Home » Tabungan » Kartu Debit Online Terbaik 2018 untuk Belanja Online Tanpa Kartu Kredit

Kartu Debit Online Terbaik 2018 untuk Belanja Online Tanpa Kartu Kredit

KPR Take Over banner 800px by 173px

Debit online adalah cara pembayaran belanja online pakai kartu debit. Jika dulu cara belanja online mewajibkan pembayaran via kartu kredit (contoh: bayar Airbnb, PayPal), sekarang bayar belanja online bisa menggunakan kartu debit. Metode debit online juga bisa dijadikan cara belanja online luar negeri tanpa kartu kredit.

Sebagai salah satu cara belanja online tanpa kartu kredit, debit online cocok bagi Anda yang tidak suka ‘berhutang’ pada bank (karena tidak berpotensi kena riba). Dana untuk membayar belanja online bisa langsung di-debit dari rekening tabungan, atau bisa di-top-up ke dalam “saldo kartu debit” dari tabungan. Jenis debit online yang paling aman dan praktis digunakan adalah kartu debit virtual dari Jenius BTPN karena tidak terhubung langsung dengan saldo tabungan (tapi terhubung pada wallet yang terpisah).

Untuk memudahkan Anda dalam memahami belanja online dengan kartu debit, artikel kami bagi menjadi beberapa bagian :

  1. Bagian-Bagian Kartu Debit
  2. Jenis Debit Online
  3. Perbandingan Jenis Debit Online
  4. Daftar Bank yang Mengeluarkan Debit Online
  5. Fitur Debit Online
  6. Rekomendasi : Debit Online Terbaik

Bagian-Bagian Kartu Debit

Nomor kartu debit, CVV kartu debit & valid thru adalah bagian kartu debit yang harus Anda ketik saat melakukan pembayaran belanja online dengan kartu debit / debit online. Gambar di bawah menunjukkan bagian-bagian kartu debit tersebut :

Bagian-bagian kartu debit seperti: Nomor kartu debit, Valid thru, Nama pemilik, dan Nomor CVV kartu debit

Keterangan gambar :

a. Nomor kartu debit : 16 digit angka di bagian depan kartu debit.

b. Valid thru : masa berlaku kartu debit yang berada di bagian depan kartu (di bawah no. kartu debit). Setelah tanggal tersebut, kartu debit tidak bisa digunakan lagi.

c. Nama pemilik kartu : Tidak semua kartu menuliskan nama pemiliknya. Info ini terkadang diminta pada situs-situs tertentu (beserta alamat pemilik; biasanya di situs luar negeri), dan terkadang tidak diminta. Jika diminta saat proses pembayaran, tulis nama yang tertera di kartu (tidak perlu nama lengkap)

d. Nomor CVV kartu debit : CVV (Card Verification Value) adalah nomor identifikasi kartu debit. Nomor CVV = CVC (Card Verification Code). Nomor CVV pada kartu jenis MasterCard & Visa adalah 3 digit angka yang tertulis di sisi belakang kartu.

e. Jaringan kartu debit : Logo jaringan berada di pojok kanan bawah bagian depan kartu. Jika Anda memiliki kartu debit MasterCard, maka pembayaran debit online hanya bisa dilakukan di merchant berlogo MasterCard. Jika kartu debit Anda Visa, maka pembayaran debit online hanya bisa dilakukan di merchant berlogo Visa. Biasanya merchant menerima banyak logo sekaligus.

Jenis Debit Online

Ada 3 jenis debit online berdasarkan nomor kartu debit, nomor CVV & valid thru / tanggal kadaluarsa yang dipakai :

1. Debit online dengan menggunakan kartu debit fisik

Nomor kartu debit, nomor CVV, dan valid thru pada kartu debit fisik sifatnya permanen (hingga kartu kadaluarsa) dan bisa untuk bayar belanja online. Dana yang digunakan untuk bayar belanja online berasal dari saldo tabungan karena kartu debit langsung terhubung dengan tabungan (saldo kartu debit = saldo tabungan). Umumnya kartu debit hanya bisa digunakan di merchant dengan teknologi 3D Secure.

2. Debit online dengan menggunakan Virtual Card Number (VCN)

Virtual Card Number (VCN) adalah nomor kartu debit sementara untuk bayar belanja online. Nomor CVV kartu debit & valid thru yang digunakan tidak menggunakan data kartu debit asli / fisik dan nomornya selalu berubah setiap request VCN. Request VCN bisa dilakukan via mobile banking.

Dana untuk belanja online tidak langsung menggunakan saldo tabungan karena VCN tidak terhubung dengan tabungan (saldo VCN tidak sama dengan saldo tabungan). Saat ingin dipakai, saldo VCN harus diisi dengan sistem top-up melalui request VCN. VCN aman digunakan di merchant yang tidak berlogo 3D Secure karena sifatnya yang sementara.

3. Debit online dengan kartu debit virtual

Kartu debit virtual merupakan gabungan dari VCN dan kartu debit fisik. Kartu debit virtual adalah kartu debit yang tidak ada bentuk fisiknya, namun memiliki nomor kartu, nomor CVV, dan valid thru yang selalu sama (tidak seperti VCN yang selalu berubah).

Dana untuk pembayaran online tidak berasal dari saldo tabungan, melainkan berasal dari saldo kartu virtual (semacam online wallet). Kartu virtual tidak langsung terhubung dengan tabungan (saldo kartu virtual tidak sama dengan saldo tabungan), sehingga saldo kartu virtual harus diisi dengan sistem top up. Kartu debit virtual aman digunakan di merchant yang tidak berlogo 3D Secure.

Perbandingan Jenis Debit Online

Jenis Debit OnlineData kartu debit yang dipakai (nomor kartu, VCC, valid thru)Sumber DanaFrekuensi Transaksi per Nomor kartuMasa Berlaku KartuBelanja di merchant non 3D SecurePembayaran Online Rutin
Kartu Debit FisikData kartu debit fisikTabunganUnlimitedmax 10 tahunUmumnya tidak bisa. Jika bisa, tidak disarankanBisa
VCNData sementara yang diperoleh setelah request VCNTop-up1 – 5x. Setelah itu harus request VCN baru4 – 7 hariBisa & keamanan terjaminTidak bisa
Kartu Debit VirtualData kartu debit virtualTop-upUnlimitedmax 10 tahunBisa & keamanan terjaminBisa

 

Kekurangan & Kelebihan Debit Online

Jenis Debit OnlineKelebihanKekurangan
VCN
  • Aman digunakan di merchant yang tidak 3D-Secure
  • Mudah menentukan limit transaksi karena menggunakan sistem top-up
  • Tidak praktis karena setiap akan transaksi harus meminta / request nomor virtual
  • Hanya untuk beberapa kali (penggunaan terbatas)
  • Tidak bisa untuk pembayaran online rutin karena nomor kartu selalu berubah.
    • Contoh : Bayar Tagihan PLN bulanan
Kartu Debit
  • Praktis, tidak perlu meminta nomor virtual setiap akan transaksi online karena menggunakan nomor kartu di kartu debit fisik
  • Bisa digunakan untuk transaksi online rutin karena nomor kartu debit selalu sama
  • Umumnya hanya bisa digunakan di merchant 3D Secure
Kartu Virtual
  • Praktis, karena setiap kali akan transaksi tidak perlu meminta nomor kartu
  • Bisa untuk pembayaran online rutin Limit transaksi bisa ditentukan karena saldo kartu harus di-top-up
  • Harus melakukan top-up sebelum transaksi jika saldo di kartu virtual tidak cukup

Kartu Debit untuk Belanja Online & Bank Penerbitnya

Nama BankJenis Debit Online
BNIBNI Debit Online (VCN)
BNI SyariahBNI Syariah Debit Online (VCN)
BRIBRI Debit Online (kartu debit)
BTNBTN Debit Online (kartu debit)
BTPN Jeniuse-Card Jenius (kartu virtual & kartu debit)
Bank CIMB NiagaCIMB Debit Online (VCN & kartu debit)
Bank CIMB Niaga SyariahCIMB Debit Online Syariah (VCN & kartu debit)
CitibankCitibank Debit Online (kartu debit)
DBS DigibankDBS Debit Online (kartu debit)
Bank MandiriMandiri Debit Online (kartu debit)
Bank MegaMega Pass Debit Online (kartu debit)
Bank PermataPermata Debit Online (kartu debit)
Bank Permata SyariahPermata Syariah Debit Online (kartu debit)

 

Fitur Debit Online

Debit online di setiap bank memiliki fitur, cara daftar, dan cara penggunaan yang berbeda. Pahami setiap fitur debit online sebelum menggunakannya.

1. BNI Debit Online & BNI Syariah Debit Online

Nomor kartu debit,valid thru, dan VCC yang tercetak di kartu debit BNI tidak bisa digunakan untuk transaksi online. Sebagai penggantinya, BNI memberikan fitur VCN (Virtual Card Number).

BNI debit online & Syariah BNI debit online adalah cara pembayaran di e-commerce yang menggunakan VCN dari BNI. VCN BNI hanya bisa untuk 1 kali transaksi dan berlaku selama 7 hari. Debit online BNI hanya valid untuk nasabah pemegang kartu debit BNI MasterCard atau kartu debit BNI Syariah MasterCard.

Cara menggunakan debit online BNI adalah dengan memasukkan nomor kartu debit virtual, no. CVC2 & valid thru di laman pembayaran online merchant MasterCard. Cara debit online BNI / BNI Syariah Debit Online :

  1. Daftar SMS banking BNI / daftar mobile banking BNI di kantor cabang BNI
  2. Request VCN BNI dengan 2 cara :
    • SMS banking BNI: Kirim SMS ke 3346 dengan format “REQ VCN (nominal VCN)”
    • Mobile banking BNI:
    • Login mobile banking BNI > Klik Produk & Jasa Lainnya > Klik BNI debit online
    • Pilih rekening debit > Masukkan nominal debit online / VCN
    • Masukkan password transaksi > Klik Lanjut
  3. Setelah request VCN, Anda akan mendapat :
    • 16 digit VCN BNI / no. kartu debit BNI sementara
    • 3 digit no. CVC2 / CVV kartu debit sementara
    • Valid thru sementara

Jumlah uang yang di-debit dari rekening = jumlah riil yang dibayarkan, bukan nominal saat request VCN. Jadi ketika membeli barang dengan kurs asing, Anda bisa melebihkan nominal debit online saat request VCN karena nilai tukarnya fluktuatif (bisa berubah setiap saat).

Baca Juga : Cara Buka Tabungan BNI

2. BRI Debit Online

Debit online BRI adalah cara bayar belanja online dengan kartu debit BRI. Nomor kartu debit, CVV debit card, dan valid thru kartu debit BRI (fisik) bisa digunakan untuk bayar belanja online di merchant berlogo 3D secure by MasterCard. Syarat dan cara mengaktifkan debit online BRI :

  1. Nasabah memiliki kartu debit BRI MasterCard
  2. Nasabah telah terdaftar di internet banking BRI finansial

Saat bertransaksi di merchant 3D secure by MasterCard, Anda akan menerima SMS berisi OTP yang harus dimasukkan ke laman pembayaran. SMS akan dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar di internet banking BRI. Setelah OTP dimasukkan, transaksi dengan kartu debit BRI untuk belanja online baru bisa diproses.

Baca Juga : Cara Buka Tabungan BRI

3. BTN Debit Online

Kartu debit BTN bisa digunakan untuk bayar belanja online di merchant dengan teknologi 3D Secure Verified by Visa (VbV). Cara daftar Debit online BTN :

  1. Datangi ATM BTN terdekatMasukkan kartu debit BTN ke mesin ATM > Masukkan PIN
  2. Klik Transaksi Lainnya > Klik Registrasi e-Channel > Klik Debit Online BTN
  3. Masukkan nomor HP
  4. Registrasi selesai > Debit online BTN bisa digunakan setelah 1 x 24 jam

Pendaftaran hanya perlu dilakukan 1x. Saat melakukan pembayaran untuk belanja online di merchant VbV, Anda akan menerima SMS berisi kode OTP (one time password) yang harus dimasukkan ke laman pembayaran online. Kode OTP akan dikirimkan ke nomor HP yang didaftarkan saat registrasi debit online BTN di ATM.

4. Jenius Debit Online

Tabungan Jenius BTPN memiliki 3 kartu debit, yaitu kartu debit utama m-Card Jenius, kartu debit tambahan  x-Card Jenius, dan kartu virtual e-Card Jenius. Kartu m-Card & x-Card Jenius berbentuk kartu debit fisik. Sedangkan kartu virtual e-Card Jenius tidak ada bentuk fisiknya dan hanya bisa diakses di apikasi Jenius. Semua jenis Jenius Card bisa langsung digunakan untuk untuk transaksi online setelah Anda buka tabungan Jenius (tidak perlu registrasi debit online). Tetapi, pihak bank Jenius menyarankan untuk menggunakan e-Card Jenius untuk belanja online karena e-Card benar-benar dikhususkan untuk transaksi online. Saldo di kartu virtual Jenius (e-Card) tidak akan tercampur dengan saldo lainnya seperti saldo untuk belanja di mesin EDC atau saldo untuk tarik tunai.

a) e-Card Jenius

Cara menggunakan e-Card Jenius :

  1. Buka aplikasi Jenius > Login
  2. Klik menu Card Center > Klik e-Card
  3. No. kartu debit online Jenius e-Card & valid thru bisa langsung dilihat di kartu virtual > Klik Lihat Kode CVV untuk melihat CVV Jenius
  4. Klik Top Up untuk mengisi saldo e-Card Jenius debit dari saldo aktif Jenius > Klik Jenius e-Card > Klik Lanjut
  5. Masukkan nominal yang akan di-top-up > Klik Konfirmasi
  6. Kartu virtual Jenius e-Card sudah bisa dipakai. Jika saldo e-Card masih tersisa, bisa di-refund ke m-Card dengan cara :
    • Klik menu Card Center > Klik e-Card Jenius
    • Klik simbol tiga titik di kanan e-Card Jenius > Klik refund

e-Card Jenius bisa digunakan untuk transaksi di merchant yang 3D Secure Verified by Visa maupun tidak 3D Secure. Saat bertransaksi di merchant dengan 3D secure, Anda akan menerima SMS berisi OTP yang harus dimasukkan ke laman pembayaran. SMS akan dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar di Jenius.

b) m-Card Jenius & x-Card Jenius

Nomor kartu debit yang tertera pada kartu debit m-Card & x-Card Jenius bisa langsung digunakan untuk transaksi online di merchant yang 3D Secure Verified by Visa maupun yang tidak 3D Secure. Saat transaksi di e-commerce 3D Secure, masukkan nomor kartu debit, valid thru, dan VCC yang tercetak di kartu debit m-Card ke laman pembayaran dengan kartu debit. Setelah itu Anda akan menerima SMS OTP dari Jenius yang harus dimasukkan ke laman pembayaran e-commerce. SMS OTP dikirim ke nomor HP Anda yang terdaftar di Jenius.

5. Debit Online CIMB Niaga & Debit Online CIMB Niaga Syariah

Bank CIMB Niaga & Bank CIMB Niaga Syariah menyediakan 2 fitur debit online, yaitu VCN & kartu debit CIMB (fisik). VCN CIMB & VCN CIMB Syariah bisa didapatkan melalui CIMB Clicks, sedangkan debit online CIMB Niaga & CIMB Syariah bisa digunakan setelah nomor HP di-daftarkan di 3D Secure Mastercard.

a) VCN CIMB & VCN CIMB Syariah

VCN CIMB adalah nomor kartu debit virtual CIMB yang valid untuk 5 kali transaksi online dan berlaku 4 hari. VCN CIMB bisa digunakan untuk bertransaksi di merchant berlogo MasterCard. Cara mendapatkan VCN CIMB :

  1. Login ke akun CIMB Clicks di www.cimbclicks.co.id
  2. Klik Isi Ulang Prabayar > Pilih rekening debit > Pilih Virtual Card Number di jenis pembelian
  3. Nasabah akan mendapat no. kartu debit virtual, no. CVC2, dan valid thru sementara. No. CVC2 juga akan di-SMS ke nomor HP yang terdaftar di CIMB Clicks. Penerimaan SMS ini dikenai biaya SMS sesuai operator (potong langsung dari pulsa Anda)

b) Kartu Debit CIMB Niaga & Kartu Debit CIMB Niaga Syariah

Kartu debit CIMB Niaga & kartu debit CIMB Niaga Syariah (fisik) bisa digunakan sebagai debit online di merchant yang sudah menggunakan 3D Secure MasterCard. Cara daftar debit online CIMB Niaga:

  1. Datangi ATM CIMB Niaga
  2. Masukkan kartu debit CIMB > Masukkan password
  3. Klik Branchless Banking > Klik Registrasi > Klik e-Commerce
  4. Masukkan nomor HP > Klik Ok > Debit online CIMB bisa digunakan mulai hari berikutnya jam 08:00

Setelah memasukkan data kartu debit fisik di pembayaran belanja online, Anda harus memasukkan kode OTP yang akan dikirim CIMB via SMS ke nomor HP yang dipakai untuk registrasi debit online CIMB Niaga,

6. Citibank Debit Online

Debit online Citibank adalah cara belanja online dengan kartu debit Citibank dengan menggunakan nomor kartu debit, nomor CVV kartu debit, dan valid thru kartu debit Citibank fisik. Citibank debit online hanya bisa digunakan di merchant 3D Secure MasterCard.

Saat melakukan pembayaran belanja online dengan kartu debit Citibank, Anda akan mendapat SMS berisi kode OTP yang harus dimasukkan ke laman pembayaran online. SMS OTP akan dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar di database Citibank. Pastikan nomor HP yang terdaftar di Citibank masih aktif. Jika Anda lupa nomor HP mana yang terdaftar di Citibank, hubungi Call center Citibank (6999 / 021-2529999 / 30009999) atau login Citibank Online.

7. Debit Online DBS Digibank

Kartu debit Digibank Visa bisa langsung digunakan sebagai debit online untuk transaksi online di merchant yang sudah 3D Secure Verified by Visa (VbV). Saat bayar belanja online, Anda diminta untuk memasukkan kode OTP supaya transaksi bisa diproses. OTP tersebut akan dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar di sistem Bank DBS Indonesia. Hubungi Call center DBS (1500237) jika Anda lupa nomor HP mana yang terdaftar.

8. Mandiri Debit Online

Kartu debit Mandiri bisa digunakan untuk pembayaran belanja online di merchant yang sudah 3D Secure Verified by Visa (VbV). Kartu debit Mandiri untuk belanja online bisa diaktifkan di kantor cabang bank Mandiri dengan membawa :

  • KTP
  • Kartu debit Mandiri
  • Buku tabungan Mandiri
  • Nomor HP yang akan didaftarkan

Cara transaksi online dengan kartu debit Mandiri adalah dengan memasukkan nomor kartu debit, valid thru dan CVV kartu debit Mandiri. Saat melakukan pembayaran belanja online, Anda harus memasukkan kode OTP supaya transaksi dengan debit online Mandiri bisa diproses. OTP akan dikirim melalui SMS ke nomor HP Anda tulis saat mendaftar Mandiri debit online.

Baca Juga : Cara Buka Tabungan Mandiri

9. Mega Pass Debit Online

Mega Pass adalah kartu debit belanja online dari bank Mega yang bisa digunakan untuk transaksi online di merchant yang sudah berlogo 3D Secure Verified by Visa (VbV). Nomor Kartu debit bank Mega, CVV kartu debit, dan valid thru kartu Mega Pass bisa langsung digunakan untuk transaksi online setelah registrasi Mega Mobile.

Setelah memasukkan data kartu debit bank Mega untuk bayar belanja online di merchant VbV, Anda akan menerima SMS berisi kode OTP yang harus dimasukkan ke laman pembayaran belanja online. Kode OTP akan dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar di Mega Mobile.

10. Permata Debit Online & Debit Online Permata Syariah

Kartu Permata Debit Plus & Kartu Permata Syariah Debit Plus merupakan kartu debit yang bisa belanja online dari Bank Permata. Kartu debit Permata bisa dipakai di merchant berlogo 3D Secure Verified by Visa (VbV).

Nomor kartu debit Permata, CVV kartu debit, dan valid thru kartu Permata Debit Plus / Permata Syariah Debit Plus bisa digunakan untuk transaksi online dengan syarat nomor HP Anda harus terdaftar di database Permata Bank. Untuk mengecek nomor HP yang terdaftar di bank Permata, hubungi Call center Permata bank (1500111).

Saat bayar belanja online di merchant VbV, Anda akan menerima kode OTP melalui SMS yang dikirim ke nomor HP yang terdaftar di Bank Permata. Masukkan Kode OTP tersebut ke laman pembayaran belanja online Jika masih menggunakan kartu Permata debit magnetic stripe (teknologi lama), Anda harus segera menukarnya dengan kartu Permata Debit Plus yang berteknologi chip supaya bisa menggunakan fitur kartu debit online.

Debit Online Terbaik

Jika Anda sering belanja online di merchant yang belum 3D Secure maupun yang sudah 3D Secure, lebih baik pilih jenis debit online berikut :

  • e-Card Jenius BTPN
    • e-Card Jenius tidak terhubung langsung dengan tabungan sehingga saldo tabungan Anda aman walaupun kartu debit dipakai bertransaksi di merchant yang tidak 3D Secure. Kartu Jenius ini juga bisa dipakai transaksi online yang sifatnya rutin seperti bayar tagihan langganan TV Kabel.
  • VCN CIMB Niaga & kartu debit CIMB Niaga
    • VCN CIMB Niaga merupakan nomor kartu debit sementara yang tidak terhubung dengan tabungan (seperti e-Card Jenius) sehingga aman untuk bertransaksi di merchant yang tidak 3D Secure. Jika ingin transaksi online yang berkala seperti bayar tagihan listrik PLN bisa gunakan kartu debit CIMB Niaga.

Alternatif Debit Online

  • Jika Anda suka promo (diskon / cashback / cicilan 0%) saat belanja online, sebaiknya ajukan kartu kredit (contoh : kartu kredit CIMB Niaga)
  • Jika bank tempat rekening tabungan Anda tidak memiliki layanan debit online (contoh : bank BCA), kami sarankan untuk membuat kredit (contoh : kartu kredit BCA).

Baca Juga : Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

KPR Take Over banner 800px by 173px

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *