Home » Tabungan » Tabungan Anak & Simpel (Simpanan Pelajar) Terbaik 2018

Tabungan Anak & Simpel (Simpanan Pelajar) Terbaik 2018

KPR Take Over banner 800px by 173px

Tabungan Anak adalah salah satu produk perbankan untuk simpanan yang bisa dibuka oleh anak usia < 17 tahun. Tabungan anak bisa menjadi sarana anak untuk belajar menabung sejak usia dini. Mayoritas tabungan reguler memiliki syarat umur 17 tahun ke atas, sehingga belum bisa diakses oleh anak-anak.

Tabungan pelajar juga termasuk bagian dari tabungan anak. Tabungan Simpel (Simpanan Pelajar) merupakan tabungan untuk pelajar yang dikeluarkan oleh berbagai bank di Indonesia. Tabungan Simpel & tabungan Simpel Syariah gratis biaya admin serta memiliki syarat setoran awal yang rendah yaitu Rp 5.000 (untuk tabungan Simpel) dan Rp 1.000 (untuk tabungan Simpel Syariah). Buka simpanan pelajar bisa menjadi salah satu cara menabung anak sekolah yang aman dan menguntungkan.

Selain tabungan Simpel, terdapat berbagai tabungan anak lainnya yang gratis biaya admin dan memiliki suku bunga yang kompetitif.

Untuk memudahkan Anda memilih tabungan anak yang bagus, kami bagi artikel menjadi beberapa bagian :

  1. Perbedaan Tabungan Anak dari Tabungan Pendidikan
  2. Kelebihan Buka Tabungan Anak
  3. Tips Memilih Tabungan Anak
  4. Jenis Tabungan Anak
  5. Perbandingan Fitur 14 Tabungan Anak
  6. Rekomendasi : Tabungan Anak Terbaik

 

Perbedaan Tabungan Anak vs Tabungan Pendidikan Anak

Tabungan Anak berbeda dari Tabungan Pendidikan Anak yang berfungsi untuk menyiapkan dana pendidikan anak di masa depan, supaya pada saat perlu bayar uang sekolah/kuliah, dana tersebut sudah siap.

 

Kelebihan Buka Tabungan Anak

Buka tabungan anak terbaik akan memberikan berbagai manfaat, seperto :

1. Lebih aman menabung di bank daripada di rumah
Tabungan anak di bank lebih aman dari pencurian daripada celengan (tabungan di rumah). Selain itu, anak akan lebih bijak dalam menggunakan uang karena tabungan hanya bisa diambil melalui teller maupun ATM.

2. Menabung di bank mendapat bunga
Menabung di bank dengan jumlah tertentu akan mendapat bunga dari bank. Jika hanya menabung di rumah, maka tidak akan mendapat keuntungan bunga.

3. Orang tua bisa pantau tabungan anak
Beberapa bank memberikan akses e-banking pada orang tua supaya orang tua bisa mengetahui saldo tabungan anak dan histori transaksi

4. Bisa mendapat poin rewards
Poin rewards dari bank bisa membuat anak semangat menabung karena anak bisa mendapatkan barang tertentu dari poin yang dikumpulkan.

 

Tips Memilih Tabungan Anak

Tabungan untuk anak harus sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak. Pahami kriteria berikut supaya tidak salah pilih tabungan anak terbaik :

1. Biaya admin gratis
Pilihlah tabungan anak yang biaya adminnya gratis tanpa syarat sehingga saldo tidak terpotong.

Tabungan anak bebas biaya admin tanpa syarat :

  • Tabungan Anak Permata Bintang Syariah
  • Tabungan BJB My First
  • Tabungan BNI Taplus Anak
  • Tabungan BNI Tunas Hasanah
  • Tabungan Junior CIMB Niaga
  • Tabungan Junior CIMB Niaga Syariah
  • Tabungan Junior OCBC NISP
  • Tabungan Junior Panin
  • Tabungan Maybank Superkidz
  • Tabungan Nobu Junior
  • Tabungan Simpel (Simpanan Pelajar)
  • Tabungan SImpel syariah

2. Suku bunga tinggi
Mendapat bunga adalah salah satu kelebihan menabung di bank. Pilihlah tabungan yang suku bunganya kompetitif supaya anak mendapat keuntungan dari bank dan makin semangat menabung. Tabungan anak terbaik yang bunganya paling tinggi adalah Tabungan Junior Panin yang suku bunganya mencapai 2.5% per tahun.

3. Setoran awal ringan
Pilihlah tabungan anak yang syarat minimum setoran awalnya sesuai dengan besar dana anak. Ada banyak jenis rekening tabungan anak yang syaratnya ringan (setoran awal Rp 50.000).

Jika anak sudah memiliki sejumlah uang untuk buka tabungan di bank, segera buatkan tabungan anak sebelum uang tersebut dihabiskan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

Tabungan anak-anak yang setoran awalnya Rp 50.000:

  • Tabungan Simpel Syariah = Rp 1.000
  • Tabungan Simpel = Rp 5.000
  • Tabungan anak Permata Bintang Syariah = Rp 50.000
  • Tabungan BJB My First = Rp 50.000
  • Tabungan Junior OCBC NISP = Rp 50.000
  • Tabungan Junior Panin = Rp 50.000

4. Saldo mengendap kecil
Saldo mengendap di bank tidak bisa dipakai kecuali diambil saat tutup rekening. Maka pilihlah tabungan anak yang saldo mengendapnya < Rp 5.000 sehingga anak tidak ‘kehilangan’ uangnya. Contoh tabungan anak terbaik yang saldo mengendapnya < Rp 5.000 : tabungan Simpel dan tabungan Simpel Syariah.

5. Mendapat kartu ATM
Kartu ATM diperlukan anak supaya tidak perlu membawa uang tunai yang banyak, yang bisa berisiko uang hilang / kena copet. Pilihlah tabungan yang menyediakan kartu ATM dan gratis biaya tarik tunai di ATM bank lain untuk kemudahan transaksi.

Tabungan terbaik untuk anak yang gratis biaya tarik tunai di ATM bank lain (ATM Bersama & Prima)

  • Tabungan anak Permata Bintang
  • Tabungan anak Permata Bintang Syariah
  • Tabungan anak BJB

6. Ada akses e-banking
Akses e-banking seperti i-banking, m-banking, dan SMS banking adalah solusi cepat untuk cek saldo, bertransaksi, maupun solusi monitoring orang tua terhadap transaksi anak.

Tabungan anak terbaik yang dilengkapi fasilitas e-banking

  • Tabungan BJB My First
  • Tabungan BNI Taplus Anak
  • Tabungan BNI Anak Syariah
  • Tabungan BRI Junio
  • Tabungan Permata Bintang
  • Tabungan Permata Bintang Syariah

7. Jaminan asuransi
Jaminan asuransi pada tabungan anak bisa memberikan perlindungan untuk anak dalam bentuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi kesehatan sehingga meringankan beban orang tua.

Tabungan junior yang dilengkapi dengan asuransi :

  • Tabungan BRI Junio
  • Tabungan Junior OCBC NISP

8. Poin rewards
Tabungan anak yang memiliki poin rewards akan memberikan sejumlah poin setiap kali anak menabung. Poin tersebut bisa ditukarkan dengan hadiah menarik sehingga bisa membuat anak semangat menabung. Tabungan anak yang memberi poin rewards = Tabungan Junior CIMB Niaga.

Jenis Tabungan Anak

1. Tabungan Junior Panin

Tabungan Panin Junior adalah tabungan anak tanpa biaya administrasi yang memiliki suku bunga tertinggi dibanding tabungan anak lainnya yaitu 2.5%. Selain itu, tabungan Junior Panin dilengkapi kartu ATM.

2. BRI Junio

Tabungan BRI Junio adalah tabungan anak BRI yang gratis biaya admin untuk anak usia < 12 tahun. Untuk anak usia 12 – 17 tahun dikenakan biaya admin Rp 5.000. BritAma Junio difasilitasi dengan kartu ATM BRI Junio dan akses e-banking.

Keuntungan BRI Junio adalah tabungan dilengkapi asuransi kecelakaan diri senilai 250% dari saldo terakhir (minimum saldo Rp 500 ribu pada H-1 kecelakaan). Asuransi berlaku selama rekening BritAma Junio aktif. Syarat tabungan BRI Junio adalah orang tua harus memiliki tabungan di BRI jika anak usia < 12 tahun ingin buka tabungan bank BRI Junio.

Baca Juga : Cara buka Rekening BRI online

3. Tabungan Nobu Junior

Tabungan Nobu Junior adalah tabungan anak bebas biaya admin dari Bank Nobu. Tabungan anak Nobu difasilitasi dengan kartu ATM untuk anak yang sudah berumur 7 tahun ke atas.

4. Tabungan BNI Taplus Anak

Tabungan BNI Taplus Anak adalah tabungan anak tanpa biaya administrasi. Tabungan Anak BNI dilengkapi dengan kartu ATM, akses e-banking, dan setiap anak melakukan transaksi akan ada notifikasi SMS yang terkirim ke orang tua.

Tabungan BNI Anak bisa diubah ke BNI Taplus Muda setelah nasabah berumur 17 tahun dan memiliki KTP. Pergantian dari BNI Taplus Anak ke BNI Taplus Muda tidak otomatis. Nasabah harus mengurusnya perubahan akun ini ke kantor cabang BNI. Jika tidak ingin melanjutkan ke BNI Taplus Muda, segera pindahkan saldo tabungan ke rekening lain atau tutup tabungan anak BNI.

Baca Juga : Cara buka Rekening BNI online

5. Tabungan BNI Tunas iB Hasanah

BNI Tunas iB Hasanah adalah tabungan anak BNI Syariah tanpa biaya administrasi. Tabungan anak BNI Syariah menggunakan akad wadiah (titipan). BNI Anak Tunas Hasanah difasilitasi dengan kartu ATM, akses e-banking, dan ada notifikasi SMS ke HP orang tua ketika anak melakukan transaksi.

6. Tabungan Junior CIMB Niaga

Tabungan CIMB Niaga Junior adalah tabungan anak CIMB Niaga yang bebas biaya administrasi. Tabungan Junior CIMB Niaga dilengkapi dengan akses phone banking CIMB Niaga di 14041 dan difasilitasi kartu ATM dengan limit 10x tarik tunai per bulan. Keuntungan tabungan Junior CIMB Niaga adalah anak mendapat Poin Junior yang bisa ditukarkan dengan mainan di katalog Poin Junior.

Baca Juga : Cara buka Rekening CIMB Niaga online

7. Tabungan Junior CIMB Niaga iB

Tabungan CIMB Junior iB adalah tabungan anak CIMB Niaga tanpa biaya administrasi yang menggunakan akad mudharabah (bagi hasil) dan wadiah (titipan). Tabungan anak CIMB dengan prinsip mudharabah akan mendapat nisbah nasabah 17.5%, sedangkan tabungan dengan prinsip wadiah hanya mendapat bonus. Jika setoran awal Tabungan CIMB Junior Syariah sebesar Rp 25 juta ke atas (batas minimum daftar haji), maka bisa digunakan untuk pendaftaran haji untuk anak.

8. Tabungan BJB My First

Tabungan BJB My First adalah tabungan anak BJB tanpa biaya administrasi. Tabungan BJB My First dilengkapi dengan kartu ATM dan gratis biaya tarik tunai di ATM Bersama & Prima tanpa syarat. Tabungan anak BJB juga dilengkapi dengan fasilitas e-banking.

9. Tabungan Permata Bintang

Tabungan anak Permata Bintang adalah tabungan untuk anak yang gratis biaya admin jika saldo Rp 50.000. Jika saldo < Rp 50.000 maka dikenakan biaya admin Rp 5.000. Limit transaksi anak melalui ATM bisa ditentukan oleh orang tua sehingga pengeluaran anak tetap terkontrol. Selain itu, Permata Bintang gratis biaya tarik tunai di mesin ATM jaringan Permata, ALTO, Bersama, Prima, dan Visa jika saldo Rp 5 juta. Tabungan anak bank Permata dilengkapi dengan akses e-banking.

10. Tabungan Permata Bintang iB

Tabungan anak Permata Bintang iB adalah tabungan untuk anak dengan akad syariah mudharabah (bagi hasil). Tabungan anak Permata Syariah gratis biaya admin jika saldo Rp 250 ribu. Permata Bintang Syariah gratis biaya tarik tunai di mesin ATM jaringan Permata, ALTO, Bersama, Prima, dan Visa jika saldo Rp 5 juta. Tabungan syariah anak Permata mendapat fasilitas e-banking.

11. Tabungan Simpel (Simpanan Pelajar)

Tabungan Simpel adalah tabungan untuk pelajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK, SD, SMP, SMA, Madrasah atau setara itu. Tabungan Simpel merupakan tabungan anak tanpa biaya administrasi yang dikeluarkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia untuk menggalakkan program Gerakan Indonesia Menabung.

Rekening untuk pelajar ini bisa dibuka secara perorangan maupun secara kolektif melalui sekolah yang telah bekerjasama dengan bank. Anak bisa tarik tunai di sekolah maksimum Rp 250.000 per transaksi dan bisa dilakukan sebanyak 2x per bulan. Suku bunga dan ada / tidaknya fasilitas kartu atm untuk pelajar bervariasi di masing-masing bank.

Contoh tabungan Simpel :

  • Tabungan Pelajar BRI / BRI Simpel (satu-satunya Tabungan Anak BRI)
  • Tabungan Pelajar BNI / BNI Simpel
  • Tabungan Mandiri Pelajar / Mandiri Simpel (satu-satunya Tabungan Anak Bank Mandiri)
  • Tabungan Pelajar BCA / BCA Simpel (satu-satunya Tabungan Anak BCA)

12. Tabungan Simpel (Simpanan Pelajar) Syariah

Tabungan Simpel Syariah adalah tabungan anak syariah yang dikeluarkan oleh bank-bank Syariah di Indonesia. Perbedaan tabungan Simpel Syariah dari Konvensional adalah prinsip dan minimum saldonya. Prinsip tabungan Simpel Syariah adalah prinsip syariat Islam dengan akad mudharabah (bagi hasil) & wadiah (titipan). Saldo awal minimum & saldo mengendap tabungan Simpel Syariah paling rendah dibandingkan tabungan anak lainnya, yaitu Rp 1.000.

Contoh tabungan Simpel Syariah :

  • Tabungan Simpel BNI Syariah
  • Tabungan Simpel BRI Syariah
  • Tabungan Simpel Mandiri Syariah
  • Tabungan Simpel Mega Syariah

13. Maybank SuperKidz

Tabungan anak Maybank Superkidz adalah tabungan anak bebas biaya administrasi. Tabungan anak Maybank memberikan bonus bunga setiap awal tahun jika ada kenaikan saldo rata-rata dari bulan sebelumnya. Selain itu Maybank SuperKidz dilengkapi dengan kartu ATM dan gratis transfer ke bank lain jika saldo Rp 10 juta.

14. Tabungan Junior OCBC NISP

Tabungan Junior OCBC NISP adalah tabungan anak bebas biaya admin yang bisa dibuka dengan mata uang Rupiah, USD, dan SGD. Tabungan Junior OCBC NISP juga dilengkapi dengan kartu debit.

Tabungan anak OCBC NISP dilengkapi dengan manfaat asuransi (hanya tabungan Rupiah), yaitu :

  • Asuransi jiwa jika orangtua meninggal
  • Asuransi kesehatan untuk anak berupa biaya rawat inap

Besarnya nilai manfaat asuransi ditentukan berdasarkan rata-rata saldo harian tabungan Junior OCBC NISP selama 3 bulan terakhir. Asuransi berlaku selama tabungan Junior OCBC NISP dalam keadaan aktif.

 

Perbandingan Fitur Tabungan Anak

Tabungan untuk anak / pelajar umumnya bebas biaya admin, namun ada beberapa tabungan anak yang gratis biaya admin hanya jika memenuhi kriteria tertentu. Berikut perbandingan fitur tabungan untuk anak umur < 17 tahun, kami urutkan tabel dari tabungan anak yang bebas biaya admin dan suku bunganya tinggi supaya Anda lebih mudah memilih tabungan anak terbaik :

Jenis Tabungan AnakBiaya Admin Tabungan AnakSuku Bunga Bank / Nisbah Bank Syariah (max)Minimal Setoran Awal (Rp)Saldo Mengendap (Rp)
Tabungan Junior PaninGratis2.5%50.00050.000
Tabungan BRI Junio
  • Jika usia < 12 tahun = Gratis
  • Jika usia 12-17 tahun = Rp 5.000
1.9%150.00050.000
Tabungan Nobu JuniorGratis1.75%100.00025.000
Tabungan BNI Taplus AnakGratis1.5%100.00010.000
Tabungan Anak CIMB NiagaGratis1.5%100.00050.000
Tabungan BJB My FirstGratis1%50.00020.000
Tabungan Anak Permata Bintang
  • Jika saldo ≥ Rp 50.000 = Gratis
  • Jika saldo < Rp 50.000 = Rp 5.000
1%50.00050.000
Tabungan Simpel Bank MayapadaGratis1%5.0005.000
Tabungan Maybank SuperKidzGratis1%100.00020.000
Tabungan Simpel CIMB NiagaGratis1%5.0005.000
Tabungan Simpel Bank MayapadaGratis1%5.0005.000
Tabungan Junior OCBC NISPGratisRp = 0.3%
USD = 0.2%
SGD = 0.05%
50.000 /
5 USD /
5 SGD
50.000 /
5 USD /
5 SGD
Tabungan Simpel SinarmasGratis0.25%5.0005.000
Tabungan Simpel BCAGratis0%
(dapat reward Rp 50.000 /tahun)
5.0005.000
Tabungan Simpel BNIGratis0%5.0005.000
Tabungan Simpel BRIGratis0%5.0005.000
Tabungan Simpel MandiriGratis0%5.0005.000
Tabungan Simpel CIMB Niaga SyariahGratisNisbah nasabah 20.05%1.0001.000
Tabungan Junior CIMB Niaga iB (Syariah)GratisNisbah nasabah 17.5% (mudharabah)100.00050.000
Tabungan Anak BNI SyariahGratisNisbah nasabah 10%100.00010.000
Tabungan Anak Permata Bintang SyariahGratisNisbah nasabah 3%50.00050.000
Tabungan Simpel BNI SyariahGratisNisbah nasabah 0%1.0001.000

 

Tabungan Anak Terbaik 2018

Tabungan anak terbaik 2018 adalah:

  • Tabungan Junior Panin (Suku bunga 2.5% dan setoran awal Rp 50.000)
  • Tabungan BRI Junio (Suku bunga 1.9% dan dapat asuransi kecelakaan diri)

Baca Juga : Cara membuka Tabungan Gratis Biaya Administrasi

KPR Take Over banner 800px by 173px

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *