Home » Tabungan » Buka Rekening BRI: Jenis / Syarat / Bunga / Cara membuat Tabungan BritAma online

Tabel perbandingan tabungan BRI 2018 dengan bunga tertinggi dan tanpa biaya administrasi

Buka Rekening BRI: Jenis / Syarat / Bunga / Cara membuat Tabungan BritAma online

KPR Take Over banner 800px by 173px

Buka rekening BRI (Bank Rakyat Indonesia) bisa dilakukan secara online dengan mengisi e-Form BRI maupun secara offline dengan mendatangi kantor cabang bank BRI. Buka rekening BRI online lebih praktis karena waktunya lebih fleksibel, misalnya saat jam istirahat kantor. Setelah isi e-Form BRI untuk buka rekening BRI online, Anda perlu membayar setoran awal BRI dan mengambil buku tabungan & kartu debit di kantor cabang BRI.

Keuntungan menabung di bank BRI :

  • Mempermudah pengajuan kartu kredit BRI karena melalui histori transaksi di tabungan BRI Anda, bank akan lebih mengenal kondisi keuangan Anda dan mudah percaya pada Anda.
  • Mempercepat aplikasi Pinjaman BRI seperti KTA bank BRI, KPR BRI dan BRI Syariah, KUR BRI Tanpa Agunan dengan alasan punya akses ke sejarah transaksi rekening BRI Anda.
  • Gratis 2x naik wahan Gari-Gari & 1x naik wahana Ducky Dunks di Transera Waterpark jika beli tiket di tempat dengan kartu debit BRI. Promo berlaku hingga Juni 2019
  • Diskon 40% delivery McDonald’s setiap transaksi min Rp 150 ribu dengan debit online BRI. Promo berlaku sampai 31 Maret 2019
  • Diskon 20% di Cotton Ink Plaza Senayan, Kota Kasablanka, Pondok Indah Mall setiap Rabu jika belanja min Rp 799 ribu dengan kartu debit BRI. Promo berlaku hingga 31 Desember 2018

Cara menabung di bank BRI sangat mudah, setelah buka tabungan BRI, Anda bisa menabung dengan cara transfer dari rekening lain, setor tunai di mesin  CDM BRI (Cash Deposit Machine), ataupun setor tunai di teller kantor cabang BRI. Mesin CDM BRI dan kantor cabang BRI mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia

Sebelum buka rekening bank BRI, sebaiknya pahami dulu fitur tabungan BRI dan syarat pembuatan rekening BRI. Artikel ini kami bagi menjadi beberapa bagian :

  1. Jenis Tabungan BRI dan Keuntungannya
  2. Perbandingan Fitur Tabungan-Tabungan BRi
  3. Perbandingan Jenis Kartu Debit BRI dan Limit Transfer BRI
  4. Rekomendasi: Tabungan BRI Terbaik
  5. Syarat Buat Rekening BRI
  6. Cara Membuka Rekening BRI

Jenis Tabungan BRI

Ada 12 produk tabungan BRI di tahun 2018. Pilih jenis tabungan di BRI yang cocok dengan kebutuhan Anda :

1. Tabungan Simpel BRI (Simpanan Pelajar BRI)

BRI Simpel adalah tabungan pelajar BRI yang menargetkan pelajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK, SD, SMP, SMA, Madrasah atau setara itu. BRI Simpel merupakan tabungan BRI bebas biaya administrasi. Cara bikin rekening BRI untuk pelajar bisa melalui sekolah (sekolah yang sudah bekerjasama dengan BRI) supaya siswa lebih mudah membuat tabungan Simpel.

Kekurangan Tabungan Simpel BRI adalah tidak mendapat kartu ATM. Pengambilan dana di sekolah hanya 2x per bulan dengan limit Rp 250.000 per transaksi, sedangkan penarikan di teller tidak dibatasi.

2. BritAma Junio

BRI Junio merupakan tabungan untuk anak usia < 17 tahun. Tabungan anak BRI bisa menjadi sarana anak untuk belajar menabung dari kecil. Tabungan BRI Junio dilengkapi kartu debit BRI Private Label. Selain itu, Tabungan BRI Anak memberikan jaminan asuransi kecelakaan diri dengan nilai maksimum Rp 150 juta.

3. BritAma Muda / BritAma X

BRI BritAma Muda adalah tabungan khusus anak muda usia 17 – 35 tahun yang dilengkapi kartu debit BRI berdesain menarik yang limit transaksinya setara dengan kartu debit BRI Classic. Keuntungan nabung di BRI Tabungan BRI BritAma muda adalah adanya jaminan asuransi kecelakaan diri senilai Rp 150 juta (maksimum).

4. BritAma BRI

BRI BritAma adalah tabungan perorangan untuk simpanan dan transaksi harian. Suku bunga BritAma lebih tinggi dari suku bunga BRI Simpedes. Tabungan BritAma BRI dilengkapi dengan kartu debit BRI jenis Classic atau Gold. Keuntungan tabungan  BRI BritAma adalah ada jaminan asuransi kecelakaan diri dengan nilai manfaat maksimum Rp 150 juta.

5. BRI Simpedes

Simpedes BRI adalah simpanan masyarakat yang dapat digunakan sebagai tabungan perorangan / badan usaha. Keuntungan menabung di bank BRI Simpedes adalah lebih murahnya biaya / potongan bank BRI bulanan dibandingkan tabungan BritAma. Tabungan BRI Simpedes dilengkapi dengan kartu debit BRI Private Label. Perbedaan Simpedes dan BritAma adalah tidak adanya jaminan asuransi kecelakaan diri pada tabungan Simpedes BRI, sedangkan pada BritAma ada. Selain itu, syarat buka rekening BRI Simpedes lebih murah dari BritAma yaitu setoran awal hanya Rp 100.000.

6. BRI BritAma Bisnis

BritAma Bisnis adalah tabungan untuk transaksi bisnis perorangan / badan usaha. Suku bunga tabungan bank BRI Bisnis BRI tertinggi diantara tabungan untuk transaksi harian yaitu 2.75% per tahun. Tabungan bisnis BRI difasilitasi dengan kartu debit BRI Premium dan dilengkapi dengan jaminan asuransi kecelakaan diri (nilai manfaat maksimum Rp 150 juta).

7. BritAma TKI

BritAma TKI ditujukan kepada calon TKI untuk penyaluran gaji dan transaksi harian. Suku bunga BritAma TKI lebih tinggi daripada suku bunga BRI Simpedes TKI. Limit transaksi kartu debit BritAma TKI setara dengan kartu debit BRI Classic. Keuntungan menabung di BRI BritAma TKI adalah tabungan dilengkapi dengan jaminan asuransi kecelakaan diri dengan nilai manfaat maksimum Rp 150 juta

8. BRI Simpedes TKI

Simpedes TKI adalah tabungan yang ditujukan kepada calon TKI untuk penyaluran gaji dan transaksi harian. Tabungan BRI Simpedes TKI dilengkapi kartu debit BRI MasterCard Classic. Perbedaan Simpedes TKI dan BritAma TKI adalah pada tabungan Simpedes TKI tidak ada jaminan asuransi kecelakaan diri, sedangkan pada BritAma TKI ada.

9. TabunganKu BRI

TabunganKu BRI adalah tabungan BRI tanpa biaya administrasi yang menjadi bagian Gerakan Indonesia Menabung. Kekurangan fasilitas TabunganKu BRI adalah tidak mendapat kartu ATM sehingga tidak bisa menggunakan fasilitas ATM. Penarikan uang tunai harus melalui teller dengan maksimum penarikan Rp 10.000.000 per transaksi.

10. BritAma Valas

BritAma Valas / tabungan Dollar BRI merupakan tabungan valuta asing / mata uang asing berupa AUD, AED, CNY, EUR, GBP, HKD, JPY, SAR, SGD, dan USD. Keuntungan tabungan Valas BRI adalah mendapat jaminan asuransi kecelakaan diri gratis max Rp 150 juta, kartu debit, dan bisa akses e-banking.

11. BritAma Rencana

BritAma Rencana merupakan tabungan berjangka BRI untuk perencanaan masa depan dengan jangka waktu menabung 1 – 20 tahun. Simpanan di BRI tabungan berjangka tidak bisa digunakan untuk transaksi harian karena hanya untuk simpanan masa depan atau simpanan untuk keperluan tertentu seperti simpanan pendidikan anak. Bank BRI tidak memiliki tabungan khusus pendidikan, sehingga tabungan rencana BRI bisa menjadi tabungan pendidikan BRI.

Dana BRI Rencana disetor rutin bulanan melalui auto-debit dari BritAma / Simpedes / Giro BRI. Dengan adanya sistem auto-debit ini, cara menabung di BRI untuk simpanan masa depan menjadi lebih mudah karena Anda tidak perlu transfer manual (ada kemungkinan lupa).

Pengambilan dana BritAma Rencana sebelum jatuh tempo hanya bisa dilakukan 1x per tahun dengan nominal dana 15% dari total saldo. Pengambilan dana tabungan BritAma Rencana sebelum jatuh tempo dikenakan biaya 1% dari nominal dana yang diambil.

Baca Juga : Beda Tabungan Berjangka, Tabungan Reguler, dan Deposito

12. Tabungan Haji BRI

BRI Haji adalah tabungan untuk persiapan haji yang terhubung dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kementerian Agama. Tabungan Haji BRI dilengkapi dengan asuransi jiwa dan kecelakaan diri dengan nilai pertanggungan sebesar 120% dari saldo rekening.

13. Tabungan BRI Syariah

Tabungan BRI Syariah ditawarkan oleh PT Bank BRIsyariah Tbk yang merupakan anak perusahaan BRI (PT Bank Rakyat Indonesia Tbk). Karena beda perusahaan, proses pengajuannya pun berbeda dari tabungan-tabungan BRI konvensional.

Anda bisa baca di : Tabungan BRI Syariah Terbaik 2018

Saat ini belum ada tabunan emas BRI, namun jika memiliki tabungan emas Pegadaian, Anda bisa setor saldo ke tabungan emas Pegadaian via ATM BRI, i-Bannking BRI, dan m-Bnaking BRI tanpa biaya administrasi

Perbandingan Fitur Tabungan BRI

Tabungan BRI memiliki fitur yang bervariasi. Pahami fitur tiap tabungan sebelum Anda buka Tabungan BRI. Tabel kami urutkan dari biaya administrasi bank BRI termurah :

Macam-Macam Tabungan BRIBiaya Admin BRI (Biaya pengelolaan rekening + biaya kartu) (Rp)Bunga Tabungan BRI per Tahun (max)Min. Saldo mengendap / Saldo Minimal BRI (Rp)Denda Jika Saldo < Saldo Minimal BRILainnya
BritAma RencanaGratis3.25%Tidak ada
  • Pengambilan dana sebelum jatuh tempo dikenakan denda 1% dari nominal saldo yang diambil atau minimal Rp 100.000
Tabungan BRI BritAma BisnisGratis2.75%5.000.00050.000
TabunganKu Bank BRIGratis1%20.000
  • Tidak dapat kartu ATM BRI
  • Tidak bisa akses e-banking
Tabungan Haji Bank BRIGratis0%50.000
  • Tidak dapat kartu ATM BRI
  • Tidak bisa akses e-banking
BRI PelajarGratis0%5.000
  • Tidak dapat kartu ATM BRI
  • Tidak bisa akses e-banking
BRI Tabungan Anak
  • Jika usia < 12 tahun = Gratis
  • Jika usia 12 – 17 tahun = 5.000
1.9%50.00010.000
  • Tidak bisa langsung diubah ke tabungan BritAma Muda jika usia sudah > 17 tahun
BritAma TKI3.000
+
1.000
1.75%20.00010.000
  • Dapat asuransi kecelakaan diri max Rp 150 juta
BRI Simpedes TKI3.000
+
1.500
1.1%10.0005.000
  • Tidak dapat asuransi kecelakaan diri
BritAma Muda4.0001.75%50.000
  • Tidak bisa langsung diubah ke tabungan BritAma jika usia sudah > 35 tahun
BRI Simpedes5.5001.75%50.0005.000
  • Tidak dilengkapi asuransi kecelakaan diri
BritAma
  • Jika saldo < Rp 10 juta = 11.000
  • Jika saldo > Rp 10 juta = 12.000

+

  • Jika Classic = 2.000
  • Jika Gold = 6.500
1.9%50.000
  • Dilengkapi asuransi kecelakaan diri max Rp 150 juta
BritAma Valas / BritAma DollarAED 3.5 /
AUD 0.75 /
CNY 5 /
EUR 0.75 /
GBP 0.75 /
HKD 7 /
JPY 75 /
SAR 5 /
SGD 0.75 /
USD 0.75 /
AED = 0.05%
AUD = 0.75%
CNY = 0.35%
EUR = -0.1% – 0%
GBP = 0.1%
HKD = 0.05%
JPY = 0.05%
SAR = 0.05%
SGD = 0.5%
USD = 0.25%
AED 35 /
AUD 0.75 /
CNY 5 /
EUR 0.75 /
GBP 10 /
HKD 70 /
JPY 1.000 /
SAR 75 /
SGD 10 /
USD 10 /
Gratis
  • Dilengkapi asuransi kecelakaan diri max Rp 150 juta

 

Keterangan :

  • Saldo mengendap BRI : saldo yang tidak bisa digunakan untuk transaksi, namun (mungkin) bisa  diambil saat menutup rekening tabungan BRI.
  • Minimal saldo BRI : minimum rata-rata saldo bulanan tabungan, di mana akan dikenai denda jika nilai rata-rata bulanan tabungan Anda lebih kecil dari angka tersebut.

 

Perbandingan Jenis Kartu Debit BRI / Kartu ATM BRI

Kartu debit BRI merupakan kartu untuk transaksi di ATM maupun transaksi di mesin EDC. Jenis kartu debit BRI :

  • MasterCard Classic
  • Private Label
  • Classic Gold
  • Premium

Masing-masing kartu memiliki biaya admin kartu dan limit transaksi BRI yang berbeda. Berikut biaya admin kartu debit BRI :

  • Biaya admin kartu debit BRI Premium = Gratis
  • Biaya admin kartu debit BRI Private Label = Gratis
  • Biaya admin kartu debit BRI MasterCard Classic  = Rp 1.500 per bulan
  • Biaya admin kartu debit BRI Classic BritAma TKI = Rp 1.000 per bulan
  • Biaya admin kartu debit BRI Classic BritAma = Rp 2.000 per bulan
  • Biaya admin kartu debit BRI Gold = Rp 6.500 per bulan

Biaya kartu debit BRI berbeda dengan biaya pengelolaan rekening. Jika nasabah BritAma dengan saldo > Rp 10 juta memiliki kartu debit BRI Classic, maka potongan bulanan bank BRI yang harus dibayar : Rp 12.000 + Rp 6.500 = Rp 18.500,-

Limit Kartu Debit BRI & Limit Transfer BRI

Limit transaksi BRI terdiri dari limit penarikan ATM BRI, limit transfer ATM BRI, limit transfer internet banking BRI, dan limit transfer mobile banking BRI.

Jenis Transaksi BRILimit Kartu Debit BRI per Hari (Rp)
MasterCard
Classic
Private LabelClassicGoldPremium
Tarik tunai BRI di ATM 5.000.0005.000.0005.000.00010.000.00010.000.000
Pembayaran di mesin EDC12.000.00012.000.00012.000.00025.000.000100.000.000
Transfer antar bank BRI via ATM20.000.00020.000.00050.000.000100.000.000100.000.000
Transfer antar bank BRI via i-banking BRI20.000.0001.000.000.0001.000.000.0001.000.000.0005.000.000.000
Transfer antar bank BRI via m-banking BRI 1.000.0001.000.0001.000.00010.000.00050.000.000
Transfer BRI ke bank lain via ATM10.000.00010.000.00010.000.00015.000.00025.000.000
Transfer BRI ke bank lain via i-banking BRI10.000.00015.000.00015.000.00015.000.00025.000.000
Transfer BRI ke bank lain via m-banking BRI 1.000.0001.000.0001.000.00010.000.00025.000.000

 

Rekening BRI Terbaik

Tabungan BRI terbaik bergantung pada trend menabung Anda. Contoh simulasi :

1. Simulasi BritAma Bisnis

Walaupun suku bunga BritAma Bisnis paling tinggi (2.75%), ada biaya-biaya yang dikenakan sehingga jenis tabungan bank BRI lain bisa lebih menguntungkan. BritAma Bisnis memang gratis potongan per bulan bank BRI, namun jika saldo < Rp 5.000.000 akan kena denda Rp 50.000.

Suku bunga bank BRI BritAma Bisnis sebenarnya bertahap / tiering. Artinya : suku bunga dimulai dari 0% dan naik bertahap seiring dengan jumlah saldo rata-rata harian tabungan. Untuk saldo > Rp 5 juta – 50 juta, suku bunga BRI Bisnis = 1.25% per tahun. Maka, dengan saldo Rp 5.000.001, Anda sudah mendapat bunga bank BRI per bulan = Rp 4.110 (sudah dipotong pajak 20% = Rp 1.027).

2. Simulasi BritAma

Suku bunga BritAma = 1.9%, sedangkan potongan BRI BritAma per bulan = Rp 13.000 yang terdiri dari biaya pengelolaan rekening Rp 11.000 + biaya kartu Rp 2.000 (asumsi saldo < Rp 10 juta dan pakai kartu Classic). Suku bunga BRI BritAma sebenarnya bertahap / tiering. Untuk saldo Rp 1 juta – 50 juta, suku bunga Tabungan BritAma = 0.7% per tahun.

Untuk bisa balik modal (total bunga – total biaya = Rp 0), butuh saldo harian Rp 28.244.100 supaya mendapat bunga Rp 16.250 (yang akan dipotong pajak bunga 20% = Rp 3.250).

Jadi, bisa dibilang bunga tabungan BRI BritAma perbulan yang Anda terima = Rp 0 jika saldo hanya Rp Rp 28.244.100. Jika saldo di bawah angka tersebut, saldo akan berkurang setiap bulan, karena bunga tidak bisa menutupi biaya admin & pajak bunga.

3. Simulasi BRI Simpedes

Suku bunga BRI Simpedes = 1.75%, rekening ini dikenakan biaya administrasi bank BRI Rp 5.500 per bulan. Selain itu, suku bunga BRI Simpedes sebenarnya bertahap / tiering. Untuk saldo Rp 1 juta – 50 juta, suku bunga Tabungan BRI Simpedes = 0.7% per tahun.

Maka, untuk balik modal, butuh saldo harian Rp 11.949.500 supaya mendapat bunga Rp 6.875 (yang akan dipotong pajak bunga 20% = Rp 1.375).

Jadi, bisa dibilang bunga tabungan BRI Simpedes per bulan yang Anda terima = Rp 0 jika saldo hanya Rp 11.949.500. Saldo akan berkurang setiap bulan jika saldo di bawah angka tersebut, karena bunga tidak bisa menutupi biaya admin & pajak bunga.

Tabungan BRI Terbaik untuk Anak / Pelajar

  • Usia < 17 tahun = Tabungan Junio BRI
  • Usia 17 – 25 tahun = Tabungan BRI BritAma Muda

Tabungan BRI Terbaik untuk Orang Dewasa (Usia > 25 Tahun)

  • Jika tidak butuh akses ke ATM = TabunganKu BRI
  • Jika butuh akses ke ATM dan saldo rata-rata < Rp 5.000.000 = Tabungan Simpedes
  • Jika butuh akses ke ATM dan saldo rata-rata > Rp 5.000.000 = Tabungan BritAma Bisnis
  • Jika tertarik pakai bank lain = tabungan Jenius BTPN (bunga 5% tanpa minimum saldo, gratis transfer ke bank lain)

Ingat bahwa dengan saldo Rp 5.000.000, tabungan Simpedes ataupun tabungan BritAma Bisnis Anda akan berkurang terus setiap bulan.

Tabungan BRI Tanpa Biaya Administrasi

  • BritAma Rencana
  • BRI TabunganKu
  • Tabungan Simpel BRI
  • Tabungan Haji BRI
  • Tabungan BritAma Junio (gratis biaya admin jika usia anak < 12 tahun)
  • BritAma Bisnis (gratis biaya admin jika saldo > Rp 5 juta)

 

Syarat Buka Rekening BRI

Syarat membuat rekening BRI berbeda-beda tergantung dari jenis tabungan, usia, dan jenis nasabah (perorangan / non-perorangan). Saat bikin rekening BRI, calon nasabah harus membawa dokumen syarat & saldo awal buka rekening BRI.

Macam Tabungan BRISyarat Buka Tabungan BRI
UsiaMinimal Setoran Awal BRI (Rp)Dokumen PeroranganDokumen Non-Perorangan / Badan Usaha Berbadan Hukum
Tabungan BRI Simpedesmin. 17 tahun100.000
  • WNI :
    • e-KTP
    • NPWP
  • WNA :
    • Paspor
    • KIMS / KITAP / KITAS / surat keterangan pendukung
  • Sudah berbadan hukum :
    • AD-ART
    • Akte Pendirian
    • Akte Perubahan Terakhir
    • NPWP
    • Identitas diri perwakilan badan usaha
  • Belum berbadan hukum :
    • Surat kuasa pengelolaan rekening
    • Identitas diri pengelola rekening
BritAma Bisnis BRImin. 17 tahun10.000.000
  • WNI :
    • e-KTP
    • NPWP
  • WNA :
    • Paspor
    • KIMS / KITAP / KITAS / surat keterangan pendukung
  • Sudah berbadan hukum :
    • AD-ART
    • Akte Pendirian
    • Akte Perubahan Terakhir
    • NPWP
    • Identitas diri perwakilan badan usaha
  • Belum berbadan hukum :
    • Surat kuasa pengelolaan rekening
    • Identitas diri pengelola rekening
Tabungan BRI Simpedes TKImin. 17 tahun10.000
  • WNI :
    • e-KTP
    • Surat rekomendasi PPTKIS
Bank BRI TabunganKumin. 17 tahun20.000
  • WNI :
    • e-KTP
    • NPWP
BritAma TKImin. 17 tahun20.000
  • WNI :
    • e-KTP
    • Surat rekomendasi PPTKIS
Tabungan BRI Hajimin. 17 tahun25.000
  • Identitas diri:
    • WNI :
      • e-KTP
      • NPWP
    • WNA :
      • Paspor
      • KIMS / KITAP / KITAS / surat keterangan pendukung
  • Bukti kepemilikan rekening BRI Tabungan BritAma / BritAma Bisnis / Giro
Tabungan BritAmamin. 17 tahun
  • Jika kartu debit Classic =  250.000
  • Jika kartu debit Gold = 500.000
  • WNI :
    • e-KTP
    • NPWP
  • WNA :
    • Paspor
    • KIMS / KITAP / KITAS / surat keterangan pendukung
BritAma Valasmin. 17 tahunAED 175 /
AUD 50 /
CNY 350 /
EUR 50 /
GBP 50 /
HKD 350 /
JPY 5.000 /
SAR 300 /
SGD 65 /
USD 50 /
  • WNI :
    • e-KTP
    • NPWP
  • WNA :
    • Paspor
    • KIMS / KITAP / KITAS / surat keterangan pendukung
Tabungan Berencana BRI17 – 64 tahun100.000
  • Identitas diri :
    • WNI:
      • e-KTP
      • NPWP
    • WNA :
      • Paspor
      • KIMS / KITAP / KITAS / surat keterangan pendukung
  • Bukti kepemilikan rekening BRI Tabungan BritAma / BritAma Bisnis / Giro
BRI BritAma Muda17 – 35 tahun100.000
  • WNI :
    • e-KTP
    • NPWP
  • WNA :
    • Paspor
    • KIMS / KITAP / KITAS / surat keterangan pendukung
Tabungan Simpel BRI< 17 tahun5.000
  • Kartu Pelajar / Surat Keterangan dari Sekolah yang mencantumkan NISN / NIS
Bank BRI Junio< 12 tahun100.000
  • Akte kelahiran / Kartu Keluarga Fotokopi
  • NPWP orang tua
  • Bukti kepemilikan Rekening BRI (BritAma / Simpedes) Orang Tua
12 – 17 tahun150.000
  • Kartu Pelajar
  • Fotokopi e-KTP Orang Tua
  • Surat Pernyataan dari Orang Tua

 

Keterangan :

  • Nasabah yang tidak punya NPWP, dapat mengisi Formulir Pernyataan yang terdapat di kantor cabang BRI.
  • Belum ada cara membuat rekening BRI tanpa KTP, kecuali jika nasabah berusia di bawah 17 tahun atau WNA (Warna Negara Asing).

Persyaratan Buka Rekening BRI KTP Luar Kota

Buka rekening BRI KTP Luar kota bisa dilakukan dengan membawa dokumen syarat bikin rekening BRI tambahan (pilih salah satu) :

  • Surat Domisili daerah tempat tinggal
  • Surat Keterangan Bekerja dari perusahaan tempat bekerja
  • Surat Keterangan Usaha / SIUP / SITU / TDP
  • Surat Keterangan dari Asosiasi Pedagang / Pengelola Pasar
  • Surat Keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh Instansi yang berwenang sesuai dengan jenis pekerjaan calon nasabah

Biaya Buka Rekening BRI

Pembukaan rekening tabungan BRI tidak dikenai biaya (gratis). Biaya rekening BRI dikenakan setiap bulan setelah rekening dibuka, dan dipotong dari saldo tabungan BRI nasabah.

Satu-satunya dana yang perlu disiapkan saat bikin rekening BRI adalah setoran untuk saldo awal buka rekening BRI.

Cara Buka Rekening BRI

Buat rekening BRI bisa dilakukan dengan cara online dan offline (datang ke kantor cabang). Tetapi tidak semua tabungan BRI bisa dibuka via online.

Tabungan BRI yang bisa dibikin dengan cara online maupun offline :

  • BritAma
  • BritAma Bisnis
  • BritAma Junio
  • BritAma Muda
  • BritAma TKI
  • BritAma Valas
  • Simpedes
  • Simpedes TKI
  • Tabungan Haji

Tabungan BRI yang hanya bisa dibuka secara offline :

  • TabunganKu BRI
  • Tabungan Berjangka BRI
  • Tabungan Simpel BRI

Cara Buat Rekening BRI online

  • Kunjungi website BRI : https://eform.bri.co.id/
  • Klik Pembukaan Rekening
  • Pilih tabungan BRI yang ingin dibuat
  • Klik Registrasi pada bagian bawah halaman
  • Baca persyaratan membuat rekening BRI
  • Centang tulisan “Saya setuju dengan syarat dan ketentuan tersebut di atas” > Klik Buka Rekening BRI
  • Isi formulir buka rekening bank BRI > Klik Kirim
  • Cetak / catat nomor referensi. Nomor referensi hanya berlaku selama 7 hari.
  • Datangi customer service di kantor cabang BRI dengan membawa nomor referensi, dokumen identitas, dan setoran awal bank BRI
  • Setelah pendaftaran rekening BRI selesai, Anda akan mendapat buku tabungan BRI dan kartu debit BRI

Tips : Pada bagian Pembukaan Rekening Baru pada eForm BRI, Anda harus memilih kantor cabang BRI yang akan Anda datangi. Pilihlah kantor cabang BRI yang sesuai dengan domisili KTP supaya tidak perlu membawa syarat membuka rekening BRI KTP luar kota.

KPR Take Over banner 800px by 173px

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *