Home » Pulsa » Cara Pakai Kuota VideoMax (tanpa menggunakan Kuota Internet)

Cara Pakai Kuota VideoMax (tanpa menggunakan Kuota Internet)

KPR Take Over banner 800px by 173px

Pakai VideoMax Telkomsel, tapi Kuota reguler terpakai?

Banyak pelanggan Telkomsel yang mengeluh karena kuota internet regulernya berkurang saat digunakan nonton film / TV di HOOQ dan VIU, padahal sisa kuota VideoMax lebih dari 1GB.

Aktivitas nonton Hooq, Viu, CatchPlay, Nickelodeon, dan SuperSoccer TV pakai VideoMax terbagi 3 tahap:

1. Login ke App Hooq dll.: Tidak bisa pakai kuota VideoMax

2. Browsing + pilih film di App: Tidak bisa pakai kuota VideoMax

3. Nonton / streaming film: Bisa pakai kuota VideoMax

Kesimpulan:

– Untuk menggunakan kuota VideoMax, Anda harus mempunyai kuota internet reguler Telkomsel yang dipakai untuk login ke aplikasi HOOQ / VIU dan pilih film.

– Kuota reguler pasti terpotong saat masuk ke dalam aplikasi HOOQ / VIU untuk mencari film dan drama. Saat Anda streaming film, barulah kuota VideoMax yang otomatis terpakai.

Penyebab lain dari terpotongnya kuota reguler Anda saat streaming HOOQ / VIU biasanya ada 2:

1. Tidak menggunakan nomor HP Telkomsel saat daftar HOOQ / VIU / CatchPlay.

Khusus untuk HOOQ, pelanggan wajib mendaftarkan akun dengan cara menggunakan nomor telepon Telkomsel yg akan diisi kuota VideoMax (untuk kolom username).

2. Sisa kuota VideoMax < ukuran Film.

 

Bisakah Login HOOQ / VIU via WiFi, lalu streaming film menggunakan kuota VideoMax?

Tidak bisa.

Misalkan Anda masuk ke App HOOQ / VIU menggunakan WiFi, pilih film, lalu nonton pakai WiFi. Saat Anda pindah jaringan dari WiFI ke mobile data, Anda akan otomatis keluar dari App HOOQ / VIU. Untuk kembali nonton, Anda perlu masuk ke layar “pilih film” lagi yang notabene butuh kuota internet Telkomsel reguler.

Plus Minus VideoMax pakai kuota MB/GB

Kelemahan lain VideoMax Telkomsel adalah tidak tertebaknya besar kuota HOOQ dan VIU yang akan dipakai untuk nonton suatu film atau serial drama. Jika anda nonton film di bioskop 21 atau XXI, setelah bayar tiket, Anda dijamin bisa nonton film sampai selesai, tanpa biaya ekstra setelah nonton. Hal ini tidak dijamin dalam skenario nonton streaming di Telkomsel VideoMax.

Misal: Setelah nonton Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) di HOOQ, sisa kuota VideoMax anda = 200MB dan anda ingin nonton film Lord of the Rings 1 (The Fellowship of the Ring) di CatchPlay berdurasi 2 jam 58 menit.

a. Kemungkinan besar kuota 200MB tidak akan cukup, dan kuota internet reguler Telkomsel Anda akan terpotong jika Anda pakai koneksi mobile untuk nonton. Bahkan, bisa jadi pulsa Anda juga dipotong karena kuota reguler tidak cukup.

b. Tapi jika sisa kuota VideoMax 200MB tidak digunakan streaming HOOQ / VIU, akan mubazir. Cara memanfaatkan kuota minim tersebut = pakai sampai habis, lalu Top Up dengan cara membeli kuota extra VideoMax.

Kelebihan tipe kuota VideoMax berisi jumlah MB/GB dibandingkan tipe kuota berisi jumlah film adalah lebih fleksibel jika Anda batal nonton suatu film / drama. Pada tipe kuota (misal) 3 movie/film, jika setelah nonton 10 menit anda tidak suka dan membatalkan, maka kuota anda terpakai 1 (sisa 2). Pada tipe kuota MB/GB seperti VideoMax HOOQ dan VIU, kuota Anda mungkin hanya terpotong 50MB.

 

Cara Menggunakan Kuota VideoMax

Cara pakai kuota VideoMax Telkomsel untuk streaming film / drama adalah :

1. Pilih paket VideoMax Telkomsel termurah, lalu beli / daftar

Setelah pembelian berhasil, Telkomsel akan kirim SMS berisi link untuk download App HOOQ, VIU, SuperSoccer, atau CatchPlay

2. Install App tersebut di HP

3. Registrasi akun baru HOOQ / VIU / CatchPlay / SuperSoccer:

a) Akun HOOQ: User Name = nomor HP Telkomsel yang berisi kuota VideoMax.

b) Akun VIU: Cara daftar = bebas (bisa menggunakan Email / akun Google / Facebook)

c) Akun CatchPlay: Cara daftar = bebas

4. Cek sisa kuota Telkomsel:

a. Cek sisa kuota VideoMax Telkomsel untuk memastikan akan cukup buat nonton film / serial TV

b. Cek sisa kuota internet Telkomsel reguler supaya jika kuota berkurang, Anda bisa tau, dan punya bukti screenshot saat melaporkan keluhan ke Telkomsel

5. Gunakan kuota VideoMax (nonton HOOQ / VIU / CatchPlay / SuperSoccer)

Lima langkah di atas secara otomatis akan mengaktifkan kuota VideoMax Telkomsel anda. Cara menggunakan kuota VideoMax simPATI sama dengan pemakaian pada kartu perdana kartu As dan Simpati Loop.

Ada beberapa situs yang bilang bahwa setelah membeli paket VideoMax, anda perlu langkah ekstra untuk mengaktifkan HOOQ / VIU di Telkomsel. Cara mengaktifkan kuota VideoMax itu adalah tekan kode UMB *123# (supaya kuota yang terpotong = kuota VideoMax, bukan kuota reguler). Ini aneh, dan eksperimen kami tidak menemukan pilihan tersebut di opsi UMB Telkomsel. Bisa jadi langkah tersebut pernah diwajibkan Telkomsel, tapi sudah di-stop.

Jika anda butuh petunjuk yang lebih lengkap, kami menjabarkan cara mengaktifkan kuota HOOQ / VIU / CatchPlay di bawah.

 

Cara Menggunakan Kuota HOOQ Telkomsel

Cara pakai kuota HOOQ Telkomsel adalah:

1. Pilih paket VideoMax Telkomsel termurah, lalu beli / daftar via kode USSD *363# / MyTelkomsel.

Setelah berhasil beli kuota, Telkomsel akan kirim SMS berisi link untuk download App HOOQ / VIU. Jika link yang dikirim = untuk VIU, gunakan link ini: https://on.HOOQ.tv/mCrq/C7gd0jbDBH

3. Klik link di atas:

a. Untuk download aplikasi HOOQ. Jika HP = Android, link akan mengarahkan anda ke Google Play. Jika HP = merk Apple, anda akan dibawa ke iTunes. Lalu install App di HP

b. Jika HP anda sudah berisi HOOQ App, link di atas akan mengarahkan anda ke aplikasi HOOQ.

4. Registrasi akun baru HOOQ, dengan User Name = nomor HP Telkomsel yang berisi kuota VideoMax.

5. Telkomsel akan kirim SMS ke anda berisi OTP (password). Masukkan OTP di bagian password. Jika tidak ada SMS berisi OTP yang masuk setelah menunggu 1 menit, klik “Saya tidak menerima OTP”.

6. Jika OTP yang dimasukkan benar, anda akan diarahkan ke halaman utama dan diminta untuk mengisi alamat email anda.

7. Registrasi sukses! Anda bisa mulai memilih film (menggunakan kuota reguler), lalu otomatis akan menggunakan kuota VideoMax untuk streaming film dan drama Indonesia, Hollywood, dll. dari aplikasi HOOQ.

 

Cara Menggunakan Kuota VIU Telkomsel

Cara pakai kuota VIU Telkomsel adalah:

1. Pilih paket VideoMax Telkomsel termurah, lalu beli di toko online / daftar pakai kode USSD:

Kartu simPATI : *363#

Kartu As : *100# atau *363#

Kartu Loop : *123# atau *363# atau *567#

Kartu Halo : kunjungi GraPARI terdekat

2. Setelah berhasil daftar kuota, Telkomsel akan kirim SMS berisi link untuk download App Viu / Hooq. Jika link yang dikirim = untuk HOOQ, gunakan link ini: tsel.me/viuSMS

3. Klik link di atas:

– Untuk download aplikasi Viu. Link akan mengarahkan anda ke halaman download di Google Play Store / iTunes (sesuai jenis HP anda). Install App di HP setelah download selesai.

– Jika HP anda sudah berisi Viu App, link di atas akan membawa anda ke aplikasi Viu.

4. Jika saat ini anda mengakses VIU menggunakan jaringan mobile Telkomsel, anda akan menerima SMS dari Telkomsel berisi OTP (password).

Jika anda mengakses VIU melalui jaringan lain / WiFi, anda tidak akan menerima SMS ini.

5. Registrasi akun VIU, menggunakan 3 opsi metode (sama saja) :

– Email

– Google

– Facebook

6. Registrasi sukses! Anda bisa mulai memilih film / drama menggunakan kuota reguler, lalu gunakan kuota VideoMax untuk nonton film dan drama Korea, Asia, Indonesia tersebut dari aplikasi VIU.

VIU akan menawarkan beberapa jenis paket Premium dari Rp 30 ribu s.d. 180 ribu. Jangan beli. Tekan tombol x di pojok kanan atas untuk skip, sebab pelanggan Telkomsel bisa menggunakan VIU Premium gratis sampai 31 Mei 2018.

 

Cara Menggunakan Kuota CatchPlay Telkomsel

Cara pakai kuota CatchPlay Telkomsel adalah:

1. Pilih paket VideoMax CatchPlay Telkomsel termurah, lalu beli / daftar via kode USSD *363# / MyTelkomsel.

Setelah berhasil daftar kuota, Telkomsel akan kirim SMS berisi link untuk download App HOOQ / VIU. Hiraukan link itu, sebab tidak relevan untuk CatchPlay.

2. Gunakan link berikut untuk download aplikasi CatchPlay:

Download CatchPlay untuk HP Android

Download CatchPlay untuk iPhone / Gadget iOS

3. Install App di HP setelah selesai download.

4. Registrasi akun VIU pakai 2 opsi cara yaitu: nomor HP / akun Facebook (sama saja).

Jika anda memilih cara Facebook, CatchPlay akan mencoba untuk posting di wall Facebook anda “(nama anak) just joined CATCHPLAY On Demand and can now watch one free..”. Jika anda tidak suka, anda bisa tekan tombol BACK untuk mencegah ini, sebab ini tidak wajib.

5. Registrasi sukses! Anda bisa mulai memilih film menggunakan kuota reguler, lalu pakai kuota VideoMax untuk streaming film dan drama Hollywood dari aplikasi CatchPlay.

 

Baca juga: Paket internet Telkomsel termurah

KPR Take Over banner 800px by 173px

12 comments

  1. Ariev leonalchy says:

    Terima kasih min, infonya sangat bermanfaat, punya kuota video max tp gtw buat apa, dan skrg sudah tau berkat blog ini, izin share

    • Ardha says:

      Cara pakai Quota Video Max mudah sekali, tinggal Download Hooq, lalu daftar memakai nomor yg ada quota vmax nya,, lalu lengkapi profile, jika kurang jelas, WA sy : 082235679223

  2. Windra says:

    Halah ribetnya minta ampun, berbagai cara nyari tutorial penggunaan videomax gk dapat2, malah pusing bacanya…katanya download aplikasi ini, setelah download dan streaming ehh malah kuota reguler yg habis, kuota videomax tetap normal. Hapus ajalah videomax nya pak alihkan ke 3G/4G kek… biar gk kecewa pelanggan TELKOMSEL
    Kan sayang beli kuota gak dipakai

  3. dea pramuji says:

    ribet, tetep aja aye kaga ngerti cara pake nya.. tolong lah dipermudah.. lbih baik dksi bonus tuh kalo video y video kalo Internet ya internet… jngn kuota internet disikat buat video.. ksihan orang awam kyk ane kaga ngrti bung

  4. chatty says:

    Pak..sy mau nanya, saya sudah beli paket premium viu yg 30 rb/bln, tapi kenapa ya..pulsa internet saya tetap kepotong? Teimakasih sebelumnya atas penjelasan bpk

  5. Allanona25 says:

    Mas mau tanya, aku kan beli paket internet telkomsel yg ada bonus videomax 10GB. ud donlot aplikasi viu dan registrasi email tp kok tiap nonton viu yg kepotong kuota reguler nya yah?? Waktu registrasi viu cm diminta masukin email aja ga ada masukin nomor telkomsel nya. Kira2 itu knp ya?? Atau mesti telp call center??

    • Juleha says:

      sy pengalaman spt ini bahkan sudah bbrp kali komplain ke call center namun ya gt jwbnya dibuakan laporan namun sm dg skrg nihil tuh tetap ja tu dftr viu lg pke email yg sama ga bisa moso kudu bnyk email pdhl udh ambl paketan yg viu.udh emai jg dg viu namun ya gt pihak viu jwb sy hbgi telkomsel bgtupun sebalinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *