buka tabungan Jenius tersebut tidak bisa dilakukan di semua daerah. Jika di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya, Anda bisa meminta crew Jenius datang ke lokasi Anda, namun jika Anda di luar Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya, Anda bisa aktivasi di kantor cabang BTPN terdekat. Berikut cara daftar Jenius online:

  1. Buka aplikasi Jenius
  2. Klik Jenius Register > Isi data diri
  3. Upload KTP > Upload tanda tangan
  4. Setelah selesai, Anda harus melakukan aktivasi dan mengambil kartu debit Jenius. Ada 2 cara aktivasi :
    • Crew Jenius datang ke lokasi Anda
    • Anda datang ke booth bank BTPN Jenius di mall atau ke kantor cabang bank BTPN. Jenius location bisa dilihat di : https://www.jenius.com/locations/
  5. Atur password aplikasi Jenius dan password transaksi > Tabungan Jenius siap digunakan

Jika ada pertanyaan tentang produk Jenius atau cara daftar Jenius, Anda bisa menghubungi call center Jenius / Jenius Help :

 

Cara Menggunakan Jenius App

Aplikasi Jenius adalah aplikasi di smartphone / tablet yang digunakan untuk buka rekening Jenius (tabungan & deposito), transaksi, transfer, dan pengaturan saldo kartu debit. Penggunaan aplikasi Jenius membutuhkan koneksi internet.

Jenius App akan terhubung dengan akun Jenius Anda. Saat buka Jenius app, Anda akan langsung diminta untuk memasukkan password atau sidik jari untuk Jenius login.

Fitur Aplikasi Tabungan Jenius Bank BTPN

1. Save (Menabung)

Seperti dijelaskan di jenis tabungan Jenius, ada 4 kantong uang di rekening Jenius Anda, yaitu: Saldo aktif, Flexi Saver, Dream Saver, Maxi Saver.

Tips menabung di Jenius BTPN:

Default dana tabungan Jenius akan masuk ke Saldo Aktif yang suku bunganya hanya 1% per tahun (paling rendah). Begitu dana masuk, langsung kosongkan / pindahkan seluruh isi Saldo Aktif ke Tabungan Jenius Flexi Saver (bunga 5% per tahun) atau Maxi Saver Jenius (6.75% per tahun). Sisakan di Saldo Aktif hanya jika ada kebutuhan transaksi hari itu juga, karena pemindahan dari kantong dana berbunga 5% ke 1% hanya memakan waktu beberapa detik.

Tabung uang di Flexi Saver Jenius sebesar kebutuhan 1 bulan ke depan + uang emergency (misal: sebesar kebutuhan 0.5 bulan).

Tabung seluruh dana sisanya di Maxi Saver (suku bunga 6.5% – 6.75%). Jika total sisa dana di bawah Rp 100 juta, maka bagi menjadi 2 deposito atau lebih, masing-masing sebesar Rp 10 juta. Misal: sisa = Rp 35 juta, maka buat 3 deposito terpisah: Rp 10 juta + 10 juta + 15 juta. Keuntungan metode ini adalah jika Anda perlu pakai dana deposito Jenius sebelum tanggal jatuh tempo, maka yang bunganya hangus tidak semua, tapi hanya 1 atau 2 deposito.

Jika ada kebutuhan transaksi, pindahkan dana dari Flexi Saver Jenius kembali ke Saldo Aktif. Semua aktivitas pemindahan dana bisa dilakukan dengan mudah di aplikasi Jenius.

2. Pay (Bayar & Transfer Uang)

  • Send It : Fitur Send It digunakan untuk transfer. Jika transfer ke sesama Jenius bisa menggunakan cashtag Jenius. Contoh : $nama
  • Pay Me : Fitur Pay Me digunakan untuk menagih utang ke pengguna Jenius lain
  • Split Bill : Fitur Split Bill digunakan untuk mempermudah pembagian uang patungan antar sesama pengguna Jenius
  • Jenius Pay : Metode pembayaran Jenius Pay digunakan saat belanja di e-commerce yang telah menyediakan fitur Jenius Pay. Dengan Jenius Pay, Anda tidak tidak perlu lagi repot memasukkan data nomor kartu debit karena hanya memasukkan cashtag Jenius $. Otorisasi transaksi akan dilakukan melalui App Jenius.
  • Top Up e-Wallet : Kini dari aplikasi Jenius bisa langsung Top Up OVO, Go-Pay, T-Cash, dan M-Tix. Caranya adalah melalui Jenius e-Wallet Center.

3. Control Keuangan

  • Card Center : Untuk mengatur jumlah saldo di Jenius Card, Anda harus menggunakan fitur Card Center. Dengan fitur ini Anda bisa top up / withdraw saldo kartu debit Jenius. Selain itu, Anda juga bisa meminta Jenius x-Card baru di fitur ini.
  • In & Out : Laporan transaksi keluar & masuk bisa lihat di fitur In & Out. Anda juga bisa memberi label/kategori pada uang yang keluar & masuk. Misal : setiap transaksi Jenius Grab bisa dikategorikan sebagai “Transportation” sehingga di menu In & Out Anda bisa menggunakan filter kategori “Transportation” untuk melihat jumlah transportasi Jenius Grab. Fitur ini sangat berguna untuk tracking pengeluaran Anda.
  • e-Statement : Fitur e-Statement digunakan untuk melihat histori transaksi Jenius setiap bulan. Cara cek eStatement Jenius: Klik simbol Menu di pojok kiri atas > Klik nama Anda > Klik Statements

 

Digibank vs Jenius, Bagus Mana?

Selain tabungan Jenius BTPN, tabungan Digibank DBS juga mengusung tema ‘tabungan online’ yang bisa dibuka via aplikasi, gratis biaya admin, gratis transfer & tarik tunai, serta bisa buka deposito online dengan harga bunga tinggi. Berikut perbedaan Digibank-Jenius :

PerbedaanTabungan Jenius BTPNTabungan Digibank DBS
Suku Bunga Tabungan5% /tahun3% /tahun
Max Suku Bunga Deposito6.75% /tahun6.75% /tahun
Min Setoran Awal DepositoRp 10.000.0000Rp 5.000.000
Tabungan BerjangkaAda = Dream Saver JeniusTidak ada
Biaya Transfer ke Bank Lain via Aplikasi
  • Jika saldo ≥ Rp 10.000.000 = Gratis 25x
  • Jika saldo Rp 1.000.0000 – Rp 9.999.999 = Gratis 15x
  • Jika < Rp 1.000.000 atau jika kuota transaksi gratis sudah habis = Rp 3.000
Gratis tanpa syarat dan tanpa batasan limit
Biaya Tarik Tunai
  • Jika saldo ≥ Rp 10.000.000 = Gratis 25x /bulan
  • Jika saldo Rp 1.000.0000 – Rp 9.999.999 = Gratis 15x /bulan
  • Jika < Rp 1.000.000 atau jika kuota transaksi gratis sudah habis = Rp 7.500
Gratis 100x /bulan, selanjutnya Rp 7.500
Biaya Top Up Go-PayGratisRp 1.000
Biaya Top Up OVOGratisBelum bisa
Biaya Top Up e-money MandiriBelum bisaRp 1.500
Biaya Pembayaran Tagihan Kartu Kredit Bank LainGratis
(fitur Send It)
Gratis
Jumlah Kartu DebitKartu debit fisik max 4 & kartu virtual max 1Kartu debit fisik max 1
Nomor rekeningNomor rekening & cashtag Jenius $Nomor rekening
Fitur UnikPay Me, Jenius Pay

 

Berdasarkan tabel diatas, tabungan Jenius memiliki kelebihan di bunga tabungan yang tinggi hingga 5%. Rekening Jenius juga lebih murah (gratis) jika Anda sering Top up e-money berbasis server (e-wallet) seperti Go-Pay dan OVO. Tetapi untuk frekuensi transfer dan tarik tunai gratis, tabungan Jenius masih kalah jauh dengan Digibank.

Rekomendasi: Jenius BTPN

Jika frekuensi transaksi ke bank lain Anda lebih dari 25x /bulan, maka buka tabungan Digibank. Tetapi, jika transaksi ke bank lain kurang dari 25x /bulan, sebaiknya buka tabungan Jenius BTPN karena selain suku bunganya tinggi, Anda juga diberi keuntungan kartu virtual Jenius dan Jenius Pay yang lebih aman dan mudah untuk dipakai belanja online.

Jika Anda bingung memilih, kami meng-estimasi bahwa mayoritas masyarakat melakukan transfer dana / tarik tunai ke ATM bank lain kurang dari 25x sebulan. Maka, buatlah rekening tabungan Jenius.

Atau, kenapa tidak buat dua-duanya saja, berhubung keduanya gratis, dan keduanya bisa dibuat di mana saja (staff Jenius ataupun Digibank DBS akan mendatangi lokasi Anda).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *