Home » Tabungan » Buka Rekening Permata: Jenis / Fitur / Syarat Buka Tabungan online

Tabel perbandingan tabungan Bank Permata 2019 dengan bunga tertinggi dan tanpa biaya administrasi

Buka Rekening Permata: Jenis / Fitur / Syarat Buka Tabungan online

Cara mengajukan pinjaman tanpa jaminan Bank DBS Indonesia bunga 0.88% per tahun

Buka rekening Permata menarik karena adanya Tabungan Permata Optima yang suku bunganya tinggi (hingga 4.5% /tahun), maupun Tabungan PermataMe yang bisa dibuka tanpa setoran awal dan tanpa harus datang ke kantor cabang Permata.

Buka tabungan Permata bisa dengan cara isi form online (di website Permata & aplikasi mobile banking Permata Mobile X) maupun datang langsung ke kantor cabang Permata. Saat ini, tabungan Permata Me adalah satu-satunya tabungan Permata yang bisa diajukan via aplikasi Permata mobile X dan aktivasinya bisa melalui video call WhatsApp.

Keuntungan menabung di bank Permata :

  • Sebagian besar tabungan Bank Permata gratis tarik tunai di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS dengan ketentuan saldo sebelum transaksi min Rp 5 juta atau Rp 25 juta (tergantung jenis tabungan). Ada juga yang gratis tanpa syarat tanpa saldo minimum seperti tabungan PermataMe.
  • Setiap tabungan memiliki promo yang menarik seperti promo cashback 5% di SPBU dan cashback 30% untuk transaksi nonton bioskop
  • Bisa mendapat keringanan KPR Permata jika buka tabungan Permata KPR Bijak
  • Bisa lebih mudah buat kartu kredit Permata
  • Pengajuan KTA Permata lebih besar kemungkinan disetujui

Sebelum buka rekening Permata Bank, pelajari dulu :

  1. Jenis Tabungan Permata Bank
  2. Perbandingan Fitur Produk Tabungan Bank Permata
  3. Jenis Kartu Debit Permata & Limitnya
  4. Rekomendasi: Tabungan Permata Bank Terbaik
  5. Syarat Buka Rekening Permata Bank
  6. Cara Membuka Rekening Bank Permata

Jenis Tabungan Permata Bank

Pada tahun 2019 ada 10 produk tabungan bank Permata. Berikut jenisnya :

1. Tabungan SimPel (Simpanan Pelajar)

Tabungan SimPel adalah tabungan anak / tabungan pelajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK, SD, SMP, SMA, Madrasah atau sederajat. Tabungan SimPel bebas biaya admin dan setoran awalnya ringan yaitu Rp 5 ribu.

Tabungan SimPel dilengkapi dengan kartu Permata debit Personal yang limit penarikannya max Rp 500 ribu /hari. Nasabah juga bisa tarik tunai di sekolah dengan nilai max Rp 250 ribu.

2. Tabungan Permata Bintang

Permata Bintang adalah tabungan anak Permata untuk anak yang berusia < 17 tahun. Tabungan anak bank Permata gratis biaya administrasi jika saldo rata-rata bulanan ≥ Rp 50 ribu. Permata Bintang dilengkapi dengan kartu debit Permata Bintang.

Keuntungan Permata Bintang :

  • Gratis tarik tunai & transfer di jaringan ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS jika saldo ≥ Rp 5 juta sebelum transaksi
  • Dilengkapi e-banking sehingga orang tua bisa memantau saldo & transaksi

3. Permata TabunganKu

TabunganKu Permata adalah tabungan tanpa biaya administrasi yang bisa dibuka oleh semua usia. Permata TabunganKu tidak dilengkapi dengan kartu debit Permata bank Personal. Penarikan dana hanya bisa dilakukan di kantor cabang Permata tempat buka rekening TabunganKu. Penarikan di teller dikenakan biaya Rp 5 ribu jika dana yang ditarik < Rp 100 ribu

Jenis rekening TabunganKu ditawarkan juga oleh bank lain dengan fasilitas yang jauh lebih baik, seperti mendapat kartu debit maupun bisa internet banking.

Baca Juga: Perbandingan TabunganKu Terbaik dari semua Bank

4. Permata Me

PermataMe adalah tabungan Permata bebas biaya administrasi tanpa syarat minimal saldo. Buka tabungan Permata Me bisa melalui aplikasi Permata Mobile X.

Tabungan PermataMe banyak memberikan cashback untuk transaksi yang menggunakan kartu debit PermataMe. Promo cashback PermataMe :

  • Cashback 30% di seluruh bioskop & coffee shop di seluruh Indonesia jika saldo rata – rata ≥ Rp 5 juta.
  • Cashback 20% di e-commerce jika saldo rata – rata ≥ Rp 5 juta.
  • Cashback 10% untuk pembayaran transportasi online

Kelebihan tabungan PermataMe :

  • Gratis transfer ke bank lain di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS, dan e-banking Permata tanpa ada syarat saldo minimum
  • Gratis tarik tunai di ATM yang berlogo VISA tanpa syarat saldo minimum

5. Permata Tabungan Bebas

Permata Tabungan Bebas adalah tabungan Permata yang gratis biaya admin jika saldo ≥ Rp 5 juta. Tabungan Bebas difasilitasi kartu Permata debit Personal / Preferred / Priority (pilih 1).

Keunggulan Permata Bebas:

  • Gratis tarik tunai di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS jika saldo sebelum transaksi  ≥ Rp 5 juta
  • Gratis transfer ke bank lain di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS, dan e-banking Permata jika saldo sebelum transaksi  ≥ Rp 5 juta
  • Cashback 5% jika memenuhi 2 syarat:
    • Belanja min Rp 500 ribu dalam 1 bulan dengan kartu debit Permata di SPBU dan/atau supermarket
    • Saldo rata-rata bulanan ≥ Rp 5 juta

6. Permata Optima

Permata Optima adalah tabungan Permata yang memiliki suku bunga tertinggi dibandingkan tabungan Pertama lainnya yaitu max 4.5%. Permata Tabungan Optima gratis biaya administrasi jika saldo rata-rata ≥ Rp 25 juta.

Keuntungan Permata Optima:

  • Gratis tarik tunai di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS jika saldo sebelum transaksi  ≥ Rp 25 juta
  • Gratis transfer ke bank lain di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS, dan e-banking Permata jika saldo sebelum transaksi  ≥ Rp 25 juta
  • Ada layanan Permata Mobile Cash, yaitu fasilitas tarik tunai tanpa kartu debit

7. Permata Payroll

Permata Payroll adalah Tabungan Bank Permata untuk menerima gaji bulanan karyawan. Permata Payroll gratis biaya administrasi. Saldo minimum Permata Payroll = Rp 25 ribu. Keuntungan bagi karyawan yang buka tabungan Permata Payroll :

  • Mendapat kartu debit Permata Personal
  • Gratis tarik tunai di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS
  • Bisa mendapat bunga KPR Permata yang lebih rendah s.d 1.25% per tahun
  • Bisa gratis iuran tahunan kartu kredit Permata

8. Tabungan Permata Payroll ASTRA

Permata Payroll ASTRA adalah tabungan Permata yang dibuka oleh karyawan ASTRA sebagai sarana penerimaan gaji bulanan dari perusahaan. Payroll ASTRA gratis biaya administrasi dan dilengkapi dengan Permata kartu debit dengan biaya bulanan Rp 5.000. Saldo minimum Permata Payroll ASTRA sangat kecil yaitu Rp 0.

Kelebihan Permata Payroll ASTRA :

  • Mendapat kartu debit Permata Personal
  • Gratis biaya tarik tunai hingga 2x /bulan di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS jika saldo sebelum transaksi min Rp 500 ribu. Untuk penarikan ke-3 dst dalam bulan yang sama, syarat gratis biaya tarik tunai adalah saldo sebelum transaksi min Rp 5 juta.

9. Tabungan Permata ACC (ASTRA Credit Companies)

Tabungan Permata ACC adalah tabungan yang dibuka untuk nasabah yang mengajukan kredit di ASTRA Credit Companies (ACC) sebagai media pembayaran angsuran setiap bulannya dengan metode auto-debit.

Manfaat Permata ACC :

  • Gratis tarik tunai di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS jika saldo sebelum transaksi  ≥ Rp 5 juta
  • Gratis transfer ke bank lain melalui ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS, dan e-banking Permata jika saldo sebelum transaksi  ≥ Rp 5 juta

10. Permata Tabungan Perusahaan

Permata Tabungan Perusahaan Permata adalah tabungan Permata Bank untuk transaksi bisnis perusahaan. Bentuk perusahaan yang dimaksud adalah Perseroan Terbatas (PT), CV, Firma, dan Partnership. Tabungan perusahaan memiliki biaya admin yang tinggi yaitu Rp 20 ribu.

11. Tabungan Valas Permata

Tabungan Valas Permata adalah tabungan Bank Permata dalam mata uang asing AUD, EUR, SGD, USD. Tabungan Valas Permata dilengkapi dengan Permata Debit.

Kelebihan tabungan Valas Permata :

  • Bebas biaya tarik tunai di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS dengan syarat saldo sebelum transaksi min setara dengan Rp 5 juta

12. Valas Dinamis

Valas Dinamis adalah tabungan bank Permata yang terdiri dari tabungan mata uang Rupiah sebagai mata uang dasar dan tabungan mata uang asing AUD, CAD, CHF, CNY, EUR, GBP, HKD, JPY, NZD, SGD, USD sebagai tabungan valas. Di Valas Dinamis, Anda bisa buka min 3 tabungan valas hingga max 10 tabungan valas. Kelebihan tabungan Valas Dinamis :

  • Gratis tarik tunai di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS jika saldo sebelum transaksi  ≥ Rp 5 juta
  • Gratis biaya penarikan Bank Notes untuk mata uang AUD, EUR, HKD, JPY, SGD, USD di cabang tertentu sampai dengan USD 25.000 /bulan

13, Tabungan KPR Permata Bijak

Tabungan KPR Permata Bijak adalah tabungan yang terhubung dengan KPR Permata Bijak. Tabungan KPR Permata hanya bisa dibuka untuk nasabah Paket KPR Permata Bijak (bukan paket KPR Permata lainnya). Saldo di Tabungan KPR Permata bisa mengurangi pinjaman pokok sebesar 75% saat perhitungan bunga. Supaya lebih jelas, Anda bisa melihat simulasi tabungan KPR Permata Bijak.

14. Permata Proteksi Masa Depan

Permata Proteksi Masa Depan adalah Tabungan Berjangka Permata untuk simpanan masa depan. Tenor menabung Permata Proteksi = 1 – 18 tahun. Dana tabungan Permata masa depan berasal dari tabungan Permata reguler yang di-auto-debit setiap bulannya. Minimal setoran adalah Rp 100 ribu /bulan.

Tabungan rencana Permata dilengkapi premi asuransi jiwa gratis dengan nilai pertanggungan max Rp 500 juta yang bisa di-klaim jika :

  • Nasabah meninggal akibat kecelakaan saat masih dalam tenor menabung
  • Nasabah meninggal karena sakit di saat masa menabung sudah lebih dari 2 tahun

Tabungan Bank Permata Syariah

Bank Permata Syariah mengeluarkan produk tabungan Permata Syariah untuk nasabah yang ingin hidup lebih Islami.

Perbandingan Fitur Tabungan Permata Bank

Tabungan bank Permata memiliki fitur yang bervariasi. Pilihlah tabungan Permata yang gratis biaya admin dan memiliki suku bunga tabungan Permata yang tinggi. Tabel kami urutkan dari biaya administrasi tabungan bank Permata termurah :

Jenis Tabungan Permata BankBiaya Administrasi Tabungan Bank Permata (Biaya Admin Rekening + Biaya Admin Kartu) per Bulan (Rp)Bunga bank Permata per TahunSaldo Mengendap Permata (Rp)Keterangan Lainnya
Permata Tabungan Bebas ACCGratis
+
Gratis
1.5%100.000
  • Khusus nasabah ASTRA Credit Companies (ACC)
  • Gratis tarik tunai di ATM BCA, ALTO, Bersama, Prima, VISA / PLUS (saldo sebelum transaksi ≥ Rp 5 juta)
  • Gratis transfer ke bank lain di BCA, ALTO, Bersama, Prima, VISA / PLUS, dan e-banking Permata (saldo sebelum transaksi ≥ Rp 5 juta)
TabunganKu PermataGratis1%10.000
  • Tidak dapat kartu ATM
  • Penarikan dana hanya di kantor cabang Permata tempat buka TabunganKu
Tabungan PermataMeGratis
+
Gratis
0.5%0
  • Gratis transfer ke bank lain di ATM Bersama, ALTO, BCA, Prima, VISA / PLUS, dan e-banking Permata tanpa syarat
  • Gratis tarik tunai di ATM yang berlogo VISA tanpa syarat
Permata SimPelGratis
+
Gratis
0%5.000
  • Limit penarikan dana di ATM = Rp 500 ribu /hari
  • Limit penarikan dana di sekolah = Rp 250 ribu /hari
Tabungan Anak Permata Bintang
  • Jika saldo rata-rata bulanan ≥ Rp 50 ribu = gratis
  • Jika saldo < Rp 5 ribu = 5.000

+
Gratis

1.5%50.000
  • Gratis tarik tunai & transfer di jaringan ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS jika saldo ≥ Rp 5 juta sebelum transaksi
Tabungan Permata Bebas
  • Jika saldo rata-rata bulanan ≥ Rp 5 juta = gratis
  • Jika saldo < Rp 5 juta = 10.000

+
Gratis

1.5%100.000
  • Gratis tarik tunai di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS jika saldo sebelum transaksi ≥ Rp 5 juta
  • Gratis transfer ke bank lain di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS, dan e-banking Permata jika saldo sebelum transaksi ≥ Rp 5 juta
Tabungan Permata Optima
  • Jika saldo rata-rata ≥ Rp 25 juta = gratis
  • Jika saldo < Rp 25 juta = 30.000

+
Gratis

4.5%1.000.000
  • Gratis tarik tunai di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS jika (sebelum transaksi ≥ Rp 25 juta)
  • Gratis transfer ke bank lain di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS, dan e-banking Permata (saldo sebelum transaksi ≥ Rp 25 juta)
Tabungan Permata Payroll ASTRAGratis
+
5.000
1.75%0
  • Khusus karyawan ASTRA Dalam 1 bulan gratis 2x tarik tunai di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS jika saldo sebelum transaksi min Rp 500 ribu. Penarikan ke-3 dst di bulan yang sama, syarat gratis biaya tarik tunai adalah saldo sebelum transaksi min Rp 5 juta
Tabungan Permata PayrollGratis
+
5.000
1%25.000
  • Gratis tarik tunai di ATM Bersama, ALTO, BCA, Prima, VISA / PLUS
Valas Dinamis
  • Jika saldo rata-rata ≥ Rp 1 juta = 10.000
  • Jika saldo rata-rata < Rp 1 juta = 15.000
0.5% (USD AUD)1.000.000
  • Gratis tarik tunai di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS (saldo sebelum transaksi ≥ Rp 5 juta)
Permata Proteksi Masa Depan2.5002.5%
  • Bukan untuk transaksi harian
  • Tidak dapat kartu ATM Permata
  • Minimal setoran rutin = Rp 100 ribu /bulan
Tabungan KPR Permata Bijak20.000100.000
  • Khusus nasabah KPR Permata Bijak
Tabungan Permata Perusahaan20.000
+
5.000
1%100.000
  • Bebas biaya tarik tunai di ATM BCA, ALTO, Bersama, Prima, VISA / PLUS (saldo sebelum transaksi min setara dengan Rp 5 juta)
Tabungan Valas Permata
  • Jika saldo < USD 100 = USD 2
  • Jika saldo ≥ USD 100 = USD 1

AUD 2 /
EUR 1 /
SGD 1
+
Gratis

AUD = 0.5%
EUR = 0%
SGD = 0%
USD = 0.5%
AUD 500 /
EUR 500 /
SGD 200 /
USD 100
  • Gratis tarik tunai di ATM ALTO, BCA, Bersama, Prima, VISA / PLUS (saldo sebelum transaksi ≥ Rp 5 juta)

Keterangan :

  • Saldo mengendap Permata : saldo minimum di rekening yang tidak bisa digunakan untuk transaksi. Saldo (mungkin) bisa diambil saat tutup rekening.

Jenis Kartu Debit Permata & Limitnya

Ada 5 jenis kartu debit Permata / kartu ATM Permata :

  1. Kartu debit Permata Personal
  2. Kartu debit Permata Preferred
    • Khusus nasabah Permata Preferred, yaitu nasabah yang memiliki saldo gabungan min Rp 100 juta di produk Permata tabungan, deposito, giro, dan asuransi
  3. Kartu debit Permata Prioritas
    • Khusus nasabah Permata Prioritas. Syaratnya yaitu memiliki saldo gabungan min Rp 500 juta di produk tabungan, deposito, giro, dan asuransi di bank Permata.
  4. Kartu debit Permata Bintang
  5. Kartu debit PermataMe

Biaya kartu debit Permata berdasarkan jenis tabungannya :

Jenis Tabungan Bank PermataBiaya Admin Kartu Debit per Bulan (Rp)
Permata Bebas ACCGratis
PermataMeGratis
Permata SimpelGratis
Permata BintangGratis
Permata BebasGratis
Permata OptimaGratis
Permata ValasGratis
Permata Payroll5.000
Permata Payroll Astra5.000
Permata Tabungan Perusahaan5.000

Limit Transfer Permata & Transaksi Lainnya

Jenis TransaksiLimit Kartu Debit Permata per Hari (Rp)
PersonalPreferredPrioritasPermata BintangPermataMe
Tarik Tunai via ATM10.000.00010.000.00010.000.000500.0002.000.000
Belanja via EDC10.000.00020.000.00050.000.0002.000.0002.000.000
Transfer ke Permata via ATM50.000.00075.000.000100.000.0002.000.0002.000.000
Transfer ke Permata via i-Banking150.000.000200.000.000250.000.0002.000.0002.000.000
Transfer ke Permata via m-Banking50.000.00075.000.000100.000.0002.000.0002.000.000
Transfer ke Bank Lain via ATM25.000.00025.000.00025.000.0002.000.0002.000.000
Transfer ke Bank Lain via i-Banking50.000.00075.000.000100.000.0002.000.0002.000.000
Transfer ke Bank Lain via m-Banking25.000.00035.000.00050.000.0002.000.0002.000.000

Tabungan Permata Terbaik 2019

Simulasi Tabungan Permata

  • Simulasi Tabungan Permata Optima

Tabungan Permata Optima gratis biaya admin dan memiliki suku bunga Bank Permata tertinggi = max 4.5% /tahun. Suku bunga tabungan bank Permata bersifat bertahap  (tiering), yang artinya suku bunga akan meningkat seiring dengan bertambahnya saldo rata-rata tabungan. Anda baru bisa menikmati suku bunga Optima 4.5% /tahun jika saldo ≥ Rp 10 miliar.

Di tabungan Permata Optima, Anda baru mendapat bunga jika saldo ≥ Rp 100 juta. Dengan saldo Rp 100 juta, suku bunganya adalah 1.5%, maka Anda akan menerima bunga bersih (sudah potong pajak 20%) = Rp 98.630.

Ketahui bahwa jika saldo tabungan Permata Optima Anda ≤ Rp 25 juta, Anda harus bayar biaya admin Rp 30.000 /bulan. Jika saldo Anda tidak mencapai Rp 25 juta, lebih baik buka tabungan yang lain.

  • Simulasi Tabungan PermataMe

Tabungan PermataMe gratis biaya admin dan suku bunganya 0.5% /tahun jika saldo Anda ≥ Rp 100 juta. Dengan saldo Rp 100 juta, keuntungan bersih yang Anda terima per bulan = Rp 32.877.

Tabungan PermataMe benar-benar gratis biaya admin tanpa syarat, tetapi jika saldo Anda tidak mencapai Rp 100 juta, Anda tidak akan mendapat bunga sama sekali.

  • Simulasi Tabungan Permata Bebas

Tabungan Permata Bebas gratis biaya admin dan memiliki suku bunga max 1.5% / tahun jika saldo tabungan ≥ Rp 1 miliar. Jika saldo Rp 1 juta s.d Rp 500 juta, suku bunga yang berlaku adalah 0.25%. Dengan saldo Rp 1 juta, Anda sudah mendapat bunga bersih Rp 164 /bulan.

Ketahui bahwa jika saldo rata-rata tabungan Permata bebas < Rp 5 juta, maka akan ada biaya admin rekening per bulan = Rp 10 ribu.

  • Simulasi TabunganKu Permata

TabunganKu Permata gratis biaya administrasi tanpa syarat saldo minimum. Suku bunga TabunganKu Permata = max 1% /tahun untuk saldo  ≥ Rp 1 juta. Minimum saldo untuk dapat bunga adalah Rp 500 ribu s.d Rp 1 juta dengan suku bunga 0.25% /tahun.

Dengan saldo Rp 500 ribu, Anda sudah bisa mendapat bunga bersih per bulan = Rp 82. Dan jika saldo Rp 1 juta maka bunga per bulan yang Anda terima = Rp 329.

  • Simulasi Tabungan Permata KPR Bijak vs Tabungan & KPR Permata biasa
KPR Permata BijakKPR Permata biasa
  • Pokok pinjaman = Rp 2 miliar
  • Bunga Permata KPR Bijak = 7.99% /tahun
  • Saldo tabungan Permata KPR Bijak = Rp 500 juta
  • Bunga tabungan Permata KPR Bijak = 0% /tahun (tapi jika sedang mencicil KPR, bisa dianggap ekuivalen dengan 75% x suku bunga KPR = 75% x 7.99% = 6% /tahun )
  • Pokok pinjaman = Rp 2 miliar Bunga Permata KPR biasa = 7.99% /tahun
  • Saldo tabungan Permata Optimal = Rp 500 juta
  • Bunga tabungan Permata Optima jika saldo Rp 500 juta = 1.5% /tahun
Beban bunga Permata KPR Bijak yang harus dibayar per tahun

= [Rp 2 miliar – (75% x Rp 500 juta)] x 7.99%

= Rp 129.8 juta

Beban bunga KPR Permata biasa

= Rp 2 miliar ✕ 7.99%

= Rp 159.8 juta

Pendapatan bunga tabungan Permata Optima per tahun

= Rp 500 juta ✕ 1.5%= Rp 7.5 juta

Beban bunga KPR yang harus dibayar per tahun

= Rp 195 juta – Rp 7.5 juta

= Rp 152.3 juta

Dari simulasi di atas, bisa disimpulkan bahwa menabung di tabungan KPR Bijak lebih hemat dibandingkan menabung di tabungan biasa jika Anda sedang mencicil Kredit Pemilikan Rumah / Apartemen di PermataBank.

Rekomendasi Tabungan Permata Terbaik

Tabungan Permata Terbaik untuk Dewasa (Usia > 17 tahun)

Berdasarkan 5 simulasi di atas, Tabungan Permata Terbaik berdasarkan rata-rata saldo bulanan Anda :

  • Jika saldo < Rp 5.000.000 dan tidak butuh akses ATM = TabunganKu Permata
  • Jika saldo < Rp 5.000.000 dan butuh akses ATM = PermataMe
  • Jika saldo  ≥ Rp 5.000.000 = Permata Tabungan Bebas
  • Jika saldo  ≥ Rp 5.000.000 = Tabungan Permata Optima
  • Jika ingin referensi tabungan lain, Anda bisa cek Tabungan Jenius yang mirip dengan PermataMe, namun memiliki suku bunga yang lebih tinggi yaitu 5% per tahun mulai dari saldo Rp 1

Tabungan Permata Terbaik untuk Anak (Usia < 17 Tahun)

  • Tabungan SimPel Permata
  • Tabungan Permata Bintang

Tabungan Permata Gratis Biaya Administrasi Tanpa Syarat

  • Tabungan PermataMe
  • Tabungan Permata Bebas ACC
  • Tabungan Permata SimPel
  • Tabungan Permata Proteksi
  • TabunganKu Permata

Baca Juga: Tabungan Tanpa Biaya Admin Terbaik

Syarat Buka Rekening Permata

Syarat buka tabungan Permata meliputi syarat usia, setoran awal Permata bank, dan dokumen yang harus di-upload atau dibawa ke kantor cabang saat buka rekening Permata. Berikut syaratnya :

Jenis Tabungan PermataBankPersyaratan Buka Rekening Permata
UsiaSetoran Awal Bank Permata (Rp)Dokumen
TabunganKu Bank PermataSemua usia20.000
  • Anak usia < 17 Tahun :
    • Kartu Keluarga
    • KTP orangtua
  • Dewasa ≥ 17 tahun :
    • KTP / SIM / Paspor
Tabungan PermataMeMin 17 tahunBebas
  • KTP / SIM / Paspor
Tabungan Permata BebasMin 17 tahun250.000
  • WNI
    • KTP / SIM / Paspor
    • NPWP
  • WNA
    • Paspor
    • KIMS / KITAS / KITAP / KTP WNA
    • NPWP atau Surat Pernyataan Tidak memiliki NPWP.
    • Surat Referensi, apabila tidak ada KIMS / KITAS /KITAP / KTP WNA.
Tabungan Permata Bebas ACCMin 17 tahun250.000
  • KTP / SIM / Paspor NPWP
Permata Tabungan PerusahaanMin 17 tahun250.000
  • PT / CV / Firma / Partnership :
    • Akte Pendirian
    • Anggaran Dasar Terakhir
    • SITU / SKKDP / TDP
    • Struktur organisasi
    • NPWP
    • Identitas perwakilan PT
  • Firma / CV :
    • Akte Pendirian dari Pengadilan
    • SITU / SKKDP / TDP
    • Struktur organisasi
    • NPWP
    • Identitas perwakilan PT
Tabungan Permata OptimaMin 17 tahun1.000.000
  • WNI
    • KTP / SIM / Paspor
    • NPWP
  • WNA
    • Paspor
    • KIMS / KITAS / KITAP / KTP WNA
    • NPWP atau Surat Pernyataan Tidak memiliki NPWP.
    • Surat Referensi, apabila tidak ada KIMS / KITAS /KITAP / KTP WNA.
  • PT / CV / Firma / Partnership :
    • Akte Pendirian
    • Anggaran Dasar Terakhir
    • SITU / SKKDP / TDP
    • Struktur organisasi
    • NPWP
    • Identitas perwakilan PT
  • Firma / CV :
    • Akte Pendirian dari Pengadilan
    • SITU / SKKDP / TDP
    • Struktur organisasi
    • NPWP
    • Identitas perwakilan PT
Valas DinamisMin 17 tahun1.000.000
  • WNI
    • KTP / SIM / Paspor
    • NPWP
  • WNA
    • Paspor
    • KIMS / KITAS / KITAP / KTP WNA
    • NPWP atau Surat Pernyataan Tidak memiliki NPWP.
    • Surat Referensi, apabila tidak ada KIMS / KITAS /KITAP / KTP WNA.
Tabungan Permata PayrollMin 18 tahun0
  • KTP / SIM / Paspor NPWP
Tabungan Permata Payroll ASTRAMin 18 tahun0
  • Karyawan ASTRA
  • KTP / SIM / Paspor
  • NPWP
Permata Proteksi Masa Depan18 – 60 tahun100.000
  • KTP / SIM / Paspor
  • NPWP
Tabungan KPR Permata BijakJika karyawan = 21 tahun – 55 tahun Jika pengusaha / profesional = 21 tahun – 65 tahun250.000
  • KTP / SIM / Paspor
  • NPWP
  • Mengajukan KPR Permata Bijak
Permata SimPelUsia < 17 tahun (max SMA)5.000
  • Kartu Keluarga
  • Nomor Induk Siswa / Kartu Tanda Pelajar
  • KTP / SIM orangtua
Tabungan Permata BintangUsia < 17 tahun50.000
  • Kartu Keluarga
  • KTP orang tua

Biaya Buka Rekening Permata Bank

Biaya buka rekening Permata bank = gratis. Setoran awal bank Permata yang dibawa saat buka tabungan bukanlah biaya buka rekening. Uang tersebut akan menjadi saldo awal buka rekening Permata, yang artinya uang akan masuk ke rekening tabungan nasabah.

Syarat Buka Rekening Bank Permata Tanpa NPWP

Buka tabungan Permata bank bisa dilakukan tanpa NPWP dengan cara mengisi Surat Keterangan di kantor cabang Permata. Buka tabungan PermataMe juga bisa langsung dilakukan tanpa NPWP.

Syarat Buka Rekening Bank Permata jika Tidak Bekerja

Calon nasabah tabungan Permata yang tidak bekerja seperti ibu rumah tangga atau mahasiswa, wajib melampirkan fotokopi KTP pemberi dana.

Syarat Buka Rekening Permata KTP Luar Daerah

Jika Anda buka rekening Permata di kantor cabang yang lokasinya berbeda dengan domisili KTP, maka ada persyaratan buka rekening Permata tambahan (pilih 1) :

  • Surat Keterangan Domisili
  • Surat Keterangan Kerja

Buka Rekening Permata Bank

Cara buka rekening Permata Bank sangat mudah, bisa via online maupun offline. Cara online bisa melalui pengisian e-Form di website bank Permata maupun dengan isi e-Form di aplikasi Permata Mobile X.

Tabungan Permata yang bisa dibuka online maupun offline:

  • Permata Bintang
  • Permata Payroll
  • Permata Payroll ASTRA
  • Permata Proteksi Masa Depan
  • Permata Tabungan BEBAS
  • Permata Tabungan Bebas ACC
  • Permata Tabungan Optima
  • Permata Tabungan Valas
  • Permata Valas Dinamis
  • Tabungan KPR Permata Bijak
  • TabunganKu Permata

Tabungan yang hanya bisa dibuka di kantor cabang:

  • Tabungan Permata SimPel
  • Permata Tabungan Perusahaan

Tabungan yang hanya bisa dibuka di aplikasi Permata Mobile X:

  • Tabungan PermataMe

Buka Rekening Permata Online via e-Form Website Permata

  1. Buka website bank Permata : https://product.permatabank.com/Permatae-Form/pengantar.do
  2. Baca syarat & ketentuan lalu centang kotak persetujuan > Klik Nasabah atau Non-Nasabah
  3. Isi data diri formulir > Pilih jenis tabungan yang ingin dibuka > Pilih kantor cabang Permata > Klik Lanjut
  4. Centang Syarat & Ketentuan > masukkan kode captcha > Klik Kirim
  5. Anda akan mendapat nomor referensi > Catat / simpan nomor referensi
  6. Datangi kantor cabang Permata yang telah Anda pilih dengan membawa nomor referensi, dokumen syarat, dan setoran awal. > Selesai

Buka Rekening Permata Me via Aplikasi Permata Mobile X

Cara buka tabungan Permata Me paling mudah dibandingkan buka tabungan Permata Online via website karena punya opsi untuk tidak datang ke kantor cabang Permata (proses aktivasi via video call WhatsApp). Berikut cara buka rekening PermataMe :

  1. Download aplikasi Permata Mobile X di Playstore / AppStore
  2. Buka aplikasi > Pilih PermataMe
  3. Isi data diri > Upload e-KTP
  4. Aktivasi Permata Me dengan cara (pilih 1) :
    • Video call WhatsApp
    • Datang ke kantor cabang Permata
    • Datang ke booth Permata di mall
  5. Tabungan PermataMe sudah teraktivasi > Aktifkan kartu debit PermataMe di aplikasi
  6. Tabungan PermataMe siap digunakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *