Home » Tabungan » Tabungan Pendidikan Anak Terbaik 2019: Bunga 5% Gratis Asuransi

Tabel perbandingan Tabungan Pendidikan untuk anak yang paling bagus & asuransi gratis 2019

Tabungan Pendidikan Anak Terbaik 2019: Bunga 5% Gratis Asuransi

Cara mengajukan pinjaman tanpa jaminan Digibank dari Bank DBS Indonesia bunga 0.88% per tahun

Tabungan pendidikan anak merupakan tabungan berjangka untuk dana pendidikan anak di masa depan / tabungan sekolah anak yang biasanya ditabung oleh orangtuanya. Simpanan pendidikan tidak bisa digunakan untuk transaksi harian dan hanya bisa dicairkan di akhir masa menabung / dicairkan secara bertahap sesuai usia anak.

Tabungan Pendidikan berbeda dari Tabungan Anak yang berfungsi sebagai celengan di bank untuk anak-anak berusia 17 tahun ke bawah, karena usia tersebut belum memenuhi syarat untuk membuka tabungan reguler.

Pada tahun 2019, terdapat 8 produk tabungan pendidikan anak yang bagus seperti tabungan pendidikan CIMB Niaga, tabungan pendidikan Bukopin, dan tabungan pendidikan Mandiri Syariah. Bank-bank besar seperti BNI, BRI, BCA, Mandiri belum memiliki tabungan pendidikan anak, tapi bank tersebut menawarkan produk tabungan berjangka yang bisa dijadikan alternatif tabungan rencana pendidikan anak.

Supaya Anda lebih mudah untuk memilih tabungan pendidikan anak terbaik, artikel kami bagi menjadi beberapa bagian :

  1. Manfaat Tabungan Pendidikan Anak
  2. Tips Memilih Tabungan Pendidikan Anak
  3. Jenis Tabungan Pendidikan
  4. Perbandingan Fitur 8 Tabungan Pendidikan Anak
  5. Rekomendasi Tabungan Pendidikan Anak Terbaik
  6. Syarat Buka Tabungan Pendidikan Anak

 

Manfaat Tabungan Pendidikan

1. Disiplin menabung
Dana tabungan pendidikan di-auto-debit dari rekening reguler nasabah setiap bulannya. Dengan begitu, nasabah / orang tua akan rutin mencicil untuk biaya pendidikan anak. Karena dana tabungan pendidikan terpisah dari dana untuk keperluan sehari-hari, maka dana pendidikan akan aman dari pemakaian non-pendidikan.

2. Suku bunga tinggi
Suku bunga tabungan pendidikan cukup tinggi yaitu bisa mencapai 5%. Tabungan reguler Jenius dan tabungan berjangka Jenius juga memiliki bunga 5% namun tidak dilengkapi dengan jaminan dana pendidikan (asuransi pendidikan).

3. Dilengkapi jaminan dana pendidikan / asuransi pendidikan
Tabungan pendidikan anak pada umumnya dilengkapi asuransi jaminan pendidikan. Jika nasabah (orang tua) meninggal saat jangka waktu menabung masih berlangsung, maka anak akan tetap mendapat dana pendidikan sesuai target.

4. Pencairan dana bertahap
Beberapa tabungan pendidikan menyediakan fitur pencairan dana secara bertahap sesuai dengan usia anak atau jenjang pendidikan anak. Hal ini bisa menjadi alternatif pilihan tabungan berjangka yang hanya bisa dicairkan di akhir masa menabung.

Tabungan pendidikan yang pencairannya bertahap :

  • Tabungan Pendidikan Bukopin
  • Tabungan Pendidikan CIMB Niaga Multi-Disbursement

 

Tips Memilih Tabungan Untuk Pendidikan Anak

Sebelum buka tabungan pendidikan untuk anak, cermati tips berikut supaya tidak salah pilih tabungan pendidikan terbaik :

1. Suku bunga tabungan pendidikan anak yang tinggi
Pilihlah tabungan pendidikan anak yang suku bunganya tinggi. Tabungan pendidikan dengan bunga tertinggi adalah tabungan pendidikan Bukopin & tabungan CIMB Niaga Multidisbursement yang suku bunganya 5% per tahun.

2. Tabungan pendidikan yang menyediakan premi asuransi gratis
Asuransi jaminan dana pendidikan sangat penting untuk anak bila orang tua meninggal. Pilih tabungan pendidikan yang dilengkapi asuransi dan preminya gratis supaya tidak memberatkan nasabah.

Tabungan pendidikan dengan premi asuransi gratis:

  • Tabungan Pendidikan Xtra CIMB Niaga
  • Tabungan Pendidikan CIMB Niaga
  • Tabungan Pendidikan CIMB Niaga Dollar
  • Tabungan Pendidikan Bukopin

3. Tabungan pendidikan bebas biaya admin
Biaya admin tabungan pendidikan bisa mencapai Rp 5.000 /bulan. Pilihlah tabungan pendidikan yang bebas biaya administrasi dari awal menabung hingga jatuh tempo.

Tabungan pendidikan yang benar-benar tanpa biaya admin :

  • Tabungan Pendidikan Bukopin
  • Tabungan Investa Cendikia BSM (Bank Syariah Mandiri)

Baca Juga: Perbandingan Rekening Tanpa Biaya Administrasi

4. Tenor menabung yang sesuai
Tabungan pendidikan anak harus disesuaikan dengan usia dan tingkat sekolah anak. Jika anak sudah berusia usia 10 tahun (sekitar kelas 4 SD), maka Anda tidak perlu menabung hingga 20 tahun, cukup 10 – 15 tahun.

5. Minimal setoran rutin bulanan
Pilihlah setoran rutin bulanan yang sesuai dengan kemampuan Anda supaya setoran rutin lancar.

6. Bebas biaya “gagal auto-debit”
Setoran rutin bulanan tabungan pendidikan di-auto-debit dari tabungan reguler. Jika saldo tabungan reguler tidak mencukupi nominal setoran bulanan, maka terkadang dikenakan biaya gagal auto-debit. Pilih tabungan pendidikan yang gratis biaya gagal auto-debit, seperti tabungan Investa Cendikia BSM.

7. Limit “gagal auto-debit”
Jika saldo pada rekening utama tidak cukup untuk setoran rutin bulanan selama beberapa bulan, maka dana di tabungan pendidikan akan ditransfer ke rekening utama dan tabungan pendidikan akan ditutup. Pilihlah tabungan pendidikan yang boleh gagal auto-debit beberapa kali supaya rekening tidak cepat ditutup.

Contoh tabungan yang boleh gagal auto-debit 4x (umumnya tabungan lain 3x) adalah tabungan pendidikan Bukopin.

8.Biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo rendah
Dana tabungan pendidikan bisa diambil setelah masa menabung selesai (jatuh tempo). Tetapi nasabah bisa mencairkan dana tabungan pendidikan sebelum jatuh tempo dengan cara menutupnya lebih awal. Penutupan rekening tabungan pendidikan sebelum jatuh tempo akan dikenakan denda. Pilih tabungan pendidikan yang biaya penutupan rekening sebelum jatuh temponya rendah.

Contoh tabungan pendidikan yang biaya penutupan rekening sebelum jatuh temponya minimal Rp 50.000 :

  • Tabungan Pendidikan CIMB Niaga Syariah (Rp 50.000)
  • Tabungan Pendidikan CIMB Niaga (min = Rp 50.000)
  • Tabungan Pendidikan CIMB Niaga Multidisbursement (min = Rp 50.000)
  • Tabungan Pendidikan Xtra CIMB Niaga (min = Rp 50.000)

Jenis Tabungan Pendidikan Untuk Anak

1. Tabungan Siaga Bukopin Rencana Pendidikan

Tabungan pendidikan Bukopin merupakan tabungan berjangka Bukopin untuk dana pendidikan anak dengan tenor menabung 1 – 18 tahun. Dana tabungan pendidikan Bukopin akan dicairkan secara bertahap sesuai dengan usia anak, yaitu saat usia 3 tahun, 6 tahun, 12 tahun, dan 15 tahun.

Tabungan Rencana Bukopin memberikan gratis premi asuransi jiwa / asuransi pendidikan sesuai target dana pendidikan dengan manfaat jaminan dana pendidikan sesuai jumlah setoran yang belum dibayarkan (max = Rp 500 juta) & santunan uang duka sebesar max = Rp 500 juta dengan ketentuan :
Nasabah meninggal karena kecelakaan saat tenor menabung ≤ 6 bulan
Nasabah meninggal karena kecelakaan atau sakit saat tenor menabung ≥ 6 bulan

2. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga Multidisbursement

Tabungan Pendidikan CIMB Niaga Multidisbursement adalah tabungan berjangka CIMB Niaga untuk dana pendidikan anak dengan tenor menabung 4 – 17 tahun. Dana simpanan tabungan Pendidikan Multidisbursement akan dicairkan secara bertahap sesuai usia anak atau jenjang pendidikan, yaitu saat usia 4 tahun (masuk TK), 6 tahun (masuk SD), 12 tahun (masuk SMP), 15 tahun (masuk SMA), 15 tahun (masuk kuliah).

Tabungan Pendidikan CIMB Niaga Multidisbursemnt berhadiah cashback hingga Rp 1.900.000, namun kekurangannya adalah tabungan Pendidikan Multidisbursement tidak dilengkapi dengan asuransi.

3. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga Syariah

Tabungan Pendidikan CIMB Niaga Syariah adalah tabungan berjangka CIMB Niaga Syariah untuk dana pendidikan yang menggunakan akad mudharabah (bagi hasil). Tenor menabung tabungan Pendidikan Niaga Syariah adalah 6 bulan – 20 tahun.

Tabungan pendidikan syariah ini dilengkapi premi asuransi dana pendidikan gratis jika tenor menabung minimal 2 tahun. Asuransi yang diberikan berupa jaminan dana pendidikan sesuai setoran bulanan (maksimal Rp 5 juta /bulan). Setoran bulanan yang belum dibayarkan akan dibayarkan oleh pihak asuransi. Asuransi aktif jika nasabah meninggal dunia saat masih dalam tenor menabung.

4. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga

Tabungan Pendidikan CIMB Niaga adalah tabungan berjangka CIMB Niaga dengan tenor 3 – 10 tahun. Tabungan Pendidikan Niaga memberikan premi asuransi dana pendidikan gratis dengan nilai manfaat sebesar setoran bulanan (maksimal Rp 5 juta /bulan). Pihak asuransi akan meneruskan pembayaran setoran bulanan jika nasabah meninggal saat jangka waktu menabung masih berlangsung.

5. Tabungan Pendidikan Xtra CIMB Niaga

Tabungan Pendidikan Xtra CIMB Niaga adalah tabungan berjangka CIMB Niaga untuk dana pendidikan anak dengan tenor 3 – 20 tahun. Tabungan Pendidikan Xtra CIMB Niaga menyediakan premi asuransi jaminan dana pendidikan gratis dengan nilai manfaat 6x setoran bulanan (max = Rp 7 miliar). Asuransi bisa dicairkan jika nasabah meninggal dunia saat masih dalam jangka waktu menabung.

6. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga USD

Tabungan Pendidikan CIMB Niaga USD adalah tabungan berjangka dalam mata uang USD. Tenor tabungan Pendidikan CIMB Niaga USD adalah 6 bulan – 10 Tahun. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga Dollar memberikan asuransi jaminan dana pendidikan sesuai target dana dengan nilai maksimum USD 123.000. Asuransi hanya didapat jika nasabah menabung dengan jangka waktu (tenor) ≥ 3 tahun. Asuransi bisa dicairkan jika nasabah meninggal dunia saat jangka waktu menabung masih berjalan.

7. Tabungan Investa Cendikia BSM (Bank Syariah Mandiri)

Tabungan Investa Cendikia BSM adalah tabungan berjangka Mandiri Syariah untuk dana pendidikan anak dengan akad mudharabah (bagi hasil). Tenor menabung tabungan pendidikan BSM adalah 1 – 20 tahun,

Tabungan pendidikan Mandiri Syariah dilengkapi dengan asuransi, namun preminya tidak gratis. Premi asuransi diambil dari setoran rutin bulanan. Berikut biaya premi per bulan :

  • Jangka waktu 0 – 5 tahun = 2.5% dari setoran rutin bulanan
  • Jangka waktu 6 – 10 tahun = 3.5% dari setoran rutin bulanan
  • Jangka waktu 11 – 15 tahun = 4.75% dari setoran rutin bulanan
  • Jangka waktu 16 – 20 tahun = 6.5% dari setoran rutin bulanan

8. Tabungan Jenius Dream Saver (BTPN)

Dream Saver Jenius BTPN merupakan Tabungan Berjangka / Rencana dari Jenius dengan jangka waktu menabung = 7 hari – 10 tahun. Setoran rutin Dream Saver bisa Anda tentukan sendiri, dan bisa disetor secara bulanan, mingguan maupun harian.

Tabungan Dream Saver Jenius memang bukan tabungan pendidikan, namun bunga Dream Saver Jenius sangat tinggi yaitu 5% /tahun sehingga bisa sangat menguntungkan untuk dijadikan tabungan pendidikan anak. Jenius Dream Saver juga tidak mengenakan biaya gagal auoto-debit dan tidak ada limit gagal biaya auto-debit.

Terlepas dari banyaknya keuntungan Tabungan Jenius, kekurangan tabungan Jenius sebagai tabungan pendidikan adalah tidak adanya asuransi pendidikan, sehingga jika nasabah / orang tua meninggal, maka anak tidak mendapat dana pendidikan sesuai rencana.

Buka tabungan Dream Saver Jenius hanya memerlukan setoran awal Rp 1. Jenius Dream Saver bisa diakses via aplikasi Jenius, namun Anda harus buka tabungan Jenius terlebih dahulu. Untuk detail lebih lanjut tentang tabungan Jenius, Anda bisa baca Cara Daftar Tabungan Jenius BTPN

Perbandingan Fitur Tabungan Pendidikan Anak

Produk Tabungan Pendidikan Anak Suku Bunga / Nisbah
per Tahun
(max)
Maksimal Jaminan Asuransi Pendidikan (Rp) Biaya Admin Jangka Waktu Minimal Setoran Rutin Bulanan (Rp) Biaya Gagal Autodebet per Bulan (Rp) Limit Gagal Debit Biaya Penutupan Rekening Sebelum Jatuh Tempo
Tabungan Siaga Bukopin Rencana Pendidikan 5% 500 juta Gratis 1 – 18 tahun 100.000 10.000 4x 1% dari saldo (min 100.000)
Tabungan Dream Saver Jenius 5% Tidak ada asuransi pendidikan Gratis 7 hari – 10 tahun 1 Gratis Tidak ada limitnya Gratis
Tabungan Pendidikan CIMB Niaga Multidisbursement 5% Tidak ada asuransi pendidikan Gratis 2 bulan, lalu Rp 5.000 4 – 17 tahun 250.000 2.500 3x 2% dari saldo (min 50.000)
Tabungan Pendidikan CIMB Niaga 4.85% 5 juta /bulan Gratis 2 bulan, lalu Rp 5.000 3 – 10 tahun 1.000.000 2.500 3x 2% dari saldo (min 50.000)
Tabungan Pendidikan Xtra CIMB Niaga 3% 6x setoran bulanan (max 7 miliar) Gratis 2 bulan, lalu Rp 5.000 3 – 20 tahun 500.000 2.500 3x 2% dari saldo (min 50.000)
Tabungan Pendidikan CIMB Niaga Dollar 0.65% USD 123.000 Gratis 2 bulan, lalu USD 0.25 6 bulan – 10 tahun USD 10 2.500 3x 2% dari saldo
Tabungan Pendidikan CIMB Niaga Syariah Nisbah 45% 5 juta /bulan Gratis 12 bulan, lalu Rp 1.000 6 bulan – 20 tahun 100.000 Gratis 2 bulan, lalu 2.500 3x Rp 50.000
Tabungan Investa Cendikia BSM Nisbah 48% Sesuai target dana Gratis 1 – 20 tahun 100.000 Gratis 2x Rp 100.000

 

Rekomendasi Tabungan Pendidikan Anak Terbaik 2019

Tabungan pendidikan anak terbaik 2019 :

1. Tabungan Pendidikan Bukopin
Tabungan Pendidikan Bukopin suku bunganya tinggi 5% per tahun (fixed rate), mendapat asuransi hingga Rp 500 juta, dan pencairan dana bisa secara bertahap.

2. Alternatif tabungan pendidikan anak
Tidak semua bank memiliki produk tabungan pendidikan anak. Banyak bank yang menawarkan tabungan berjangka sebagai alternatif tabungan pendidikan anak. Contoh :

  • Tabungan pendidikan BCA = Tabungan tahapan berjangka BCA
  • Tabungan pendidikan BNI = Tabungan berjangka BNI / Tapenas
  • Tabungan pendidikan Mandiri = Tabungan berjangka Mandiri

Bagaimana jika dalam bank yang sama memiliki tabungan berjangka dan tabungan Pendidikan ?

Contoh bank tersebut adalah bank CIMB Niaga. Tabungan berjangka CIMB Niaga seperti Tabungan Mapan memiliki suku bunga hingga 4.6% /tahun dan asuransi jiwa max Rp 1.5 miliar. Jika dibandingkan dengan tabungan pendidikan CIMB Niaga atau tabungan Pendidikan Xtra CIMB NIaga, tabungan pendidikan CIMB Niaga menawarkan bunga yang lebih besar yaitu 4.85% /tahun. Tabungan pendidikan Xtra CIMB Niaga memang bunganya hanya 3% /tahun tapi jaminan asuransinya sangat tinggi yaitu hingga Rp 7 miliar.

Tabungan pendidikan CIMB Niaga Multidisbursement walaupun tidak dilengkapi asuransi pendidikan, memiliki keunggulan lain dibandingkan tabungan Mapan, yaitu bunganya tinggi hingga 5% dan dana bisa dicairkan secara bertahap.

Jadi, simpanan terbaik untuk keperluan pendidikan anak belum tentu dinamai “tabungan pendidikan” oleh bank. Pilihlah tabungan berjangka lain seperti Jenius Dream Saver atau tabungan reguler lain jika keuntungannya lebih besar. Kelebihan utama tabungan pendidikan anak (yang tidak dimiliki tabungan lain) adalah manfaat asuransi yang tinggi (hingga Rp 7 miliar), dan bisa ada yang bisa dicairkan secara bertahap.

Baca Juga : Produk Tabungan Berjangka Terbaik

 

Syarat Tabungan Pendidikan

Dokumen persyaratan yang diperlukan untuk buka tabungan pendidikan anak adalah :

  • KTP (asli / fotokopi, tergantung bank)
  • NPWP (fotokopi)
  • Kartu Keluarga (fotokopi)

Selain itu Anda juga harus memenuhi syarat usia, dan membawa setoran awal saat buka tabungan pendidikan anak.

Jenis Tabungan Pendidikan Anak Syarat Tabungan Pendidikan Anak
Usia Minimal Setoran Awal (Rp)
Tabungan Dream Saver Jenius Min 17 tahun 1
Tabungan BSM Investa Cendikia 17 – 60 tahun 100.000
Tabungan Rencana Bukopin 17 – 55 tahun 100.000
Tabungan Pendidikan iB CIMB Niaga Min 18 tahun 0
Tabungan Pendidikan CIMB 18 – 60 tahun 0
Tabungan Pendidikan CIMB Multidisbursement 18 – 60 tahun 2.500.000
Tabungan Pendidikan Xtra CIMB Niaga 18 – 60 tahun 5.000.000
Tabungan Pendidikan CIMB Dollar 18 – 60 tahun USD 1000

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *