Home » Artikel KPR » Kredit Rumah Murah? Pahami Lebih Dalam

Kredit Rumah Murah? Pahami Lebih Dalam

KPR Take Over banner 800px by 173px

Saat anda mencari kredit rumah murah dari bank (dari bank konvensional, bukan bank syariah), anda akan membandingkan paling tidak penawaran KPR dari 2 bank, misalnya bank X dan bank Y. Saat membandingkannya, perhatian anda akan tertuju pada berapa besar cicilan yang perlu anda bayar. Mungkin anda akan dihadapi pada situasi besar cicilan kredit rumah seperti di bawah ini:

  • Bank X menawarkan cicilan kredit rumah sebesar Rp 3,8 juta/bulan
  • Sedangkan Bank Y memberikan cicilan kredit rumah Rp 4,2 juta/bulan

Secara sekilas, bank X memberikan kredit rumah lebih murah dibandingkan dengan bank Y. Jawaban singkatnya, belum tentu. Bisa jadi cicilan di bank X sangat rendah untuk 1 tahun pertama, dan untuk tahun kedua dan seterusnya, cicilan di bank X bisa naik 10%-20%.

Oleh karena itu, di dalam perjalanan anda mencari kredit rumah murah yang pas untuk kantong anda, anda harus melihat hal-hal yang lain selain cicilan per bulan. Artikel ini akan menolong anda untuk memperhatikan faktor-faktor itu.

1. Cicilan sewaktu masa promosi

Selain dari besar plafon kpr dan masa pinjaman, cicilan anda akan tergantung dari besar bunga yang bank berikan. Bank konvensional (bukan bank syariah) biasanya memberikan anda bunga tetap (fixed interest) selama masa promosi antara 1 sampai 5 tahun.

Bunga tetap tidak akan berubah selama masa promosi dan besarnya pun relatif rendah. Oleh karena itu, cicilan yang anda bayarkan selama masa promosi akan sama terus setiap bulan.

Karena besarnya nilai cicilan selama masa promosi relatif rendah, nilai cicilan inilah yang dipromosikan para bank kepada calon nasabah. Harga cicilan yang rendah akan memincut hati nasabah karena kesannya bank memberikan kredit rumah murah.

 

2. Cicilan Setelah Masa Promosi Selesai

Setelah masa promosi berakhir, anda akan dikenakan bunga berubah (floating interest). Biasanya bunga berubah akan lebih tinggi dibanding dengan bunga tetap. Perubahan suku bunga ini akan menyebabkan cicilan anda berubah juga.

Berdasarkan data yang kami miliki, bunga kpr terendah pada saat ini adalah 8,8% untuk masa promosi 1 tahun dengan bunga berubah (floating interest) sebesar 13,5%. Jadi, sebagai contoh, jika anda mengambil kredit rumah (KPR) sebesar 300 juta selama 15 tahun, maka:

  • Cicilan masa promosi (1 tahun) = 3,02 juta / bulan
  • Cicilan sehabis masa promosi = 3,85 juta / bulan

Oleh karena itu, sebelum anda mengambil cicilan dari suatu bank yang anda anggap memberikan kredit rumah murah, sebaiknya anda bertanya kepada mereka, “Berapa besar cicilan yang harus saya bayar setelah masa promosi?”

3. Penalti

Salah satu hal yang perlu anda pertimbangkan dalam mencari kredit rumah murah adalah, penalti untuk pembayaran awal. Ini penting untuk menghitung besar denda yang harus anda bayar kalau anda ingin melunasi KPR sebelum masa pinjaman selesai. Atau juga untuk mengantisipasi jika anda akan berpindah bank setelah masa promosi selesai (karena setelah 1-5 tahun, siapa tahu bunga kredit dari bank lain sudah lebih rendah).

Ini daftar pertanyaan yang bisa anda tanyakan ke pihak marketing bank mengenai penalti pembayaran awal:

  1. Berapa tahun sebelum saya saya bisa melunasi KPR? biasanya setelah masa promosi selesai, atau 1-2 tahun setelah masa promosi.
  2. Berapa penalti nya? biasa-nya antara 0.5% – 2%

Akhirnya, Tentukan “Kredit Rumah Murah”

Nah, semoga tulisan di atas mampu membantu anda menemukan kredit rumah murah atau mungkin bahasa yang paling tepat adalah kredit rumah yang paling cocok dengan keadaan keuangan anda.

Selamat mencari kredit rumah.

KPR Take Over banner 800px by 173px