Home » Tabungan » Tabungan Tanpa Biaya Administrasi Terbaik 2018

Tabel perbandingan tabungan yang benar2 bebas biaya bulanan & tanpa biaya administrasi 2018

Tabungan Tanpa Biaya Administrasi Terbaik 2018

KPR Take Over banner 800px by 173px

Tabungan tanpa biaya administrasi banyak dicari karena lebih murah untuk jangka panjang, terutama jika nasabah tidak butuh fitur tertentu dari bank. Biaya administrasi bank umumnya berkisar antara Rp 0 – Rp 20.000 per bulan, tapi ada juga yang mencapai Rp 200.000 per bulan (Standard Chartered Bank).

Banyak penabung yang saldonya berkurang setiap bulan akibat biaya administrasi yang lebih tinggi dibandingkan pemasukan dari bunga tabungan. Riset kami menemukan jenis tabungan yang butuh saldo hampir 24 juta rupiah supaya bisa menutupi biaya admin bank (Taplus BNI).

Biaya administrasi bank adalah biaya yang dipotong dari tabungan nasabah setiap bulan untuk membiayai pemeliharaan rekening tersebut & pengembangan fasilitas.

Tabungan yang benar2 bebas biaya bulanan berpotensi meningkatkan minat menabung. Sebab itu, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) bersama bank-bank di Indonesia mengeluarkan TabunganKu dan Tabungan Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif). Selain TabunganKu dan Laku Pandai, ada banyak tabungan perorangan lain yang bebas biaya admin dari berbagai bank.

Jenis Tabungan Bebas Biaya Admin

1. TabunganKu

TabunganKu adalah tabungan tanpa biaya administrasi untuk perorangan. TabunganKu dikeluarkan oleh bank-bank di Indonesia untuk mewujudkan program Gerakan Indonesia Menabung dari OJK. Adanya tabungan tanpa biaya administrasi diharapkan bisa mendorong warga Indonesia untuk menabung dan bergabung ke dalam sistem finansial nasional. TabunganKu dapat dibuka di berbagai bank di Indonesia. Contoh:

  • TabunganKu BCA
  • TabunganKu BNI
  • TabunganKu BRI
  • TabunganKu CIMB Niaga
  • TabunganKu Mandiri, dll.

2. TabunganKu Syariah

TabunganKu Syariah adalah tabungan tanpa biaya administrasi untuk perorangan dengan prinsip syariah wadiah (titipan). TabunganKu syariah bisa dibuka di berbagai bank syariah di Indonesia. Contoh:

  • TabunganKu Hasanah BNI Syariah
  • TabunganKu CIMB Niaga Syariah
  • TabunganKu Syariah BTN, dll.

3. Laku Pandai

Tabungan Laku Pandai adalah tabungan yang bebas biaya admin yang transaksinya bisa dilakukan melalui Agen Laku Pandai maupun di bank. Pembukaan rekening tabungan Laku Pandai, setor tunai, dan tarik tunai dapat dilakukan di kantor bank & Agen Laku Pandai.

Agen Laku Pandai adalah pihak ketiga yang menyediakan layanan keuangan di tempat yang jauh dari kantor bank sehingga memudahkan transaksi (perpanjangan tangan bank). Laku Pandai merupakan program branchless banking dari OJK untuk menjangkau warga Indonesia yang tinggal jauh dari kota agar bisa mendapat layanan perbankan dengan mudah. Laku Pandai dikeluarkan oleh berbagai bank di Indonesia. Contoh:

  • BNI Pandai
  • Laku Pandai BCA, dll.

4. Flexi Saver Jenius BTPN

Flexi Saver Jenius adalah tabungan yang benar2 bebas biaya bulanan tapi berbunga tinggi 5% per tahun. Tabungan Jenius juga bebas biaya pembukaan & penutupan rekening, biaya kartu, biaya saldo di bawah minimum, serta bebas biaya transaksi / transfer ke bank lain (25 kali /bulan). Sebab ini, tabungan Jenius BTPN cocok untuk menyimpan mayoritas dana cash Anda maupun untuk transaksi sehari-hari.

5. CIMB Niaga Hypermart Saver

Tabungan CIMB Niaga Hypermart Saver adalah tabungan CIMB Niaga bebas biaya administrasi yang bisa mendapat cashback hingga 15% jika Kartu Debit CIMB Niaga Hypermart Saver-nya digunakan belanja di Hypermart atau Foodmart.

6. CIMB Niaga Air Asia Saver

Tabungan CIMB Niaga Air Asia Saver adalah tabungan CIMB Niaga bebas biaya administrasi yang bisa mendapat cashback hingga 10% jika Kartu Debit CIMB Niaga Air Asia Saver-nya dipakai membeli tiket online di AirAsia.com di saat promo.

7. Tabungan Faedah BRI

Tabungan Faedah BRI adalah Tabungan BRI yang bebas biaya bulanan. Tabungan ini dikeluarkan oleh Bank BRI Syariah. Tabungan Faedah BRI menggunakan akad / perjanjian wadiah (titipan).

8. Tabungan Danamon Lebih

Tabungan Danamon Lebih adalah tabungan tanpa biaya administrasi dengan keuntungan gratis asuransi jiwa senilai Rp 100.000.000 untuk 6 bulan pertama.

9. Tabungan BISA Syariah Danamon

Tabungan BISA Syariah Danamon adalah tabungan bebas biaya admin dengan akad / perjanjian mudharabah (bagi hasil) dari Bank Danamon Syariah.

10. UOB High Yield / UOB Privilage Account

UOB High Yield adalah tabungan tanpa biaya administrasi yang hanya bisa dimiliki nasabah UOB Privilege Banking. Suku bunga tabungan UOB ini dihitung berdasarkan gabungan saldo di tabungan, giro & deposito nasabah dalam satu kepemilikan (atas nama pribadi) yang terhubung dengan rekening koran (statement) UOB Privilege Account.

11. Tabungan Woman One Maybank

Tabungan Woman One Maybank adalah tabungan tanpa biaya bulanan khusus wanita yang mendapatkan asuransi untuk diagnosa pertama khusus penyakit Kanker Wanita & Osteoporosis, serta asuransi risiko kecelakaan diri.

12. BII Tabungan Pro Maybank

Tabungan Pro Maybank adalah tabungan tanpa biaya administrasi untuk masyarakat menengah ke atas. Jika saldo tabungan < Rp 50.000.000 akan dikenakan denda Rp 50.000 /bulan.

13. Taseto Premium BTPN

Tabungan Taseto Premium adalah tabungan yang bebas biaya admin. Taseto Premium BTPN memiliki suku bunga tertinggi dibandingkan tabungan yang bebas biaya admin lainnya, yaitu hingga 5.5% per tahun.

Perbandingan Fitur Tabungan Tanpa Biaya Administrasi

Tabungan tanpa biaya administrasi memang berpotensi memberi penghematan. Namun, perhatikan juga biaya lain ini:

  • Biaya rekening pasif = denda jika rekening tabungan tidak bertransaksi selama durasi tertentu.
  • Biaya saldo di bawah minimum = denda jika jumlah saldo di rekening tabungan kurang dari saldo minimum yang ditentukan bank.

Berikut kami urutkan tabungan tanpa biaya administrasi mulai dari biaya rekening pasif / biaya saldo minimum termurah:

  Tabungan Bebas Biaya AdminBiaya Rekening Pasif /
Biaya Jika Saldo < Saldo Minimum
Suku Bunga Bank /
Nisbah Bank Syariah
Setoran Awal (Minimum)Dapat Kartu Debit / ATM
Flexi Saver JeniusGratis  0 – 5%Tidak ditentukanYa
Tabungan BISA Syariah DanamonGratisNisbah nasabah 30%Rp 100.000Ya
TabunganKuRekening pasif 6 bulan: Denda Rp 2.000 /bulan0 – 1%Rp 20.000Bervariasi di setiap bank
TabunganKu SyariahRekening pasif 6 bulan: Denda Rp 2.000 /bulanNisbah berbeda-beda di setiap bankRp 20.000Bervariasi di setiap bank
Taseto Premium BTPNJika saldo < Rp 10.000.000: Denda Rp 10.0000 – 5.5%Rp 1.000.000Ya
Laku PandaiBerbeda-beda di setiap bankSaldo > Rp 1 sudah dapat bunga (Berbeda-beda
di setiap bank)
Tidak ditentukanBervariasi di setiap bank
CIMB Niaga Hypermart SaverJika saldo < Rp 5.000.000: Denda Rp 10.0000% (ada cashback)Rp 100.000Ya
CIMB Niaga Air Asia SaverJika saldo < Rp 5.000.000: Denda Rp 10.0000% (ada cashback)Rp 100.000Ya
Tabungan Faedah BRIJika saldo < Rp 50.000: Denda Rp 12.500Nisbah nasabah 0%Rp 100.000Ya
Tabungan Danamon LebihJika saldo < Rp 500.000: Denda Rp 15.0000 – 0.5%Rp 250.000Ya
Tabungan Woman One MaybankJika saldo < Rp 1.000.000: Denda Rp 15.0000 – 2%Rp 2.500.000Ya
BII Tabungan Pro MaybankJika saldo < Rp 50.000.000: Denda Rp 50.0000 – 4.75%Rp 25.000.000Ya
UOB High YieldRekening pasif 6 bulan: Denda Rp 50.000 /bulan0 – 6%Rp 10.000.000Ya

Keterangan:

  • Nisbah: persen bagi hasil keuntungan antara bank syariah dan nasabah sesuai perjanjian / akad

Tabungan Tanpa Biaya Admin Terbaik

Tabungan tanpa biaya administrasi terbaik tahun 2018 adalah:

  1. Usia < 17 tahun = TabunganKu CIMB Niaga
  2. Usia 17 tahun ke atas = rekening Jenius BTPN (bunga 5% tanpa minimum saldo, gratis transfer ke bank lain)

KPR Take Over banner 800px by 173px

One comment

  1. mumtazal says:

    Sekarang ada Jenius (BTPN), Digibank (DBS), ama PermataME (Permata) yang sama-sama gratis biaya administrasi, gratis transfer, banyak promonya, dan sudah dilengkapi fasilitas mobile banking dan internet banking.
    Kalau mau BRI konvensional, ada BRItama bisnis (min.saldo rata-rata Rp5juta), sedangkan di Mandiri ada Tabungan MandiriMU (Mitra Usaha, min.saldo rata-rata Rp2,5juta). Tapi untuk dua yang terakhir ini coba ditanyakan ke CS pas mau buka rekening, barangkali ada update info untuk saldo minimal supaya tidak kena biaya administrasi ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *