Home » Pendidikan » Kartu Pra Kerja : Cara Daftar / Syarat / Platform Pelatihan

Kartu Pra Kerja : Cara Daftar / Syarat / Platform Pelatihan

Dalam Perpres No. 36 tahun 2020 dijelaskan bahwa kartu pra kerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan kepada pencari kerja, pekerja yang terkena PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Bantuan ini hanya berlaku 1 kali seumur hidup. Cara mendaftar kartu pra kerja yaitu secara online. Jika dinyatakan lolos seleksi, peserta akan menerima bantuan senilai Rp. 3,5 juta dengan rincian:

  1. Biaya pelatihan sebesar Rp. 1 juta
  2. Insentif pasca pelatihan sebesar Rp. 600 ribu selama 6 bulan
  3. Insentif survei keberkerjaan Rp. 150 ribu 

Program kartu pra kerja 2020 ini  telah diresmikan oleh pemerintah sejak beberapa waktu lalu. Selain itu, pembukaan pendaftaran juga telah dibuka setiap minggu hingga November 2020. Berikut adalah cara daftar, syarat membuat kartu prakerja dan list platform pelatihan bagi pemilik kartu prakerja, yaitu:

 

  1. Kementerian Ketenagakerjaan
  2. Pintaria
  3. Skill Academy by Ruangguru
  4. Mau Belajar Apa
  5. Sekolahmu
  6. Pijar Mahir
  7. Tokopedia
  8. Bukalapak

 

Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Logo Kartu Prakerja
Logo Kartu Prakerja 2020

Pendaftaran kartu pra kerja dapat anda lakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut, yaitu:

  • Membuat Akun Prakerja

  1. Buka website  Prakerja.go.id
  2. Memasukkan alamat email aktif dan password akun
  3. Klik Daftar
  4. Aktivasi akun melalui email
  5. Pendaftaran berhasil
  • Isi Data Diri

  1. Masukkan nomor KTP 
  2. Isi data diri (nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kerja, foto KTP dan selfie dengan foto KTP)
  3. Masukkan no. telepon dan anda akan dikirimkan kode OTP. Input kode OTP di website sesuai instruksi
  • Ikuti Tes

  1. Lakukan tes minat dan bakat
  2. Jika telah selesai anda akan diminta menunggu hasil tes selama beberapa hari
  • Pengumuman Tes

  1. Jika hasil “lolos” anda bisa menunggu dana bantuan dicairkan. Pencairan dana bantuan bisa melalui OVO, Gopay, LinkAja dan BNI
  2. Jika belum berhasil anda dapat menunggu gelombang selanjutnya dibuka dan klik Gabung. Selanjutnya proses akan sama dengan gelombang sebelumnya.

Untuk lebih mudah anda bisa melihat infografis berikut:

Infografis Alur daftar Kartu Prakerja
Infografis Pendaftaran Kartu Prakerja

 

Syarat Membuat Kartu Pra Kerja

Syarat mendapatkan kartu pra kerja yaitu:

  1. WNI
  2. Berusia minimum 18 tahun 
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal

Untuk saat ini pemerintah memfokuskan memberikan kartu pra kerja kepada pekerja/buruh yang terkena dampak langsung (pemutusan hubungan kerja) atau dampak tidak langsung dari pandemi Corona.

 

8 Platform Digital untuk Pelatihan Kartu Prakerja

Terdapat 19 lembaga yang menyediakan lebih dari 900 jenis pelatihan. Anda dapat mengakses berbagai pelatihan tersebut pada 8 platform yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Pelatihan yang disediakan tidak hanya untuk mempersiapkan peserta agar dapat masuk ke dunia kerja tapi juga agar bisa membuka usaha sendiri. Beberapa pelatihan yang ditawarkan oleh masing-masing platform, seperti pelatihan membuat masker anti corona, belajar bikin pempek hingga belajar bahasa Inggris dasar untuk driver ojek online. Berikut adalah 8 platform digital yang telah bekerja sama dengan pemerintah dalam program kartu pra kerja, yaitu:

 

Kementerian Ketenagakerjaan

Pelatihan online bagi pemegang kartu pra kerja dapat diakses melalui website Prakerja.Kemnaker. Kementerian Ketenagakerjaan telah bekerja sama dengan 13 lembaga dan menyediakan 82 jenis pelatihan. Berikut adalah kategori program pelatihan yang disediakan oleh Kemnaker, yaitu:

  • Teknik manufaktur
  • Teknik otomotif
  • Teknik elektronik
  • Bangunan 
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Tata kecantikan
  • Pariwisata
  • Perikanan 
  • Agribisnis
  • Pengolahan kulit
  • Teknik las
  • Teknik listrik 
  • Refrigeration 
  • Bisnis dan manajemen 
  • Garmen apparel
  • Tata busana
  • Pertanian 
  • Processing
  • Desain Batik, dan 
  • Industri kreatif

Selain menyediakan pelatihan soft-skill Kemnaker juga menyediakan pelatihan hard-skill yang dikemas secara online. Setelah mengikuti pelatihan di Kemenaker anda akan mendapatkan e-sertifikat (sertifikat digital). Perkiraan biaya pelatihan melalui Kemnaker juga beragam, dengan rentang Rp. 200 ribu – Rp. 1 juta. 

 

Pintaria

Pintaria Prakerja menyediakan banyak pelatihan menarik yang dapat diakses pada website Pintaria Prakerja. Beberapa lembaga yang menyediakan pelatihan via Pintaria yaitu, Haruka EDU, Cakap, Tempo Institute, EF dan masih banyak lagi. Berikut adalah kategori pelatihan yang disediakan oleh Pintaria, yaitu: 

  1. Pelatihan Bahasa
  2. Bisnis dan kewirausahaan 
  3. Teknologi Informasi
  4. Kreatif, dan 
  5. Kuliner

Pintaria Prakerja juga menawarkan sertifikat bagi anda yang mengikuti kursus hingga selesai. Rentang harga pelatihannya mulai dari Rp. 50 ribu hingga Rp. 1 juta. Pelatihan yang tersedia juga variatif, mulai dari pelatihan soft skill seperti  “Bahasa Inggris Dasar untuk Driver Taksi” dengan biaya Rp. 250 ribu dan durasi belajar 4 jam. Selain itu ada juga pelatihan hard-skill seperti “Menjahit Masker Anti Corona, Mudah dan Bisa Dijual” dengan biaya pelatihan Rp. 600 ribu dan durasi belajar 4 jam. Semua pelatihan tersebut dilakukan secara online.

 

Skill Academy By Ruangguru

Skill Academy merupakan salah satu platform digital pendidikan di bawah naungan Ruangguru. Skill Academy fokus untuk menyediakan pelatihan bagi para pencari kerja atau pekerja yang berniat untuk meningkatkan kemampuannya. Anda bisa membuka program prakerja yang disediakan oleh Skill Academy melalui Skill Academy Prakerja. Beberapa kategori pelatihan yang disediakan oleh Skill Academy yaitu:

  1. Pemasaran
  2. Pengembangan diri
  3. Bisnis dan keuangan 
  4. Teknologi dan software, serta
  5. Persiapan tes

Berbeda dengan beberapa platform sebelumnya, Skill Academy menyediakan paket kelas untuk program pra kerja. Masing-masing paket terdiri dari beberapa kelas dengan rentang harga yang berbeda-beda. Salah satu contoh paket yang tersedia di Skill Academy adalah “Paket Pelatihan Ojek Online”  yang terdiri dari 6 kelas, yaitu:

  1. Tenang di Masa Kritis, Siapkan Dana Darurat dari Sekarang dengan biaya Rp. 200 ribu
  2. Percakapan Bahasa Inggris Dasar dengan Konsumen seharga Rp. 100 ribu
  3. Perencanaan Keuangan untuk Pekerja Harian Lepas dengan biaya Rp. 100 ribu
  4. Manajemen Waktu Agar Kerja Lebih Produktif dengan biaya pelatihan Rp. 200 ribu
  5. Teknik Mengelola Stress Agar Kerja Tetap Produktif dengan biaya Rp. 200 ribu, serta 
  6. Customer Service : Menguasai Teknik Pelayanan Terbaik Rp.200 ribu

Paket di atas merupakan paket pelatihan prakerja yang dibanderol dengan harga Rp. 1 juta. Masih banyak paket pelatihan lain yang tersedia di Skill Academy.

Setiap kelas di Skill Academy menawarkan 2 sertifikat digital, sertifikat pertama yaitu jika anda telah menyelesaikan kelas. Selanjutnya sertifikat kedua akan diberikan jika anda  berhasil lulus pada ujian di kelas tersebut.

 

Mau Belajar Apa

Program pelatihan prakerja di Mau Belajar Apa menawarkan pilihan level kelas mulai dari Beginner hingga Advanced. Anda bisa mengakses program prakerja melalui  Mau Belajar Apa Prakerja. Beberapa kategori yang disediakan oleh Mau Belajar Apa, yaitu:

  1. Masak dan bikin kue
  2. F&B dan hospitality
  3. Kerja kantoran dan peningkatan karir
  4. Komunikasi
  5. Digital marketing
  6. Wirausaha
  7. IT & data analytics
  8. Media dan desain
  9. Bahasa, dan 
  10. Public speaking

Rentang biaya pelatihan yang ditawarkan oleh Mau Belajar Apa yaitu Rp. 120 ribu – Rp. 1 juta.

 

Sekolahmu

Platform digital Sekolahmu juga menyediakan pelatihan online untuk program prakerja yang dapat anda akses di Sekolahmu Prakerja. Beberapa kategori yang disediakan oleh Sekolahmu yaitu:

  1. Pelatihan untuk fresh graduate
  2. Desain dan seni
  3. Tata kecantikan 
  4. Dakwah dan da’i
  5. Tour Guide dan Pariwisata
  6. Hotel dan restoran, serta
  7. Digital dan teknologi 

Kisaran biaya pelatihan yang ditawarkan yaitu mulai dari Rp. 50 ribu hingga Rp. 950 ribu per kelasnya.

 

Pijar Mahir

Platform pendidikan Pijar Mahir juga menyediakan program pelatihan prakerja yang dapat diakses melalui  Pijar Mahir Prakerja. Beberapa lembaga yang menjadi mitra Pijar Mahir dalam memberikan pelatihan seperti Microsoft, Tempo Institute, G2 Academy, Telkom, Bahaso dll. Ada beberapa kategori pelatihan yang disediakan oleh Pijar Mahir, yaitu:

  1. Pemasaran
  2. Wirausaha
  3. Bahasa
  4. Digital 
  5. Administrasi, dan 
  6. Teknologi informasi

Ada sekitar 20 kelas pelatihan yang disediakan oleh Pijar Mahir dengan rentang biaya Rp. 75 ribu hingga Rp. 1 juta.

 

Tokopedia

Platform e-commerce Tokopedia juga menjadi mitra pemerintah dalam menyediakan kartu prakerja. Anda dapat mengaksesnya di situs Tokopedia Prakerja. Program pelatihan yang ada di Tokopedia akan disediakan dalam bentuk voucher. Berikut adalah beberapa kategori pelatihan yang dapat dipilih di Tokopedia, yaitu:

  • Kecantikan 
  • Bahasa
  • Bisnis 
  • Kesenian 
  • Tata boga
  • Fotografi
  • Jasa 
  • IT dan data
  • Finansial 
  • Marketing 
  • Media 
  • Pengembangan diri, dan 
  • Sertifikasi

Beberapa lembaga pendidikan yang bekerjasama dengan Tokopedia yaitu Arkademi, EF, Bizlab, Kelas.com, Eudeka, dll. Biaya pelatihan prakerja di Tokopedia juga bervariasi, mulai dari Rp. 24 ribu untuk materi Try Out CPNS. 

 

Bukalapak

Platform e-commerce lain yang bekerja sama dengan pemerintah adalah Bukalapak. Bukalapak hanya menjual voucher, sehingga untuk mengikuti pelatihan anda akan diarahkan ke website lembaga pelatihan. Saat proses pembayaran anda dapat memasukkan kode voucher yang telah dibeli di Bukalapak. Anda dapat membeli voucher pelatihan melalui website Bukalapak Prakerja.

Terdapat beberapa lembaga penyedia pelatihan yang bekerja sama dengan Bukalapak seperti Finansialku, G2 Academy, Bahaso, dll. Rentang kupon yang ditawarkan oleh Bukalapak adalah Rp. 34 ribu untuk membayar aplikasi Finansialku bulanan. Sedangkan biaya pelatihan tertinggi adalah untuk kelas “Desain Grafis Kelas Dunia dengan Adobe Illustrator dan Photoshop” seharga Rp. 930 ribu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *